Pedoman Penulisan Artikel

 

 

1.       Artikel yang ditulis untuk JPP meliputi hasil penelitian (paling lama 5 tahun saat naskah diajukan) dan pemikiran dalam bidang pendidikan dan pembelajaran. Naskah diketik dengan huruf Times New Roman, ukuran 12 pts, spasi 1,5 dan dicetak pada kertas A4 sepanjang 15 s/d 20 halaman. Naskah diserahkan dalam bentuk print out sebanyak dua eksemplar beserta dengan softcopy-nya. Naskah (file) dibuat dengan Microsoft Word. Pengiriman file juga dapat dilakukan sebagai attachment email ke alamat: jppundiksha@gmail.com.

2.       Nama penulis artikel dicantumkan tanpa gelar akademik dan ditempatkan di bawah judul artikel. Jika penulis lebih dari tiga orang, yang dicantumkan di bawah judul artikel adalah nama penulis utama. Nama penulis-penulis lainnya dicantumkan pada catatan kaki halaman pertama naskah. Penulis harus mencantumkan institusi asal dan alamat email (bagi penulis utama) untuk memudahkan komunikasi.

3.       Artikel bisa ditulis dalam bahasa Indonesia atau Inggris dengan format essei disertai judul pada masing-masing bagian artikel, kecuali bagian pendahuluan yang disajikan tanpa judul bagian. Judul artikel dan sub judul dari artikel ditulis dengan huruf besar (kecuali pendahuluan tanpa judul). Peringkat judul bagian ditulis dengan huruf besar pada setiap awal kata. Judul bagian dan peringkat judul bagian semuanya tanpa nomor/angka, dicetak tebal, dan rata tepi kiri.

4.       Sistematika artikel hasil pemikiran adalah: (a) judul (maks. 12 kata); (b) nama penulis (tanpa gelar akademik); (c) abstrak Indonesia (dalam satu paragraf, maks. 200 kata); (d) kata kunci (3-5); (e) abstrak Inggris; (f) pendahuluan yang memuat latar belakang dan tujuan atau ruang lingkup tulisan (maksimum 20% dari keseluruhan isi artikel); (g) pembahasan (dapat dibagi ke dalam beberapa sub-bagian); (h) simpulan yang memuat simpulan dan saran (tanpa subjudul); dan (i) daftar rujukan (hanya memuat sumber-sumber yang dirujuk).

5.       Sistematika artikel hasil penelitian adalah: (a) judul (maks. 14 kata); (b) nama penulis (tanpa gelar akademik); (c) abstrak Indonesia (dalam satu paragraf, maks. 200 kata) yang memuat tujuan, metode, dan hasil penelitian; (d) kata kunci (3-5); (e) abstrak Inggris; (f) pendahuluan yang memuat latar belakang, rangkuman kajian teoritik, dan tujuan penelitian (maksimum 30% dari keseluruhan isi artikel); (g) metode; (h) hasil dan pembahasan yang berisi bagian hasil (ada subjudul) dan bagian pembahasan (ada subjudul); (i) simpulan yang memuat simpulan dan saran (tanpa subjudul); dan (j) daftar rujukan (hanya memuat sumber-sumber yang dirujuk).

6.       Tabel dan gambar diberi nomor dan judul.

7.       Sumber yang dirujuk sedapat mungkin merupakan pustaka-pustaka terbitan 10 tahun terakhir. Rujukan yang diutamakan adalah sumber-sumber primer berupa laporan penelitian (termasuk skripsi, tesis, disertasi) atau artikel-artikel penelitian dalam jurnal atau majalah ilmiah.

8.       Perujukan dan pengutipan menggunakan teknik rujukan berkurung (nama, tahun). Pencantuman sumber pada kutipan langsung hendaknya disertai keterangan tentang nomor halaman tempat asal kutipan, contohnya (Bisnu, 2010: 47)

9.       Daftar rujukan disusun dengan tata cara seperti contoh berikut dan diurutkan secara alfabetis dan kronologis. Contoh penulisan daftar rujukan:

Buku

Joyce, B. & Weil, M. 1996. Models of Teaching (5th Ed.). Boston: Allyn and Bacon.

