STUDI EVALUATIF TENTANG PELAKSANAAN PROGRAM KKG BIDANG STUDI PKn DALAM RANGKA PELAKSANAAN KTSP DI SEKOLAH DASAR Se- KECAMATAN NEGARA JEMBRANA

Sri . Jayanthi

Abstract


ABSTRAK

 

SRI JAYANTHI 2011. Studi Evaluatif Tentang  Pelaksanaan   Program       KKG  Bidang   Studi  PKn  Dalam Rangka Pelaksanaan  KTSP  Di  Sekolah    Dasar  Se- Kecamatan Negara Jembrana. Pembimbing :(1) Prof.Dr. Wayan Lasmawan dan (2) Prof.Dr. Nyoman Dantes.

Kata – kata  kunci:      Studi Evaluatif, Program KKG Bidang Studi PKn  dan Pelaksanaan KTSP.

 

Penelitian evaluatif ini mempunyai tujuan pokok untuk mengukur efektifitas KKG guru PKn dalam pelaksanaan KTSP bidang studi PKn di SD sekecamatan  Negara dan kendala yang dihadapi serta untuk mencari solusi alternatif sebagai konsekuensi dan "corrective measures " (langkah-langkah perbaikan). Tujuan lainnya adalah untuk memperoleh informasi yang lengkap (valid dan reliabel )

Penelitian ini dirancang dengan menggunakan rancangan penelitian ex post- facto. Data dikumpulkan dengan menggunakan  kuesioner. Instrumen penelitian diujicobakan untuk memperoleh instrumen yang andal.SProses pengolahan data studi evaluatif ini mengacu pada kriteria yang telah ditetapkan oleh Departemen  Pendidikan Nasional, kemudian dikembangkan sesuai dengan kebutuhan penelitian, dengan komponen konteks, input, proses, dan produk (output dan outcome). Dari model – model evaluasi program seperti yang dijelaskan pada kajian teori, dapat disimpulkan bahwa tak satupun model yang terbaik. Penerapan sebuah model perlu disesuaikan dengan tujuan dan aspek – aspek evaluasi yang akan dievaluasi. Dalam kaitan dengan studi Evaluasi Program KKG maka dipilih model CIPP

Hasil analisis ditemukan: Melalui metode CIPP diperoleh beberapa temuan yaitu : (1) Nilai akhir dari analisis indikator, aspek dan komponen dari masing-masing KKG PKn Kecamatan Negara, menunjukkan angka 2,61 dengan klasifikasi efektivitas Baik. Dengan demikian efektivitas pelaksanaan program  KKG PKn Kecamatan Negara dalam KKG PKn Kecamatan Negara di Kabupaten Jemberana pada klasifikasi baik; (2) Rata-rata skor untuk rekapitulasi studi dokumentasi dan observasu mencapai 2.1, dengan demikian efektivitas pelaksanaan program  KKG PKn Kecamatan Negara dalam usaha me KKG PKn Kecamatan Negara di Kabupaten Jemberana ditinjau dari komponen latar (konteks) pada klasifikasi Baik. (3) Klasifikasi efektivitas pelaksanaan program  KKG PKn Kecamatan Negara di Kabupaten Jemberana ditinjau dari komponen input berada pada klasifikasi Baik, hal ini ditunjukkan dengan hasil perhitungan nilai komponen input mencapai 2.45 ; (4) Klasifikasi efektivitas pelaksanaan program  KKG PKn Kecamatan Negara di Kabupaten Jemberana ditinjau dari komponen proses berada pada klasifikasi Baik. Pelaksanaan program   KKG PKn Kecamatan Negara ditinjau dari komponen produk berada pada klasifikasi Baik, hal ini ditunjukkan dengan hasil perhitungan nilai komponen produk mencapai 2.69.

 

ABSTRACT

 

Jayanthi, Sri. 2011. Studies of Evaluation of elementary KKG civic implementation program in the Framework of Implementation of KTSP at Elementary Schools in Jembrana District.

Supervisor:

(1)   Prof. Dr. Wayan Lasmawan

(2)   Prof.Dr. Nyoman Dantes.

Key words: Evaluative Studies, KKG of civic programs, and implementation of KTSP


This evaluative study has the objective to measure the effectiveness of the subject Civics teacher KKG in the implementation of curriculum areas of study in elementary sekecamatan State Civics and constraints encountered and to seek alternative solutions as a consequence and "corrective measures" (corrective measures). Another aim is to obtain complete information (valid and reliable). This study was designed to use the research design ex post-facto. Data were collected using a questionnaire. Tested research instruments for data processing instruments andal.SProses this evaluative study refers to the criteria established by the Ministry of National Education, and then developed according to the needs of research, with the component context, inputs, processes, and products (outputs and outcomes). From the model - a model of program evaluation as described in the study of theory, it can be concluded that none of the best models. Application of a model need to be adapted to the purposes and aspects - aspects of the evaluation will be evaluated. In connection with the Program Evaluation Study KKG then selected CIPP model.

The results of the analysis found: Through the CIPP method obtained some findings are: (1) The final value of the indicator analysis, aspects and components of each District State Civics KKG, figure 2.61 shows the classification effectiveness of Good. Thus the effective implementation of the program in the KKG Civics District State District Jemberana on either classification, (2) The average score for the recapitulation of study documentation and observasu reached 2.1, thus the effectiveness of program implementation KKG District State Civics in an attempt to KKG State District Civic Education in the District Jemberana terms of background components (context) on the classification of Good. (3) Classification of the effectiveness of program implementation in the State District KKG Civics Jemberana District in terms of component inputs are on the classification Well, this is indicated by the calculated value of the input component reaches 2:45, (4) Classification of the effectiveness of program implementation in the State District KKG Civics Jemberana District are reviewed of components in the classification process are Good. KKG Civics program implementation in terms of State District of product components are on the classification Well, this is indicated by the calculated value of the product components reaches 2.69.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.