Visi dan Misi


Sebagai lembaga yang menghaslkan tenaga kependidikan, ide untuk meningkatkan mutu lulusan selalu diusahakan. Diawali dengan meluluskan tingkat kursus B I sejak 1958, tingkat sarjana muda sejak 1963, dan tingkat sarjana sejak 1968, maka sudah menjadi komitmen Undiksha untuk meningkatkan kualitas layanan program dan lulusannya dari S1 menjadi S2.

Selanjutnya pengusulan program pasca sarjana dilakukan pada tahun 1999. Program S2 yang mendapat persetujuan oleh Pemerintah RI c.q. Departemen Pendidikan NAsional adalah Perogram Studi PEndidikan BAhasa, Program Studi PEnelitian dan Evaluasi Pendidikan (PEP), dengan surat keputusan masing-masing Nomor 16/DIKTI/Kep/2000, tanggal 7 Februari 2000 dan Nomor 12/DIKTI/Kep/2001, Tanggal 18 Januari 2001, dan Manajemen Pendidikan (MP) Nomor 1190/D/T/2003, tanggal 10 Juni 2003, serta Program Studi Pendidikan Dasar Nomor 2456/D/T/2007. Upaya pengembangan program pascasarjana semakin mantap dengan berubahnya status IKIP Negeri Singaraja sejak 11 Mei 2006 berdasarkan Peraturan Presiden RI No.11 tahun 2006 tentang perubahan IKIP Negeri Singaraja menjadi Universitas Pendidikan Ganesha (UNDIKSHA).

 

A. Visi 

Dengan tetap berpedoman pada visi UNDIKSHA yaitu menjadi Perguruan Tinggi pusat pengembangan pendidikan, ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni (IPTEKS) yang berbudaya dan humanis berlandaskan Tri Hita Karana, serta menghasilkan tenaga kependidikan dan nonkependidikan yang berkualitas dan berdaya saing tinggi, Visi PPs adalah mewujudkan program unggul yang peduli terhadap nilai kemanusiaan dan menjadi rujukan dalam pengembangan pendidikan pascasarjana bidang kependidikan, ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.

 

B. Misi 

Misi Universitas Pendidikan Ganesha adalah menyelenggarakan Tri Darma perguruan tinggi dalam bidang kependidikan dan non-kependidikan untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas tinggi dalam bidang akademik, profesi, dan vokasi yang berkontribusi pada daya saing bangsa. Secara lebih rinci misi Undiksha adalah sebagai berikut :

(1)  Menyelenggarakan program pascasarjana dengan memperhatikan perluasan akses bagi masyarakat.

(2)  Meningkatkan mutu, relevansi, dan daya saing melalui pendidikan dan pembelajaran, penelitian dan pengembangan ilmu, serta              pengabdian kepada masyarakat.

(3) Membangun kultur organisasi yang sehat dalam rangka penguatan tata kelola, transparansi, dan pencitraan publik agar menjadi program pascasarjana yang berkualitas.