STUDI EVALUATIF IMPLEMENTASI PENERAPAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SMK NEGERI 3 SINGARAJA, BULELENG BALI (Studi Evaluatif dengan Menggunakan Model CIPP)

I Wayan Candra

Abstract


ABSTRAK

Candra , I Wayan (2012), Studi Evaluatif Implementasi Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah di SMK Negeri 3 Singaraja, Kabupaten Buleleng, Propinsi Bali. Tesis, Administrasi Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha.

 

Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh: Pembimbing I  : Prof. Dr. Made Yudana, M.Pd, dan Pembimbing II : Prof. Dr. I Nyoman Natajaya, M.Pd

 

Kata Kunci : Evaluatif, Implementasi, Manajemen Berbasis Sekolah.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) efektifitas komponen CIPP (context, input, proses, product) dalam Implementasi Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah di SMK Negeri 3 Singaraja.

Penelitian evaluasi ini menggunakan pendekatan sistem dengan model CIPP (context, inpur, proses, product) dari Stufflebeam. Obyek penelitian ini adalah SMK Negeri 3 Singaraja, Buleleng, Bali. Sebanyak 77 responden dijadikan sampel terdiri dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, kepala tenaga administrasi sekolah (TAS), karyawan TAS, komite, serta perwakilan dari siswa yaitu pengurus OSIS. Pengumpulan data dilaksanakan dengan menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan analisis deskriptif. Data dideskripsikan pada masing-masing aspek dalam komponen yang dievaluasi, kemudian dibandingkan dengan kriteria yang telah ditentukan, berdasarkan rerata ideal dan simpangan baku ideal yang dapat dicapai instrument.

Hasil penelitian menunjukkan hal-hal sebagai berikut: 1) efektivitas komponen konteks atau latar pada penerapan pelaksanaan MBS di SMK Negeri 3 Singaraja berada pada kategori efektif (+) dengan skor S(+) = 43 > S(-) = 34, 2) efektivitas komponen input atau masukan berada pada kategori efektif (+) dengan skor S(+) = 42 > S(-) = 35, 3) efektivitas komponen proses berada pada kategori efektif (+) dengan skor S(+) = 44 > S(-) = 33, dan 4) efektivitas komponen produk atau hasil berada pada kategori efektif (+) dengan skor S(+) = 48 > S(-) = 29.

Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan, bahwa terdapat efektivitas yang signifikan dari hasil yang dicapai dengan adanya Implementasi Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) ini secara keseluruhan sudah efektif (+), ditandai dengan jumlah skor efektivitas yang diperoleh S(+) = 44.25 > S(-) = 32.37. Setelah diinterpretasikan dalam kriteria efektivitas kuadran Glickman termasuk dalam kuadran I, sehingga keadaan efektivitas Implementasi Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah di SMK Negeri 3 Singaraja berada pada keadaan yang tergolong sangat efektif.

 

ABSTRACT

 

Candra, I Wayan (2012), An Evaluative Study on the Implementation of School-based Management at SMK Negeri 3 Singaraja, Buleleng District, Bali Province. Thesis, Educational Administration, Postgraduate Program, Ganesha University of Education.

 

This thesis had been corrected and verified by: the first supervisor: Prof. Dr. Made Yudana, M.Pd., and the second supervisor: Prof. Dr.I NyomanNatajaya, M.Pd.

 

Key-words: evaluative, implementation, school-based management.

 

The study aimed at finding out: (1) the effectiveness of CIPP components (context, input, process, and product) in the implementation of school-based management at SMK Negeri 3 Singaraja.

This study employed a system approach with CIPP model (context, input, process, product) by Stufflebeam. The object was SMK Negeri 3 Singaraja, Buleleng Bali. A total number of 77 respondents were determined as the samples, consisted of the school headmaster, vice-headmaster, teachers, the head of administrative staffs, office staff, school committee, as well as the students representative, such as students organization (OSIS ). The data were collected by using questionnaires, interview, and documentation. Analysis was made descriptively. The data were described on every aspect of the components, then compared to the predetermined criteria based on the mean ideal and standard deviation ideal that had been achieved by the instrument.

The results indicated that: 1) the effectiveness of context component during the implementation of school-based management at SMK Negeri 3 Singaraja was effective (+) with the scores ∑(+)=43>∑(-)=34, 2) the effectiveness of input component was on the effective category (+) with the scores ∑(+)=42>∑=35, 3) the effectiness of process component was on the effective category (+) with the score ∑(+)=44>∑(-)=33, and 4) the effectiveness of product component was on the effective category (+) with the scores ∑(+)=48.∑(-)=29.

Based on the findings it could be concluded that there was a significant effective achievement obtained during the implementation of school-based management in general, it was indicated by the effectiveness scores ∑(+)=44.25>∑(-)=32.27. When interpreted into Glickman quadrant effectiveness criteria, it was on the position of quadrant I, so that the implementation of school-based management at SMK Negeri 3 Singaraja was found very effective.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.