Layanan Administrasi Mahasiswa Baru

Penerimaan mahasiswa baru dilaksanakan oleh Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru yang ditetapkan dengan Surat Keputusan Direktur.  Panitia penerimaan mahasiswa baru berkedudukan di PPs.

1.Pendaftaran Mahasiswa Baru

Setiap tahun ajaran baru, PPs menyelenggarakan seleksi penerimaan mahasiswa baru untuk Program S-2 dan S-3. Pendaftaran mahasiswa baru dilaksanakan sebelum awal semester. Pendaftaran mahasiswa dengan layanan khusus dapat dibuka setiap semester. Layanan pendaftaran mahasiswa baru dilakukan melalui tahapan berikut.

  • Pembayaran biaya pendaftaran melalui bank yang ditunjuk
  • Pengambilan formulir
  • Pengembalian formulir dan kelengkapannya
  • Ujian seleksi
  • Pengumuman hasil seleksi

Persyaratan administrasi dan akademik pendaftaran mahasiswa baru PPs Undiksha sebagai berikut;

1) Persyaratan Akademik

Program Magister (S-2): berijazah sarjana (S1) kependidikan maupun non kependidikan yang sama atau sebidang dengan program magister yang akan ditempuh, dengan IPK minimal 2,75 (dua koma tujuh lima), serta lulus seleksi akademik. Bagi lulusan sarjana yang tidak serumpun, ditetapkan melalui kebijakan Direktur PPs Undiksha dengan memperhatikan masukan ketua program studi terkait.

Program Doktor (S-3): berijazah master/magister (S-2) kependidikan maupun non kependidikan dengan bidang ilmu yang sama atau serumpun dengan program doktor yang akan ditempuh, IPK S-2 minimal 3,0 (tiga koma nol) dan lulus seleksi akademik. Bagi lulusan magister yang tidak serumpun, ditetapkan melalui kebijakan Direktur PPs dengan memperhatikan masukan ketua program studi terkait.

2) Persyaratan Administrasi

Persyaratan administrasi pendaftaran calon mahasiswa baru PPs adalah:

  1. Mengisi formulir pendaftaran dan membayar biaya pendaftaran melalui bank yang ditunjuk oleh Undiksha;
  2. Formulir pendaftaran yang telah diisi dan bukti pembayaran biaya pendaftaran, dikirimkan atau diserahkan langsung kepada Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru PPs Undiksha, dengan dilampiri:
    • Salinan/fotokopi ijasah S1/S-2 (ijazah S1 untuk program S-2 dan ijazah S-2 untuk program S-3 dan salinan/fotokopi catatan akademik/ transkrip yang telah dilegalisir oleh pihak yang berwenang.
    • Daftar karya ilmiah yang pernah dihasilkan dan kegiatan ilmiah yang pernah diikuti selama 3 tahun terakhir (kalau ada).
    • Surat pernyataan kesanggupan membayar biaya pendidikan dari pelamar atau sponsor.
    • Surat rekomendasi dari dua orang yang mengetahui kemampuan akademik dan kepribadian pelamar.
    • Surat keterangan kesehatan yang menyatakan pelamar mampu mengikuti pendidikan.
    • Ide penelitian yang akan dilakukan sebanyak 5-7 halaman A4 untuk pelamar program magister (S-2) dan 7-10 halaman A4 untuk pelamar program doktor (S-3). Ide penelitian tersebut memuat masalah penelitian, tujuan penelitian, dan strategi untuk analisis data penelitian. Naskah diketik dalam kertas A4, 2 spasi, dan huruf Times New Roman.
    • Dua lembar pas foto berwarna ukuran 3×4 cm.
    • Pendaftar yang mengusulkan beasiswa BPPS, harus melampirkan:
  3. Surat keterangan angka kredit/jabatan fungsional akademik dosen yang dicapai dari Menteri Pendidikan Nasional/Menteri Agama.
  4. SK kepangkatan terakhir (bagi dosen PNS) atau SK pengangkatan sebagai dosen tetap yayasan (bagi dosen swasta). Khusus dosen berstatus non PNS, dilengkapi surat pernyataan status dosen tetap yayasan dan bukan guru/tenaga administrasi.
  5. Surat rekomendasi/persetujuan untuk memperoleh BPPS dari Rektor/Direktur/ Ketua perguruan tinggi tempat bertugas dan Kopertis untuk pendaftar dari PTS (formulir disediakan).

