parallax background

Program Magister Program Studi Pendidikan IPS

Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha

Visi :

Menjadi Penyelenggara Pendidikan IPS Yang Unggul Berlandaskan Falsafah Tri Hita Karana Di Asia Pada Tahun 2045

Misi :

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran Pendidikan IPS yang berkualitas, edukatif, humanis berlandaskan nilai-nilai Tri Hita Karana.
  2. Menyelenggarakan penelitian Pendidikan IPS yang berkualitas dan berdaya saing yang berkontribusi pada peningkatan mutu karya akademik Pendidikan IPS, pengembangan teknologi rekayasa social dan pengembangan kebijakan publik, serta masyarakat dan lingkungannya.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat untuk menumbuhkembangkan keberdayaan masyarakat dan sekolah berlandaskan nilai-nilai Tri Hita Karana.
  4. Membangun kerjasama dan networking dengan instansi terkait untuk peningkatan kualitas dan daya saing pendidikan IPS, dan nilai-nilai sosial kemasyarakatan, baik tingkat regional, nasional, maupun internasional.

Tujuan :

  1. Menghasilkan lulusan yang kompeten dan berdaya saing di bidang Pendidikan IPS berlandaskan nilai-nilaiĀ  Tri Hita Karana.
  2. Menghasilkan karya akademik yang berkualitas dan berdaya saing melalui kegiatan penelitian dan publikasi ilmiah di bidang Pendidikan IPS.
  3. Menghasilkan kontribusi positif dalam memberdayakan masyarakat dan sekolah melalui penyebarluasan dan penerapan produk-produk akademik Pendidikan IPS.
  4. Menghasilkan kerjasama baik dengan pemerintah, lembaga swasta dan perguruan tinggi dalam dan luar negeri yang berkontribusi pada penguatan kualitas dan daya saing pendidikan IPS dan nilai-nilai sosial dan budaya kemasyarakatan.

Lama Studi dan Karir Lulusan


Program Studi S2 Pendidikan IPS Pascasarjana Undiksha termasuk program studi tercepat dalam meluluskan mahasiswa. Rata-rata masa studi mahasiswa 1 tahun 11 bulan. Atas prestasi ini, program studi mendapat penghargaan Angka Efisiensi edukasi (AEE) berturut-turut tahun 2020 dan 2021


Karir lulusan S2 Pendidikan IPS Pascasarjana Undiksha sangat membanggakan. Hal ini terlihat dari hasil tracer study (pelacakan) alumni tahun 2021 dimana alumni yang mendapatkan pekerjaan kurang dari 6 bulan setelah lulus sebesar 95,27%. Sebagain besar (93,41%) alumni bekerja sebagai pendidik (guru dan dosen) di sekolah negeri dan swasta. Prestasi kerja alumni dalam mengemban profesinya tergolong sangat baik. Hal ini terbukti dari penilaian atasan/pimpinan tempat bekerja tentang integritas (moral/etika), penguasaan bidang ilmu, bahasa inggris, penguasaan teknologi informasi, kemampuan berkomunikasi, bekerja secara Tim (team work) dan pengembangan diri, rata-rata 91,67%.


Hasil Pengukuran Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kinerja Mengajar Dosen, Layanan Administrasi Akademik, Sarana dan Prasarana Pembelajaran

 

Kurikulum Program Studi

Program Magister Program Studi Pendidikan IPS menerapkan kurikulum MBKM dimana beberapa mata kuliah dirancang sebagai program inbond-outbond dengan program studi di dalam perguruan tinggi, antar-perguruan tinggi dan dengan stakeholders di Lembaga pemerintahan dan swasta yang relevan. Pembelajaran dilakukan secara blended learning dan semua mata kuliah (kecuali tesis) ditawarkan di semester 1 dan 2. Struktur kurikulum sepeti pada tabel berikut.

No.Struktur Kompetensi MKSKS
1.Kompetensi inti keilmuan6
2.Kompetensi IPTEK Pendukung6
3.Kompetensi Penciri Prodi15
4.MK pilihan wajib3
5.MK lintas prodi di dalam PT3
6.Tesis8
Total41
Catatan : Mhs wajib memilih satu MK pilihan dengan bobot 3 sks dari 4 MK pilihan yang ditawarkan
No.ProfilJenis PekerjaanDeskripsi Pekerjaan
1.

Pendidik Pendidikan IPS

Guru, Dosen, Instruktur pada lembaga pendidikan formal dan nonformal di jenjang pendidikan dasar, menengah dan pendidikan tinggi baik nasional maupun internasional.

