ANALISIS KORELASI KOMPLEKSITAS MATERI, DAYA DUKUNG, DAN INTAKE SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR BIOLOGI PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI DI KECAMATAN KUTA KABUPATEN BADUNG

I Ketut Agus Setyawan

Abstract


ANALISIS KORELASI KOMPLEKSITAS MATERI, DAYA DUKUNG, DAN INTAKE SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR BIOLOGI PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI DI KECAMATAN KUTA KABUPATEN BADUNG

 

Oleh

I Ketut Agus Setyawan

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara aspek-aspek penentu KKM (kompleksitas materi,daya dukung dan intake siswa) dengan pencapaian riil KKM mata pelajaran Biologi pada siswa SMP Negeri di Kecamatan Kuta Kabupaten Badung.Untuk tujuan tersebut, penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif ex post facto, dengan studi korelasional yang melibatkan seluruh SMP Negeri di Kecamatan Kuta Kabupaten Badung sebagai sampel. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dan pencatan dokumen prestasi belajar biologi siswa. Instrumen tes digunakan untuk mengukur data kompleksitas, daya dukung dan intake di berikan kepada masing-masing guru biologi yang mengajar di kelas kelas VII semester dua pada KTSP SMP tahun 2010. sedangkan prestasi belajar siswa diperoleh dengan pencatatan dokumen nilai raport biologi pada tahun 2010. Instrumen tes yang disusun dikalibrasi untuk mengetahui validitasnya dan reliabilitasnya, Pengolahan data dilakukan dengan analisis deskriptif, regresi sederhana dan regresi ganda.

 

Kata Kunci : Kompleksitas materi, daya duku, intake siswa, dan prestasi belajar biologi siswa

 

A COMPLEXITY CORRELATIVE ANALYSIS, SUPPORTING CAPACITY, AND STUDENT’ INTAKE TOWARDS THEIR BIOLOGY LEARNING ACHIEVEMENT AT THE JUNIOR HIGH SCHOLL (SMP) AROUND BADUNG REGENCY

by

I Ketut Agus Setyawan

ABSTRACT

The study was conducted in order to find out a correlation between several aspects determining material complexity, supporting capacity, and student’ intake and their real biology achievement at the SMPs around Badung regency. It was conducted by employing a quantitative ex-post facto design with correlation study involving a total number of 30 different schools as the students’ biology learning achievement. The test instrument was used to measure data complexity, supporting capacity and intake which was administered to every biology teaching at the class VII, second semester based on the school based curriculum in 2010. While the data of students learning achievement was obtained by designed of the students scores of biology in their school report card in 2010. The instrument designed was the calibrated in order to know its validity and reliability. The data analysis was done descriptively by using simple regression, and multiple regression.

 

Key words: Complexity, supporting capacity, intake, and student’ biology learning achievement.

 


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.