Buku terjemahan

Ary, D., Jacobs, L.C. & Razavieh, A. 1976. Pengantar Penelitian Pendidikan. Terjemahan oleh Arief Furhan. 1982. Surabaya: Usaha Nasional.

Buku kumpulan artikel

Saukah, A. & Waseno, M. G. (Eds). 2002. Menulis Artikel untuk Jurnal Ilmiah (Edisi ke-4, cetakan ke-1). Malang: UM Press.

Artikel dalam buku kumpulan artikel

Romiszowski, A. 2009. Fostering Skill Development Outcome, dalam C. M. Reigeluth, & A. A. Carr-Cheliman (Eds.). Instructional-Design Theories and Models:Building a Common Knowledge Base, Vol.3 (hlm. 199-224), New York: Routledge.

Artikel dalam jurnal atau majalah

Kalyuga, S. & Sweller, J. 2004. Measuring Knowledge to Optimize Cognitive Load Factors During Instruction. Journal of Educational Psychology, 96(3): 558-568.

Artikel dalam jurnal online

Turkmen, H. 2006. What Technology Plays Supporting Role in Learning Cycle Approach for Science Education. The Turkish Online Journal of Educational Technology. (Online), 5(2), (http://www.eric.ed.gov/ERICWebPortal/recordDetail?accno, diakses 20 Agustus 2008).

Artikel dalam koran:

Pitunov, B. 13 Desember, 2002. Sekolah Unggulan ataukah Sekolah Pengunggulan? Majapahit Post, hlm. 4 & 11.

Tulisan/berita dalam koran (tanpa nama pengarang)

Jawa Pos, 22 April, 1995. Wanita Kelas Bawah Lebih Mandiri, hlm.3.

Dokumen resmi

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Pt Armas Duta Jaya.

Sripsi, Tesis, Disertasi, Laporan penelitian

Bisnu, K. 2010. Pengaruh Penggunaan Hypermedia dalam Pembelajaran Menggunakan Strategi Siklus Belajar terhadap Pemahaman dan Aplikasi Konsep Kimia Siswa SMP yang Memiliki Dua Gaya Belajar Berbeda. Disertasi tidak diterbitkan. Malang:  PPS UM.

Makalah Seminar, lokakarya, penataran

Ardhana, W. 2000. Reformasi Pembelajaran Menghadapi Abad Pengetahuan. Makalah disajikan dalam Seminar dan Diskusi Panel Nasional Teknologi Pembelajaran V, Universitas Negeri Malang, Malang, 7 Oktober.

Internet (karya individual)

Hitchcocock, S., Carr, L. & Hall, W. 1996. A Survey of STM Online Journals, 1990-1995: The Calm before the Storm, (Online), (http://journal.ecs.soton.ac.uk/survey/survey.html, diakses 12 Juni 1996).

10.    Semua naskah ditelaah secara anonim oleh mitra bebestari (reviewers) yang ditunjuk oleh dewan penyunting menurut bidang kepakarannya. Penulis artikel diberi kesempatan untuk melakukan perbaikan (revisi) naskah atas dasar rekomendasi/saran dari mitra bebestari atau penyunting.

11.    Segala sesuatu yang menyangkut perijinan pengutipan atau penggunaan software komputer, atau ihwal lain yang yang terkait dengan HAKI yang dilakukan oleh penulis artikel, berikut konskwensi hukum yang mungkin timbul karenanya, menjadi tanggung jawab penuh penulis artikel tersebut.

12.    Penulis yang artikelnya dimuat memperoleh imbalan jurnal pendidikan dan pengajaran untuk satu volume terbitan pada tahun yang sama saat artikel penulis tersebut dimuat. Penulis artikel hanya dibebankan biaya kirim.

