Tentang Pasca Sarjana


Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha

Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha berupaya mewujudkan program unggul yang peduli terhadap nilai kemanusiaan dan menjadi rujukan dalam pengembangan pendidikan pascasarjana bidang kependidikan, ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni dengan cara:

  1. Menyelenggarakan program pascasarjana dengan memperhatikan perluasan akses bagi masyarakat;
  2. meningkatkan mutu, relevansi, dan daya saing melalui pendidikan dan pembelajaran, penelitian dan pengembangan ilmu, serta pengabdian kepa­da masyarakat; dan
  3. membangun kultur organisasi yang sehat dalam rangka penguatan tata kelola, transparansi, dan pencitraan publik agar menjadi program pascasarjana yang berkualitas. Saat ini Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Mengelola sembilan (9) program studi jenjang magister (S2).

 

Program Magister Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha berdiri sejak tahun 2000 berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi No. 6/DIKTI/KEP/2000 yang kemudian diperbaharui dengan Surat Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi No. 2394/D/T/K-N/2010. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia memfokuskan diri pada terwujudnya sebuah program studi yang unggul dan mampu menghadapi persaingan dalam bidang iptekso, khususnya dalam bidang pendidikan bahasa Indonesia, sehingga mampu menjadi rujukan di bidang pendidikan bahasa, antara lain dengan mewujudkan peserta didik yang memiliki pengetahuan kebahasaan dan berbahasa Indonesia yang maksimal. 

 

Program Magister Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (PEP)

Program Magister Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan,  Universitas Pendidikan Ganesha  dibuka secara resmi sejak tahun 2003 berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Pendidikan Tinggi N0.12/DIKTI/Kep/2001 Tanggal 21 Januari 2001. Program Studi S2 PEP adalah program akademik yang mengacu kepada pohon ilmu pendidikan. Oleh karena itu, lulusan Program Studi S2 PEP diharapkan memiliki kompetensi pendidik yang dicirikan oleh seperangkat kemampuan, yaitu: a) mampu mentransfer pengetahuan, b) mampu menguasai dan menerapkan kaidah penelitian dan evaluasi pendidikan, c)  mampu menerapkan kaidah dan prinsip penelitian dan evaluasi pendidikan dalam rangka meningkatkan efektivitas pengajaran, d) mampu menerapkan kaidah dan prinsip penelitian dan evaluasi pendidikan dalam meningkatkan efektivitas pembimbingan mahasiswa, dan e) mampu menghayati dan mengamalkan etika profesi selaku pendidik.

 

Program Magister Program Studi Administrasi Pendidikan (AP)

Program Magister Program Studi Administrasi Pendidikan (AP) mulai berdiri pada tahun 2003 berdasarkan pada Surat Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi No. 1190/D/T/ 2003 tanggal 10 Juni 2003, mengkhususkan diri pada upaya untuk melahirkan, membentuk, dan menyiapkan tenaga ahli dalam bidang kependidikan, tenaga pendidik yang profesional (Dosen), calon kepala sekolah dari tingkat SD sampai pada SMTA, calon pengawas dari tingkat SD sampai pada tingkat SMTA, dan tenaga ahli perencanaan dalam bidang pendidikan dengan keahlian yang bertumpu pada keahlian akademis, keahlian berkarya, dan keahlian lainnya yang relevan dengan kompetensi yang dibutuhkan oleh seseorang dalam bidang pendidikan dan bidang administrasi pendidikan mulai dari tingkat SD sampai dengan tingkat perguruan tinggi.

 

Program Magister Program Studi Pendidikan Dasar

Program Studi Pendidikan Dasar, mengkhususkan diri pada upaya melahirkan praktisi dan teoritisi serta birokrat pendidikan pada jenjang pendidikan dasar (SD-SMP), dengan keahlian yang bertumpu pada keahlian akademis, keahlian berkarya, dan keahlian lain yang relevan dengan kompetensi yang dibutuhkan oleh seorang praktisi dan teoritisi pendidikan dasar. Candraan kompetensi yang dibelajarkan di program studi ini mengacu pada sebaran mata pelajaran yang dibelajarkan di tingkat SD-SMP dan beberapa kompetensi lainnya yang bertalian dengan strategi pengembangan dan pemberdayaan pendidikan dasar. Program Studi Magister (S2) Pendidikan Dasar mulai dibuka di Universitas Pendidikan Ganesha pada tanggal 1 Februari 2007

 

Program Magister Program Studi Pendidikan IPA

Program Magister Program Studi Pendidikan IPA mulai dibuka pada Program Pascasarjana Universitas  Pendidikan Ganesha pada tanggal 11 Juni 2009 dengan Surat Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi No. 890/D/T/2009. Program Studi S2 Pendidikan IPA difokuskan pada upaya melahirkan praktisi dan teoritisi serta birokrat pendidikan pada jenjang pendidikan dasar (SMP) dan menengah (SMA) serta perguruan tinggi, dengan cakupan keahlian akademis, keahlian berkarya, dan keahlian lain yang relevan dengan kompetensi yang dibutuhkan oleh seorang praktisi dan teoritisi pendidikan Sains. Sebaran kompetensi yang dibelajarkan pada Program Studi Pendidikan Sains ini merujuk pada sebaran kompetensi yang dibelajarkan di SMP, SMA dan Perguruan Tinggi (FMIPA)  dan beberapa kompetensi lainnya yang relevan dengan strategi pengembangan dan pemberdayaan pendidikan sains.