 

Ketentuan dari Ditjen Dikti yang perlu diketahui oleh calon penerima BPPS:

  1. Usia maksimum pelamar BPPS adalah 50 tahun untuk S-2 dan 55 tahun untuk S-3 pada bulan September tahun yang bersangkutan atau sesuai ketentuan Dikti yang berlaku.
  2. Calon penerima BPPS hanya diperbolehkan mengajukan usulan kepada satu perguruan tinggi pengelola BPPS.
  3. BPPS tidak diberikan kepada mereka yang sedang menerima beasiswa lain, mencakup: biaya hidup, biaya pembelian buku, biaya penelitian, dan biaya pengelolaan dari sumber dana pemerintah RI.
  4. Pemberian BPPS berlaku untuk jangka waktu 24 bulan pada program magister (S-2) dan 36 bulan pada program doktor (S-3), terhitung saat menjadi mahasiswa baru.
  5. Penerima BPPS wajib menandatangani kontrak antara yang bersangkutan dengan perguruan tinggi pengirim.
  6. Setelah menyelesaikan studi, penerima BPPS diwajibkan untuk kembali mengabdi ke perguruan tinggi asal.
  7. Penerima BPPS wajib mengikuti seluruh ketentuan akademik perguruan tinggi pengelola BPPS.
  8. Penerima BPPS yang tidak dapat menyelesaikan studi dalam batas waktu yang ditetapkan dapat dikenakan sanksi sesuai aturan yang berlaku.

 

2.Ujian Seleksi

  1. Materi ujian seleksi: Tes Kemampuan Akademik (TKA), Kemampuan Bahasa Inggris, dan Kemampuan Bidang Studi.
  2. Waktu dan tempat ujian seleksi diberitahukan secara tertulis kepada para pelamar.

 

3. Hasil Seleksi

  1. Hasil seleksi penerimaan calon mahasiswa baru disampaikan secara tertulis dan dikirimkan melalui surat ke alamat pelamar; diumumkan melalui website PPs Undiksha (http://pasca.undiksha.ac.id); dan ditempel di kantor TU PPs.
  2. Calon mahasiswa yang lulus seleksi, perlu melengkapi:
    • Surat pernyataan kepastian mengikuti perkuliahan.
    • Surat pernyataan kepastian sumber biaya pendidikan.
    • Surat penugasan bagi yang berstatus tugas belajar atau surat ijin belajar bagi yang berstatus ijin belajar.

 

4. Orientasi Program Studi

Calon mahasiswa baru yang dinyatakan diterima wajib mengikuti kegiatan orientasi program studi sebelum kegiatan perkuliahan awal semester. Orientasi program studi merupakan kegiatan penyampaian informasi tentang proses registrasi administrasi dan akademik, pengenalan terhadap fasilitas kampus, penjelasan kurikulum dan perencanaan studi, agar para mahasiswa memiliki wawasan dan pemahaman terhadap keseluruhan proses penyelesaian studi di PPs Undiksha. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari dan dilanjutkan dengan kegiatan registrasi akademik mahasiswa baru.

 

5. Mahasiswa Asing

  • Mahasiswa asing adalah mahasiswa bukan warga negara Indonesia yang mengikuti program studi di PPs Undiksha.
  • Penerimaan mahasiswa asing dilakukan melalui seleksi yang diselenggarakan oleh PPs Undiksha.
  • Mahasiswa asing yang mengambil Program Pendidikan Akademik atau Program Pendidikan Profesi dikenakan peraturan sebagaimana yang berlaku bagi mahasiswa reguler dan peraturan lain yang relevan.
  • Mahasiswa asing yang mengambil Program Khusus diberlakukan peraturan tersendiri.