PENGARUH METODE PENILAIAN PORTOFOLIO DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VI SDN 4 MASBAGIK SELATAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013

Hadiyaturrido ., Wayan Lasmawan, A.A.I.N. Marhaeni

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode penilaian portofolio dalam pembelajaran terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar IPS. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dalam bentuk post test only control group design. Sampel penelitian berjumlah 40 orang siswa kelas VI. Kuesioner motivasi belajar dan tes prestasi belajar digunakan untuk mengukur motivasi belajar dan prestasi belajar IPS siswa. Data dianalisis dengan menggunakan Manova satu jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan motivasi belajar yang signifikan antara siswa siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode penilaian portofolio dengan siswa yang menggunakan metode penilaian konvensional, (Fhitung= 166,58, p<0,05), nilai rata-rata motivasi belajar siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode penilaian portofolio 103,92, lebih besar dibandingkan dengan nilai rata-rata siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode penilaian konvensional yaitu 75,28; (2) terdapat perbedaan prestasi belajar yang sinifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode penilaian portofolio dengan siswa yang menggunakan metode penilaian konvensional, (Fhitung= 81,145, p<0,05), nilai rata-rata prestasi belajar siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode penilaian portofolio 32,00, lebih besar dibandingkan dengan nilai rata-rata siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode penilaian konvensional yaitu 25,78; (3) secara simultan terdapat perbedaan motivasi belajar dan prestasi belajar yang signifikan antara siswa yang mengikuti proses pembelajaran menggunakan metode penilaian portofolio dengan metode penilaian konvensional (Fhitung= 141,341, p<0,05).

 

Kata kunci : metode penilaian portofolio, motivasi belajar, prestasi belajar IPS

Abstract

 

This research aims to determine the effect of portfolio assessment methods in teaching on the learning motivation and learning achievement of social study. This research was the experimental research of the post-test only control group design. The sample was 40 students of class VI. Learning motivation questionnaire and learning achievement test were used to measure achievement motivation and social study achievement of students. Data were analyzed by using one-way Manova. The results show that: (1) there is a significant difference in motivation between students who took the student learning portfolio assessment method and students who took conventional methods of assessment, (Fobs=166.58, p<0,05), the average score of learning motivation of students who take learning portfolio assessment method of 103.92 is greater than the average score of the learning of students who take conventional assessment methods of 75.28; (2) there is a significant difference in academic achievement between students who took the student learning portfolio assessment method and students who took conventional methods of assessment, (Fobs=81.145, p<0,05), the average score of learning achievement of students who take learning portfolio assessment method of 32,00 is greater than the average score of the learning of students who take conventional assessment methods of 25.78; (3) simultaneously, there are differences in motivation and achievement of significant learning among students who took the process of learning to use the portfolio assessment method and conventional assessment methods (Fobs=141.341, p<0,05).

 

Keyword:   Portfolio assessment method, learning motivation, social study academic achievement


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.