 

Program Magister Pendidikan Matematika

Program Magister Pendidikan Matematika mulai dibuka pada Program Pascasarjana Universitas  Pendidikan Ganesha pada tanggal 11 Juni 2009 dengan Surat Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi No.890/D/T/2009. Program Magister Pendidikan Matematika memfokuskan diri pada pengembangan pendidikan matematika serta menghasilkan tenaga kependidikan bidang matematika yang berkualitas dan berdaya saing tinggi dengan menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran tingkat magister bidang pendidikan matematika untuk menghasilkan tenaga kependidikan yang berkualitas tinggi dan kompeten, baik untuk jenjang persekolahan mapun perguruan tinggi.

 

Program Magister Teknologi Pembelajaran

Program Magister Pendidikan Matematika mulai dibuka pada Program Pascasarjana Universitas  Pendidikan Ganesha pada tanggal 10 Agustus 2009 dengan Surat Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi No.1347/D/T/2009.  Program Magister Teknologi Pembelajaran memfokuskan diri pada penyelenggaraan tridarma perguruan tinggi yang meliputi pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat untuk menghasilkan perekayasa pembelajaran dan pembelajar dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi yang berdaya saing tinggi

 

Program Magister Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris

Program Magister Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris menghasilkan sumber daya manusia yang unggul dan mampu menghadapi persaingan dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi, dan sosial, khususnya dalam bidang bahasa Inggris, dengan memiliki empat kompetensi lulusan, yaitu kompetensi professional, pedagogic, kepribadian, dan sosial.

 

Program Magister Program Studi Pendidikan IPS

Program Magister Program Studi Pendidikan IPS menghasilkan sumber daya pendidikan dan administrasi pendidikan IPS yang memiliki kompetensi ke-IPS-an yang otonom dan profesioanl dalam disiplin Pendidikan Kewarganegaraan, Pendidikan Geografi, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Ekonomi, dan Pendidikan Sosiologi.



UNDIKSHA - UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Tentang Pasca Sarjana


Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha

Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha berupaya mewujudkan program unggul yang peduli terhadap nilai kemanusiaan dan menjadi rujukan dalam pengembangan pendidikan pascasarjana bidang kependidikan, ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni dengan cara:

  1. Menyelenggarakan program pascasarjana dengan memperhatikan perluasan akses bagi masyarakat;
  2. meningkatkan mutu, relevansi, dan daya saing melalui pendidikan dan pembelajaran, penelitian dan pengembangan ilmu, serta pengabdian kepa­da masyarakat; dan
  3. membangun kultur organisasi yang sehat dalam rangka penguatan tata kelola, transparansi, dan pencitraan publik agar menjadi program pascasarjana yang berkualitas. Saat ini Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Mengelola sembilan (9) program studi jenjang magister (S2).

 

Program Magister Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha berdiri sejak tahun 2000 berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi No. 6/DIKTI/KEP/2000 yang kemudian diperbaharui dengan Surat Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi No. 2394/D/T/K-N/2010. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia memfokuskan diri pada terwujudnya sebuah program studi yang unggul dan mampu menghadapi persaingan dalam bidang iptekso, khususnya dalam bidang pendidikan bahasa Indonesia, sehingga mampu menjadi rujukan di bidang pendidikan bahasa, antara lain dengan mewujudkan peserta didik yang memiliki pengetahuan kebahasaan dan berbahasa Indonesia yang maksimal. 

 

Program Magister Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (PEP)

Program Magister Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan,  Universitas Pendidikan Ganesha  dibuka secara resmi sejak tahun 2003 berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Pendidikan Tinggi N0.12/DIKTI/Kep/2001 Tanggal 21 Januari 2001. Program Studi S2 PEP adalah program akademik yang mengacu kepada pohon ilmu pendidikan. Oleh karena itu, lulusan Program Studi S2 PEP diharapkan memiliki kompetensi pendidik yang dicirikan oleh seperangkat kemampuan, yaitu: a) mampu mentransfer pengetahuan, b) mampu menguasai dan menerapkan kaidah penelitian dan evaluasi pendidikan, c)  mampu menerapkan kaidah dan prinsip penelitian dan evaluasi pendidikan dalam rangka meningkatkan efektivitas pengajaran, d) mampu menerapkan kaidah dan prinsip penelitian dan evaluasi pendidikan dalam meningkatkan efektivitas pembimbingan mahasiswa, dan e) mampu menghayati dan mengamalkan etika profesi selaku pendidik.

