parallax background

Program Studi Magister Pendidikan Matematika

Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha

Visi :

Menjadi Penyelenggara Pendidikan Matematika yang Unggul dalam Pemecahan Masalah Berlandaskan Falsafah Tri Hita Karana di Asia Tahun 2045

Misi :

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang humanis untuk menghasilkan sumber daya manusia yang kompetitif, kolaboratif, dan berkarakter;
  2. Menyelenggarakan penelitian pendidikan matematika yang inovatif, kompetitif, dan kolaboratif;
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang kontekstual, kompetitif dan kolaboratif, dan inspiratif;
  4. Menyelenggarakan kerjasama dan kemitraan yang mendukung penguatan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Tujuan :

  1. Menghasilkan lulusan magister pendidikan matematika yang kompeten dalam pemecahan masalah;
  2. Menghasilkan karya penelitian pendidikan matematika yang inovatif dan teruji;
  3. Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat yang relevan dengan permasalahan dan kebutuhan masyarakat;
  4. Menghasilkan kerjasama dan kemitraan dengan berbagai lembaga terkait yang mendukung penguatan Tri Dharma Perguruan Tinggi, baik tingkat lokal, nasional, maupun internasional.

Dosen Pengajar

No Nama Kelompok Keahlian Pendidikan S1, S2, S3 Kompetensi Setiap Jenjang Pendidikan Foto
1 Dr. I Wayan Puja Astawa, S.Pd., M.Stat.Sci
(Koordinator Program Studi)
Pendidikan dan Pembelajaran Matematika S1 : Universitas Udayana Pend. Matematika

S2 : La Trobe Uni Statistik
S3 : Universitas Negeri Surabaya Pend. Matematika
2 Dr. Gede Suweken, M.Sc
(Sekretaris Program Studi)
Pendidikan dan Pembelajaran Matematika S1 : Universitas Udayana Pend. Matematika

S2 : Univ. of Adelaide Applied Math
S3 : Delft Univ. of Technology Applied Analysis
3 Prof. Dr. I Gusti Putu Suharta, M.Si Pendidikan dan Pembelajaran Matematika S1 : Universitas Udayana Pend. Matematika

S2 : Universitas Gadjah Mada Matematika
S3 : Universitas Negeri Surabaya Pend. Matematika
4 Prof. Dr. I Made Ardana, M.Pd Pendidikan dan Pembelajaran Matematika S1 : Universitas Udayana Pend. Matematika

S2 : Universitas Negeri Malang Pend. Matematika
S3 : Universitas Negeri Surabaya Pend. Matematika
5 Prof. Drs. Sariyasa, M.Sc., Ph.D Pendidikan dan Pembelajaran Matematika S1 : Universitas Udayana Pend. Matematika

S2 : Flinders Univ Australia Matematika
S3 : Flinders Univ Australia Matematika
6 Prof. Dr. I Nengah Suparta, M.Si Pendidikan dan Pembelajaran Matematika S1 : Universitas Udayana Pend. Matematika

S2 : Institut Teknologi Bandung Matematika
S3 : TU Delft Teori Sandi
7 Prof. Dr.Phil. I Gusti Putu Sudiarta, M.Si Pendidikan dan Pembelajaran Matematika S1 : Universitas Udayana Pend. Matematika

S2 : Universitas Gadjah Mada Matematika
S3 : Universitaet Osnabrueck Ilmu Pendidikan dan Matematika Kognitif

