PENGARUH IMPLEMENTASI ASESMEN PORTOFOLIO TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS BAHASA INGGRIS DITINJAU DARI KECEMASAN SISWA (STUDI EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 TABANAN TAHUN AJARAN 2010/2011)

Kadek Dian Wijayanti

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk dapat mengetahui dampak implementasi asesmen portofolio terhadap kemampuan menulis bahasa Inggris siswa dibandingkan dengan asesmen konvensional. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui dampak perbedaan tingkat kecemasan siswa terhadap kemampuan menulis bahasa Inggris siswa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan faktorial 2 x 2. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tabanan tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 224 siswa, dan 84 siswa digunakan sebagai sampel penelitian.

Data hasil penelitian dikumpulkan dengan menggunakan instrumen tes kemampuan menulis dan kuesioner kecemasan siswa yang kemudian dianalisis dengan uji statistik Anava Dua Jalur (Anava AB) dan uji Tukey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) kemampuan menulis bahasa Inggris siswa yang mengikuti pembelajaran berbasis asesmen portofolio lebih tinggi daripada kemampuan menulis bahasa Inggris siswa yang mengikuti pembelajaran berbasis asesmen konvensional (FA = 5,89 > Ftab(α:0,05) = 3,96); (2) terdapat interaksi antara pendekatan asesmen dengan kecemasan siswa (FAB = 35,91 > Ftab(α:0,05) = 3,96); (3) pada kelompok siswa dengan kecemasan tinggi, tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan menulis bahasa Inggris siswa yang mengikuti pembelajaran berbasis asesmen portofolio dengan siswa yang mengikuti pembelajaran berbasis asesmen konvensional (Qhitung = 2,44 < Qtabel(α:0,05) = 2,86 ); (4) pada kelompok siswa dengan kecemasan rendah, kemampuan menulis bahasa Inggris siswa yang mengikuti pembelajaran berbasis asesmen portofolio lebih tinggi daripada siswa yang mengikuti pembelajaran berbasis asesmen konvensional (Qhitung = 13,93 > Qtabel(α:0,05) = 2,86).

Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa penerapan asesmen portofolio dan kecemasan siswa berpengaruh terhadap kemampuan  menulis bahasa Inggris siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tabanan tahun ajaran 2010/2011.

Kata-kata kunci : asesmen portofolio, kemampuan menulis bahasa Inggris, asesmen konvensional, kecemasan siswa.

THE INFLUENCE OF PORTFOLIO ASSESSMENT UPON ENGLISH WRITING ABILITY OBSERVED THROUGH THE STUDENTS’ ANXIETY

(EXPERIMENT STUDY ON VII GRADE STUDENTS OF SMP NEGERI 1 TABANAN ACADEMIC YEAR 2010/2011)

By:

Kadek Dian Wijayanti

ABSTRACT

The objective of the current study was to know the influence of portfolio assessment upon the students’ English writing ability compared to the conventional assessment. This study also aimed at knowing the influence of students’ anxiety level toward the students’ English writing ability. This study was an experimental study by applying factorial design 2 x 2. The populations of this study were all VII grade students of SMP Negeri 1 Tabanan academic year 2010/2011 with total 224 students and 84 of them were used as the sample of this study.

The data of this study were collected through English writing ability test and anxiety questionnaires that were analyzed by using Anava two ways (Anava AB) Statistic and Tukey Test. The result of this study showed that: (1) the English writing ability of the students who joined portfolio assessment based learning was higher than the English writing ability of the students who joined conventional assessment based learning (FA = 5,89 > Fc.v.(α:0,05) = 3,96); (2) there was an interaction between the assessment approach and the students’ anxiety (FAB = 35,91 > Fc.v.(α:0,05) = 3,96); (3) for the students with high level of anxiety, there was no any significant difference between the English writing ability of the students who joined portfolio assessment based learning and those who joined conventional assessment based learning (Q = 2,44 < Qc.v.(α:0,05) = 2,86); (4) for the students with low level of anxiety, the English writing ability of the students who joined portfolio assessment based learning was higher than those who joined conventional assessment based learning (Qobs. = 13,93 > Qc.v.(α:0,05) = 2,86).

Based on those results above, it can be concluded that the implementation of portfolio assessment and students’ anxiety influenced the English writing ability of VII grade students of SMP Negeri 1 Tabanan academic year 2010/2011.

Key Words: portfolio assessment, English writing ability, conventional assessment, students’ anxiety


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.