Prosedur Mutasi

Penjelasan Umum

  • Mutasi dalam hal ini mencakup perpindahan mahasiswa antar-program studi di lingkungan Program Pascasarjana UNDIKSHA, perpindahan mahasiswa dari Program Pasacasrjana UNDIKSHA ke perguruan tinggi lain, atau perpindahan mahasiswa dari perguruan tinggi lain ke Program Pascasarjana UNDIKSHA.
  • Kepindahan mahasiswa dari dalam dan dari luar Undiksha dapat dipertimbangkan berdasarkan ketentuan sebagai berikut.
    1. memenuhi persyaratan yang secara khusus diatur oleh Direktur PPs Undiksha;
    2. tersedia tempat, sarana, dan prasarana pendidikan di program studi yang dituju;
    3. alih kredit yang memungkinkan penyelesaian studi; dan
    4. mahasiswa tersebut lulus seleksi akademik yang diadakan oleh PPs Undiksha, khususnya terkait dengan program studi yang dituju.
  • Penentuan penerimaan mahasiswa pindahan dari dalam lingkungan PPs Undiksha atau dari luar Undiksha dilakukan oleh Direktur atas pertimbangan Ketua Program Studi yang dituju.

 

Proses Kepindahan Antar Prodi di dalam Lingkungan PPs Undiksha

  • Mahasiswa pindahan antar prodi dalam lingkungan PPs Undiksha diwajibkan mengajukan permohonan tertulis dengan alasan kepindahan yang kuat.
  • Surat permohonan pindah ditujukan kepada Direktur PPs dengan tembusan Ketua Program Studi yang dituju disertai lampiran sebagai berikut:
    1. fotokopi Kartu Hasil Studi (KHS) tiap semester dan keterangan IPK yang disahkan oleh Direktur PPs atau Kepala Biro AAKPSI;
    2. surat persetujuan pindah program studi dari atasan langsung bagi yang bekerja atau sponsor bagi yang dibiayai sponsor.
  • Mahasiswa pindahan yang telah mendapat persetujuan diterima dibuatkan Surat Keterangan Persetujuan Pindah (SKPP) oleh Direktur PPs, dan diberikan kepada mahasiswa yang bersangkutan dengan tembusan kepada Ketua Program Studi.

 

Proses Kepindahan Mahasiswa dari Luar PPs Undiksha

  • Mahasiswa pindahan dari luar PPs Undiksha diwajibkan mengajukan permohonan tertulis dengan alasan kepindahan yang kuat.
  • Surat permohonan pindah mahasiswa dari luar PPs Undiksha ditujukan kepada Rektor Undiksha ditembuskan kepada Direktur PPs Undiksha dan Ketua Program Studi yang dituju disertai lampiran sebagai berikut:
    • kartu hasil studi per semester dan IPK yang disahkan oleh perguruan tinggi asal;
    • surat keterangan izin sementara pindah dari perguruan tinggi asal;
    • surat rekomendasi dari direktur PPs asal, yang menyatakan bahwa mahasiswa yang bersangkutan adalah mahasiswa berkelakuan baik, dan tidak pernah melanggar tata tertib;
    • surat keputusan pindah dari orangtua/suami/istri bagi mahasiswa yang mengajukan permohonan kepindahan karena tempat kerja orangtua/suami/istri oleh unit kerjanya dipindahkan;
    • surat izin belajar dari atasan berwenang bagi mahasiswa yang sudah bekerja; dan
    • surat keterangan bahwa yang bersangkutan tidak dalam keadaan kehilangan hak studinya, yang disebabkan tidak memenuhi ketentuan akademik dari perguruan tinggi asalnya (drop out).
  • Batas waktu akhir pengajuan permohonan adalah dua minggu menjelang masa registrasi administrasi sesuai ketentuan Kalender Akademik.
  • Permohonan pindah tidak dapat dipertimbangkan apabila pengajuannya melampaui batas waktu seperti tersebut pada ayat (3).
  • Mahasiswa pindahan yang telah mendapat persetujuan diterima dibuatkan Surat Keterangan Tanda Diterima (SKTD) oleh Direktur PPs dan diberikan kepada mahasiswa yang bersangkutan dengan tembusan kepada:
    • Rektor Undiksha;
    • Rektor perguruan tinggi asal; dan
    • Ketua program studi yang dituju.
  • Mahasiswa pindahan dari luar Undiksha pada saat registrasi dikenakan biaya pendidikan PPs Undiksha sesuai dengan SK Rektor.