Layanan Akademik

A. MATRIKULASI

Kegiatan matrikulasi adalah kegiatan intensive course pada masing-masing program studi yang wajib diikuti oleh semua mahasiswa program magister dilaksanakan paling lama 2 minggu atau setara dengan 48 jam. Kegiatan matrikulasi dilaksanakan sebelum perkuliahan semester pertama. Kewajiban mahasiswa dalam kegiatan matrikulasi:

  1. Mahasiswa wajib mengikuti perkuliahan matrikulasi sesuai jumlah pertemuan terjadwal. Kehadiran mahasiswa dalam suatu perkuliahan matrikulasi dibuktikan dengan penandatanganan daftar hadir. Bagi mahasiswa yang tidak hadir pada suatu perkuliahan wajib menyampaikan surat pemberitahuan kepada dosen yang bersangkutan tentang alasan ketidakhadirannya.
  2. Mengerjakan semua tugas perkuliahan dengan kualitas terbaiknya dan tepat waktu sesuai jadwal yang telah ditetapkan. Tugas perkuliahan dapat berbentuk penyusunan makalah, presentasi, atau kegiatan-kegiatan lain yang sesuai dengan karakteristik perkuliahan matrikulasi.
  3. Mahasiswa yang tidak dapat menyelesaikan tugas yang telah ditetapkan wajib menghubungi dosen pengajar yang bersangkutan agar diijinkan untuk menyelesaikan tugas.

Untuk program doktor bukan sebidang diwajibkan mengikuti beberapa mata kuliah penyesuaian (aanvullen).

 

B. KEPENASIHATAN AKADEMIK

Kepenasihatan akademik diberikan sebagai bentuk bantuan kepada mahasiswa dalam merancang dan menyelesaikan program studinya dengan baik, sesuai minat dan kemampuan. Kepenasihatan akademik secara umum dilayani oleh Ketua dan Sekretaris Program Studi. Apabila ada masalah yang terkait dengan dosen lain, Ketua Program Studi berkewajiban mengkoordinasikan dengan dosen bersangkutan.

 

C. PERKULIAHAN

1. Penyusunan Jadwal Kuliah

Jadwal kuliah disusun setiap menjelang awal semester oleh ketua program studi dan berkoordinasi dengan Asisten Direktur Bidang Akademik PPs Undiksha. Jadwal kuliah disusun dengan mengacu pada kalender akademik Undiksha.

2. Perencanaan Perkuliahan

a. Registrasi Akademik

Registrasi akademik adalah pelayanan bagi mahasiswa untuk memperoleh hak dan ijin mengikuti perkuliahan pada program studi tertentu. Registrasi akademik dilakukan setiap awal semester sesuai kalender akademik yang telah ditentukan dengan ketentuan bahwa mahasiswa yang bersangkutan telah melakukan registrasi administrasi.

b.Kontrak Belajar (Beban Studi)

Mahasiswa baru yang telah melakukan registrasi harus melakukan kontrak belajar yang akan ditempuh dengan pihak PPs melalui Ketua Program Studi yang bersangkutan. Kontrak belajar adalah perjanjian/ kesepakatan antara mahasiswa baru dengan PPs/Ketua Program Studi untuk menempuh dan menyelesaikan sejumlah satuan kredit semester sesuai dengan kurikulum yang ditetapkan pada Buku Pedoman Pendidikan PPs.

3. Pelaksanaan Perkuliahan

Mahasiswa yang dianggap sah sebagai peserta matakuliah adalah mahasiswa yang telah memprogramkan matakuliah tersebut pada Kartu Rencana Studinya (KRS) dan/atau sudah melaksanakan registrasi administrasi dan registrasi akademik. Sebagai peserta matakuliah yang sah, mahasiswa berhak mengikuti perkuliahan, ujian, dan memperoleh penilaian terhadap hasil studinya. Kewajiban mahasiswa dalam perkuliahan adalah sebagai berikut:

  • Wajib mengikuti perkuliahan minimum 80% dari jumlah pertemuan terjadwal dalam suatu semester. Kehadiran mahasiswa dalam perkuliahan dibuktikan dengan penandatanganan daftar hadir. Bagi mahasiswa yang tidak hadir pada suatu perkuliahan wajib menyampaikan pemberitahuan kepada dosen.
  • Mengerjakan semua tugas perkuliahan dengan kualitas terbaiknya dan tepat waktu sesuai jadwal yang telah ditetapkan. Tugas perkuliahan dapat berbentuk penyusunan makalah, presentasi, atau kegiatankegiatan lain yang sesuai dengan karakteristik perkuliahan.
  • Menempuh ujian yang menjadi prasyarat suatu matakuliah. Apabila mahasiswa tidak dapat menempuh ujian pada jadwal yang telah ditetapkan, wajib menghubungi dosen pengajar yang bersangkutan agar dapat diijinkan untuk menempuh ujian pada kesempatan lain.
  • Mahasiswa yang belum menempuh ujian dan/atau belum berhasil menyelesaikan tugas-tugas matakuliah sampai batas waktu yang telah ditetapkan maka mahasiswa yang bersangkutan dinyatakan tidak lulus dan harus mengulang lagi matakuliah tersebut.

 

D. TESIS DAN DISERTASI

1. Tesis

Tesis merupakan karya tulis akademik yang berkaitan dengan masalah penguasaan/penerapan ilmu, berbentuk karya hasil penelitian lapangan/laboratorium, proyek, atau hasil kajian ilmiah yang dilakukan mahasiswa calon magister di bawah bimbingan pembimbing tesis. Dalam menyusun tesis, mahasiswa berhak mendapatkan bimbingan dari dua orang pembimbing tesis dengan mekanisme bimbingan dalam bentuk konsultasi secara periodik.

2. Disertasi

Disertasi merupakan karya tulis akademik hasil studi dan/atau penelitian mendalam yang dilakukan secara mandiri dan berisi sumbangan baru bagi perkembangan ilmu pengetahuan atau menemukan jawaban baru bagi masalah-masalah yang sementara telah diketahui jawabannya atau mengajukan pertanyaan-pertanyaan baru terhadap hal-hal yang dipandang telah mapan di bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau seni yang dilakukan oleh calon doktor di bawah bimbingan para pembimbing. Dalam menyusun disertasi, mahasiswa berhak mendapatkan bimbingan dari dua orang pembimbing dengan mekanisme bimbingan dalam bentuk konsultasi secara periodik.