PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN GUGUS 02 KOPANG

Mudjrimin ., Wayan Lasmawan, A.A.I.N. Marhaeni

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS Terhadap Motivasi Berprestasi dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD.Penelitian ini adalah ekperimen yang dilaksanakan di SDN Gugus 02 Kopang,melibatkan 60 siswa yang dikumpulkan dengan random sampling. Pembelajaran TPS sebagai variabel bebas,motivasi berprestasi dan hasil belajar IPS sebagai variabel terikat. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuisioner motivasi berprestasi dan tes hasil belajar IPS .Data dianalisis dengan Manova berbantuanSPSS 16.0 for windows.Hasil penelitian menjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan secara signifikan motivasi berprestasi pada siswa yang belajar dengan pembelajaran TPS dengan siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional (F = 2,58; p< 0,05 ), (2) terdapat perbedaan secara signifikan hasil belajar IPS antara siswa yang belajar dengan pembelajaran TPS dengan siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional ( F = 7,53; p<0,05),(3) terdapat perbedaan secara signifikan motivasi berprestasi dan hasil belajar IPS antara siswa yang belajar dengan pembelajaran TPS dengan siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional (F = 58,56; P<0,05).

 

Kata kunci: Model Kooperatif Tipe TPS, Motivasi Berprestasi, Hasil Belajar IPS

 

 

 

Abstract

This study aims to determine the effect of cooperative learning model TPS type of achievement motivation and learning outcomes grade of social study of fifth grade students of primary school. This is an experimental research conducted at SDN Cluster 02 Kopang, involving 60 students who were taken using random sampling. The independent variable is TPS, while achievement motivation and learning achievement are the dependent variables. The data were analyzed using Manova with the asiistance of SPSS 16.0 for Windows. The result of the research shows that: (1) there is significant difference of achievement motivation between students following TPS learning model and those following conventional learning model (F = 2,58; p< 0,05 ), (2) there is significant difference of social learning achievement between students following TPS learning model and those following conventional learning model ( F = 7,53; p<0,05), (3) there is significant difference of achievement motivation and social learning achievement between students following TPS learning model and those following conventional learning model (F = 58,56; P<0,05).

 

Keywords: Cooperative Model Type TPS, Achievement Motivation, Learning Outcomes of social learning




Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.