PENGARUH MODEL ARCS TERHADAP HASIL BELAJAR DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS IV SD CHIS DENPASAR

I Made Astra Winaya, I Wayan Lasmawan, Nyoman Dantes

Abstract


Abstrak

 

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan keinginan untuk menguji efektivitas model ARCS terhadap hasil belajar IPS siswa ditinjau dari tingkat motivasi belajar mereka. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model ARCS terhadap hasil belajar ditinjau dari motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas IV sekolah dasar CHIS Denpasar. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen, dengan menjadikan siswa kelas IV sekolah dasar CHIS Denpasar sebagai sampel penelitian. Data dikumpulkan dengan kuisioner dan tes hasil belajar. Keseluruhan data dianalisis dengan analisis statistik Anacova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:  (1)  terdapat terbedaan hasil belajar  IPS antara siswa yang mengikuti model pembelajaran ARCS dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional, (2) Perbedaan hasil belajar IPS  siswa yang mengikuti pembelajaran model pembelajaran ARCS lebih tinggi dari pada siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional. Setelah motivasi belajar dikendalikan, (3) Terdapat kontribusi motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD CHIS Denpasar.

Kata kunci: model ARCS, pembelajaran IPS, motivasi belajar, hasil belajar, sekolah dasar.

 

 


Abstract

The research was motivated by a desire to test the effectiveness of the ARCS model of social studies students' learning outcomes in terms of their level of motivation. Based on this background, the objective of this study was to determine the effectiveness of the ARCS model of the learning outcomes in terms of student motivation in learning social studies in elementary school fourth grade CHIS Denpasar. This study used experimental research design, by making the elementary school fourth grade of CHIS students Denpasar as sample. Data were collected by questionnaire and achievement test. The data were analyzed with statistical analysis of Anacova. The results showed that: (1) there are differences of social studies learning outcomes between students who take the ARCS model of learning by students who take conventional learning model, (2) difference in learning outcomes of social studies students who take lessons ARCS model of learning is higher than the students who take lessons with conventional learning models, having the learning motivation to control, (3) There is contribution of learning motivation on social studies achievement of students fourth grade CHIS Denpasar.

Keywords: ARCS model, social studies learning, learning motivation, learning outcomes, elementary school.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.