 

 PENJELASAN TAMBAHAN PENULISAN ARTIKEL HASIL PENELITIAN

  JUDUL ARTIKEL PENELITIAN (tidak lebih dari 12 kata)

Bisnu Suarnayuga (nama penulis utama, kedua, dst)

Universitas/Instansi ......., Jln.........(alamat instansi penulis)

e-mail: bisnu@gmail.com (alamat email penulis utama)

 

Abstract: Article Title. Artikel di JPP harus dilengkapi dengan abstrak berbahasa Inggris yang merupakan terjemahan dari abstrak dalam bahasa Indonesia. Kata kunci tidak perlu diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, cukup dalam bahasa Indonesia dan dicantumkan setelah abstrak dalam bahasa Inggris.

 

Abstrak: Judul Artikel. Abstrak setidaknya memuat tiga hal pokok, yaitu: (a) tujuan penelitian, (b) metode penelitian, dan (c) hasil penelitian. Abstrak diketik menggunakan spasi tunggal. Abstrak dilengkapi dengan kata kunci (3 sampai 5 kata kunci) yang berfungsi untuk memudahkan pencarian artikel ini secara elektronik (1 spasi, maksimum 200 kata).

 

Kata-kata kunci: kata kunci 1, kata kunci 2, kata kunci 3,...(3-5 kata kunci)

 Pendahuluan tidak perlu diberikan subjudul ’PENDAHULUAN’. Pendahuluan memuat tiga hal pokok, yaitu: latar belakang, rangkuman teoritik, dan tujuan penelitian. Tinjauan pustaka diintegrasikan dalam paparan pendahuluan. Semua referensi yang dirujuk dalam paparan, (Nama, tahun) untuk kutipan tidak langsung atau (Nama, tahun: hlm) untuk kutipan langsung,  dicantumkan di dalam Daftar Rujukan. Pendahuluan diharapkan maksimum 40 persen dari keseluruhan artikel.

            Alenia berikutnya dari paparan pendahuluan dibuat menjorok ke dalam sesuai dengan penulisan alenia baru pada umumnya.

 METODE

Metode penelitian disesuaikan dengan jenis penelitian. Penelitian kualitatif memiliki langkah metodologi yang berbeda dengan penelitian kuatitatif, seperti eksperimen. Walaupun demikian, pada bagian METODE diharapkan cukup jelas paparan tentang: rancangan penelitian, subjek/populasi-sampel/fokus dan objek penelitian, teknik pengumpulan data dan instrumen, dan teknik analisis data.

 HASIL DAN PEMBAHASAN

            Bagian hasil penelitian dibuat dalam satu subjudul yang terpisah dengan bagian pembahasan. Untuk penelitian kualitatif, bagian hasil dan pembahasan dapat dibuat secara terintegrasi.

 Hasil

            Data yang disajikan dalam hasil penelitian bukan berupa data ’mentah’, melainkan data yang sudah diolah. Hasil disajikan dalam bentuk tabel, grafik, atau bagan yang dilengkapi dengan penjelasan. Penjelasan tabel/grafik/bagan tidak menyebutkan ulang isi tabel, melainkan mendeskripsikan/memformulasikan maknanya. Tabel, grafik, atau bagan masing-masing diberikan nomor dan judul.

 Pembahasan

Paparan pada pembahasan memuat hal-hal pokok berikut, yaitu: (a) menjawab pertanyaan-pertanyaan penelitian, (b) memaparkan logika diperolehnya temuan, (c) menginterpretasi temuan, dan (d) mengaitkan temuan dengan teori atau kajian empiris lain yang relevan. Semua referensi yang dirujuk dalam paparan, (Nama, tahun) untuk kutipan tidak langsung atau (Nama, tahun: hlm) untuk kutipan langsung, dicantumkan di dalam Daftar Rujukan.

 SIMPULAN

            Simpulan dibuat dalam paragraf pendek yang memuat tentang esensi dari hasil penelitian yang tertuang dalam tujuan penelitian. Simpulan harus relevan dengan temuan dan hindari generalisasi yang berlebihan. 