Guru profesional yang mampu mengembangkan dan mentransformasikan pembelajaran pendidikan IPS kepada peserta didik.
Dosen professional yang mampu mengembangkan dan mentransformasikan ilmu pengetahuan dan teknologi bidang pendidikan IPS melalui pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

2.

Tenaga ahli/peneliti bidan pendidikan IPS

Tenaga ahli/konsultan dan peneliti bidang perencanaan, evaluasi dan pengembangan Pendidikan (IPS) dan pembangunan social di lembaga swasta dan pemerintah tingakt lokal, nasional maupun internasional.

Tenaga ahli profesional yang memberikan kontribusi pada perencanaan, pengembangan, evaluasi dan solusi penyelesaian masalah-masalah bidang pendidikan IPS, dan pembangunan social. Peneliti profesional yang berkontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi bidang pendidikan IPS dan perumusan kebijakan penyelenggaraan pendidikan.

3.

Wirausaha social/edupreneur IPS

Pengelola lembaga pendidikan formal dan nonformal, Pengembang perangkat pendidikan IPS berbasis digital, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), Pebisnis Sosial (CSR, Yayasan Sosial, dan lainnya).

Wirausaha yang professional di bidang pendidikan dan social yang mampu memberikan kontribusi saling menguntungakan (mutual benefits) antara wirausaha dengan masyarakat sasaran dengan mengedepankan prinsip efektifitas, manfaat, dan kontinyuitas.

1. Mata Kuliah Inti Keilmuan
NOMATA KULIAHSKSSEMESTER
1.

Filsafat Ilmu Berwawasan Ilmu-Ilmu Sosial dan Humaniora

3I
2.

Metodologi Penelitian dalam Pendidikan IPS

3II
Jumlah6
2. Mata Kuliah IPTEK Pendukung
NOMATA KULIAHSKSSEMESTER
1.

Pengembangan Desain, Media dan Sumber Belajar IPS Berbasis ICT

3II
2.

Aplikasi Statistik Dalam Pendidikan IPS

3I
Jumlah6
3. Mata Kuliah Penciri Prodi
NOMATA KULIAHSKSSEMESTER
1.

Teori, Model, Strategi, dan Pendekatan Pembelajaran IPS

3II
2.

Pengembangan Kurikulum dan Assesmen Pendidikan IPS

3II
3.

Manusia, Ruang, dan Pengelolaan Sumberdaya

3I
4.

Teori-Teori Sosial Budaya, Demokratisasi dan Civil Society

3II
5.

Sistem Sosiokultural Perspektif Tri Hita Karana

3I
6.

Tesis

8III
Jumlah23
4. Mata Kuliah Pilihan
NOMATA KULIAHSKSSEMESTER

Pilihan Dalam Prodi *)

1.

Edupreneur bidang IPS Berbasis Digitalisasi

3I
2.

Kewirausahaan Sosial dan Pengembangan LSM

3.

Pembangunan sosial

4.

Analisis Sumberdaya dan Pembelajaran IPS di sekolah (studi lapangan)

Pilihan Lintas / Luar Prodi

1.

(Mahasiswa wajib memilih mata kuliah di luar Prodi Pendidikan IPS sesuai minat dan kepentingannya)

3III
Jumlah6
Total41
*) = Mahasiswa wajib memilih satu mata kuliah dengan bobot 3 sks

Penerimaan Mahasiswa Baru
Tahun Akademik 2022 / 2023

 

Dosen Tetap Program Studi

 
No.Nama DosenBidang Keahlian
1.

Prof. Dr. Drs. I Putu Sriartha, M.Si.

Geografi Human / Sosial

2.

Prof. Dr. Sukadi, M.Pd., M.Ed.

Pendidikan IPS

3.

Prof. Dr. I Gede Astra Wesnawa, M.Si.

Geografi Lingkungan

4.

Prof. Dr. I Wayan Lasmawan, M.Pd.

Pendidikan IPS

5.

Dr. Drs. Ida Bagus Made Astawa, M.Si.

Pendidikan Geografi
6.

Dr. Drs. I Wayan Kertih, M.Pd.

Pendidikan IPS
7.

Dr. Drs. I Made Pageh, M.Hum

Kajian Sosial Budaya
8.

Dr. Drs. I Wayan Mudana, M.Si.

Kajian Sosial Budaya
9.

Dr. Tuty Maryati, S.Pd., M.Pd.

Pendidikan IPS
10.

Dr. I Nengah Suastika, S.Pd., M.Pd.

Pendidikan IPS
11.

Dr. Luh Indrayani, S.Pd., M.Pd.

Pendidikan Ekonomi
 

Seputar Pascasarjana Undiksha


[elfsight_youtube_gallery id="5"]