 

Program Magister Program Studi Administrasi Pendidikan (AP)

Program Magister Program Studi Administrasi Pendidikan (AP) mulai berdiri pada tahun 2003 berdasarkan pada Surat Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi No. 1190/D/T/ 2003 tanggal 10 Juni 2003, mengkhususkan diri pada upaya untuk melahirkan, membentuk, dan menyiapkan tenaga ahli dalam bidang kependidikan, tenaga pendidik yang profesional (Dosen), calon kepala sekolah dari tingkat SD sampai pada SMTA, calon pengawas dari tingkat SD sampai pada tingkat SMTA, dan tenaga ahli perencanaan dalam bidang pendidikan dengan keahlian yang bertumpu pada keahlian akademis, keahlian berkarya, dan keahlian lainnya yang relevan dengan kompetensi yang dibutuhkan oleh seseorang dalam bidang pendidikan dan bidang administrasi pendidikan mulai dari tingkat SD sampai dengan tingkat perguruan tinggi.

 

Program Magister Program Studi Pendidikan Dasar

Program Studi Pendidikan Dasar, mengkhususkan diri pada upaya melahirkan praktisi dan teoritisi serta birokrat pendidikan pada jenjang pendidikan dasar (SD-SMP), dengan keahlian yang bertumpu pada keahlian akademis, keahlian berkarya, dan keahlian lain yang relevan dengan kompetensi yang dibutuhkan oleh seorang praktisi dan teoritisi pendidikan dasar. Candraan kompetensi yang dibelajarkan di program studi ini mengacu pada sebaran mata pelajaran yang dibelajarkan di tingkat SD-SMP dan beberapa kompetensi lainnya yang bertalian dengan strategi pengembangan dan pemberdayaan pendidikan dasar. Program Studi Magister (S2) Pendidikan Dasar mulai dibuka di Universitas Pendidikan Ganesha pada tanggal 1 Februari 2007

 

Program Magister Program Studi Pendidikan IPA

Program Magister Program Studi Pendidikan IPA mulai dibuka pada Program Pascasarjana Universitas  Pendidikan Ganesha pada tanggal 11 Juni 2009 dengan Surat Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi No. 890/D/T/2009. Program Studi S2 Pendidikan IPA difokuskan pada upaya melahirkan praktisi dan teoritisi serta birokrat pendidikan pada jenjang pendidikan dasar (SMP) dan menengah (SMA) serta perguruan tinggi, dengan cakupan keahlian akademis, keahlian berkarya, dan keahlian lain yang relevan dengan kompetensi yang dibutuhkan oleh seorang praktisi dan teoritisi pendidikan Sains. Sebaran kompetensi yang dibelajarkan pada Program Studi Pendidikan Sains ini merujuk pada sebaran kompetensi yang dibelajarkan di SMP, SMA dan Perguruan Tinggi (FMIPA)  dan beberapa kompetensi lainnya yang relevan dengan strategi pengembangan dan pemberdayaan pendidikan sains.

 

Program Magister Pendidikan Matematika

Program Magister Pendidikan Matematika mulai dibuka pada Program Pascasarjana Universitas  Pendidikan Ganesha pada tanggal 11 Juni 2009 dengan Surat Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi No.890/D/T/2009. Program Magister Pendidikan Matematika memfokuskan diri pada pengembangan pendidikan matematika serta menghasilkan tenaga kependidikan bidang matematika yang berkualitas dan berdaya saing tinggi dengan menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran tingkat magister bidang pendidikan matematika untuk menghasilkan tenaga kependidikan yang berkualitas tinggi dan kompeten, baik untuk jenjang persekolahan mapun perguruan tinggi.

 

Program Magister Teknologi Pembelajaran

Program Magister Pendidikan Matematika mulai dibuka pada Program Pascasarjana Universitas  Pendidikan Ganesha pada tanggal 10 Agustus 2009 dengan Surat Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi No.1347/D/T/2009.  Program Magister Teknologi Pembelajaran memfokuskan diri pada penyelenggaraan tridarma perguruan tinggi yang meliputi pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat untuk menghasilkan perekayasa pembelajaran dan pembelajar dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi yang berdaya saing tinggi

 

Program Magister Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris

Program Magister Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris menghasilkan sumber daya manusia yang unggul dan mampu menghadapi persaingan dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi, dan sosial, khususnya dalam bidang bahasa Inggris, dengan memiliki empat kompetensi lulusan, yaitu kompetensi professional, pedagogic, kepribadian, dan sosial.

 

Program Magister Program Studi Pendidikan IPS

Program Magister Program Studi Pendidikan IPS menghasilkan sumber daya pendidikan dan administrasi pendidikan IPS yang memiliki kompetensi ke-IPS-an yang otonom dan profesioanl dalam disiplin Pendidikan Kewarganegaraan, Pendidikan Geografi, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Ekonomi, dan Pendidikan Sosiologi.