 DAFTAR RUJUKAN

            Semua rujukan yang dimuat dalam paparan artikel harus dicantumkan pada daftar rujukan, atau sebaliknya. Sumber yang dirujuk sedapat mungkin (minimal 80%) merupakan pustaka-pustaka terbitan 10 tahun terakhir. Rujukan yang diutamakan adalah sumber-sumber primer berupa laporan penelitian (termasuk skripsi, tesis, disertasi) atau artikel-artikel penelitian dalam jurnal atau majalah ilmiah. Daftar rujukan disusun dengan tata cara seperti contoh yang sudah diuraikan di atas.

 

 PENJELASAN TAMBAHAN PENULISAN ARTIKEL HASIL PEMIKIRAN

JUDUL ARTIKEL HASIL PEMIKIRAN (tidak lebih dari 12 kata)

Bisnu Suarnayuga (nama penulis utama, kedua, dst)

Universitas/Instansi ......., Jln.........(alamat instansi penulis)

e-mail: bisnu@gmail.com (alamat email penulis utama)

 

 

Abstract: Article Title. Artikel di JPP harus dilengkapi dengan abstrak berbahasa Inggris yang merupakan terjemahan dari abstrak dalam bahasa Indonesia. Kata kunci tidak perlu diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, cukup dalam bahasa Indonesia dan dicantumkan setelah abstrak dalam bahasa Inggris.

 

Abstrak: Judul Artikel. Abstrak berupa komentar atau pengantar dari penulis. Abstrak memuat: (a) tujuan penelitian, (b) isu-isu pokok, dan (c) alternatif pemecahan. Abstrak diketik menggunakan spasi tunggal. Abstrak dilengkapi dengan kata kunci (3 sampai 5 kata kunci) yang berfungsi untuk memudahkan pencarian artikel ini secara elektronik (1 spasi, maksimum 200 kata).

 

Kata-kata kunci: kata kunci 1, kata kunci 2, kata kunci 3,...(3-5 kata kunci)

 

Pendahuluan tidak perlu diberikan subjudul ’PENDAHULUAN’. Pendahuluan memuat hal pokok, yaitu: latar belakang atau acuan permasalahan, hal-hal menarik yang belum tuntas, perkembangan baru, dan tujuan penelitian. Semua referensi yang dirujuk dalam paparan, (Nama, tahun) untuk kutipan tidak langsung atau (Nama, tahun: hlm) untuk kutipan langsung,  dicantumkan di dalam Daftar Rujukan. Pendahuluan diharapkan maksimum 20 persen dari keseluruhan artikel.

            Alenia berikutnya dari paparan pendahuluan dibuat menjorok ke dalam sesuai dengan penulisan alenia baru pada umumnya.

 PEMBAHASAN

 Paparan pada pembahasan dapat dibagi menjadi beberapa subjudul. Pembahasan berupa kupasan yang sifatnya analitik, argumentatif, logis, dan kritis. Isi pembahasan adalah cermin dari pendirian/sikap penulis terhadap permasalahan yang menjadi fokus tulisan. Semua referensi yang dirujuk dalam paparan, (Nama, tahun) untuk kutipan tidak langsung atau (Nama, tahun: hlm) untuk kutipan langsung, dicantumkan di dalam Daftar Rujukan.

 SIMPULAN

            Simpulan dibuat dalam paragraf pendek yang memuat tentang penegasan pendirian penulis dan saran-saran. Simpulan ditulis maksimum 10% dari keseluruhan isi artikel. 

 DAFTAR RUJUKAN

            Semua rujukan yang dimuat dalam paparan artikel harus dicantumkan pada daftar rujukan, atau sebaliknya. Sumber yang dirujuk sedapat mungkin (minimal 80%) merupakan pustaka-pustaka terbitan 10 tahun terakhir. Rujukan yang diutamakan adalah sumber-sumber primer berupa laporan penelitian (termasuk skripsi, tesis, disertasi) atau artikel-artikel penelitian dalam jurnal atau majalah ilmiah. Daftar rujukan disusun dengan tata cara seperti sudah diuraikan di atas.