Kurikulum Program Studi

No. Profil Lulusan Penjelasan Jenis Pekerjaan
1. Pendidik matematika Pendidik yang memiliki karakter unggul dalam pengetahuan, keterampilan, sikap, dan nilai dalam merencanakan, melaksanakan, mengembangkan, dan mengevaluasi program pendidikan dan pembelajaran matematika sesuai tuntutan profesi. Dosen, Guru, Tutor atau Instruktur pendidikan dan pembelajaran matematika
2. Peneliti pendidikan dan pembelajaran matematika Peneliti yang mampu melakukan pendalaman dan pengembangan IPTEKS dalam konteks pendidikan dan pembelajaran matematika. Peneliti di Perguruan Tinggi, Sekolah, atau Lembaga terkait pendidikan
3. Konsultan pendidikan, pembelajaran, dan penelitian pendidikan matematika Konsultan yang menguasai pengetahuan, keterampilan dan teknologi untuk memberi solusi permasalahan pendidikan dan pembelajaran matematika. Konsultan di sekolah, instansi pemerintah dan non pemerintah, instansi pendidikan non formal atau instansi terkait lainnya
4. Kreator konten pendidikan dan pembelajaran matematika Pembuat konten pendidikan dan pembelajaran matematika dalam bentuk tulisan, gambar, video, audio, atau gabungannya menggunakan teknologi informasi dan komunikasi. Pembuat konten pembelajaran matematika yang dikemas dalam bentuk digital
1. Sikap
a. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
b. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
c. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
d. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
e. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
f. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
g. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
h. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
i. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
j. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan;
k. Mengamalkan nilai-nilai Tri Hita Karana dalam kehidupan akademik maupun nonakademik di masyarakat.
l. Mengamalkan karakter baik yang menjunjung tinggi moralitas (morality), kemanusiaan (humanity), keharmonisan (harmony) dan (2) mengedepankan kreativitas (creativity) dan pemecahan masalah (problem solving).
2. Pengetahuan
a. Menguasai pengetahuan isi matematika, pendidikan matematika, dan pembelajaranya serta penerapannya dalam perencanaan, pelaksanaan, monitoring, evaluasi dan tindaklanjutnya di lembaga-lembaga sekolah, perguruan tinggi atau lembaga lain dan sesuai bidang tugasnya;
b. Menguasai pengetahuan penelitian pendidikan matematika untuk mengelola riset yang bermanfaat bagi pendidikan dan pembelajaran matematika dan masyarakat;
c. Menguasai pengetahuan pemecahan masalah dan pembelajarannya melalui pendekatan inter atau multidisipliner;
d. Menguasai iptek yang relevan untuk mengembangkan kemampuan pemecahan masalah pendidikan dan pembelajaran matematika;
3. Keterampilan Umum
a. Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajiannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis, dan dipublikasikan tulisan dalam jurnal ilmiah terakreditasi;
b. Mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahliannya dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya;
c. Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas;
d. Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan matematika, pendidikan, pembelajaran dan relevansinya yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan inter atau multidisipliner;
e. Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data;
f. Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas;
g. Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri;
h. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
4. Keterampilan Khusus
a. Mampu merancang, melaksanakan dan menilai proses pembelajaran yang saintifik, inspiratif, inovatif, menantang, menyenangkan, dan memotivasi dengan memanfaatkan beragam sumber belajar, media pembelajaran berbasis iptek, berorientasi pemecahan masalah, dan kearifan lokal sesuai standar proses dan mutu pendidikan nasional;
b. Mampu mengelola riset berdasarkan kaidah ilmiah baku untuk menghasilkan karya ilmiah pendidikan matematika yang mendapat pengakuan nasional atau internasional.
c. Mampu memecahkan permasalahan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni di dalam bidang pendidikan matematika melalui pendekatan inter atau multidisipliner.
d. Mampu melakukan kajian terhadap masalah mutu, relevansi, dan akses dalam bidang pendidikan matematika berdasarkan analisis informasi dan data sebagai dasar pengambilan keputusan;
e. Mampu melakukan kajian aneka pemodelan matematika dan pembelajarannya yang mengedepankan kreativitas (creativity) dan pemecahan masalah (problem solving).
f. Mampu menjalin hubungan profesional dan interpersonal secara konstruktif dan bertanggungjawab dengan berbagai pemangku kepentingan pendidikan dan pembelajaran matematika.
MATA KULIAH INTI KEILMUAN
NONAMA MATA KULIAHSKSSEMESTER
1.

Kajian Filsafat Pendidikan Matematika

3I
2.

Metode Penelitian Pendidikan Matematika

3I
3.

Pengembangan Pembelajaran Matematika Berbasis TIK

3II
4.

Kajian Pemecahan Masalah dan Pembelajarannya

2I
5.

Seminar Pendidikan Matematika

2II
6.

Kajian Aljabar and Analisis

3I
7.

Kajian Bilangan dan Matematika Diskrit

3II
8.

Tesis

8III - IV
MATA KULIAH IPTEK PENDUKUNG
NONAMA MATA KULIAHSKSSEMESTER
1.

Landasan Pendidikan Lanjut

3I
2.

Metode Statistik Lanjut

3I
MATA KULIAH PENCIRI PROGAM STUDI
NONAMA MATA KULIAHSKSSEMESTER
1.

Pendidikan Humanis Berbasis Budaya Tri Hita Karana

3II
MATA KULIAH PILIHAN
NONAMA MATA KULIAHSKSSEMESTER
1.

Pilihan dalam Prodi *)

a. Pemodelan Matematika

3II

b. Kajian Matematika Sekolah

c. Evaluasi Pendidikan Matematika

d. Pembelajaran Matematika Inovatif

e. Kajian Geometri

2.

Pilihan dalam/luar Prodi **)

a. Kajian STEM berbasis THK

3III

b. Landasan Ilmu Pendidikan dan Edupredeurship berperspektif THK

c. Sistem Sosiokultural Perspektif THK

d. Manajemen Pendidikan Berbasis THK

e. Etika Bisnis dan Profesi Prespektif THK

f. Komputer Masyarakat

g. THK Based Bussiness Ethics

h. Leadership Berbasis THK

i. Asesmen Berbasis THK

j. Olahraga dalam Perspektif THK

k. Sastra Nusantara Digital Berspektif THK

l. Technopreneur Teknologi Pembelajaran Berbasis THK

m. Landasan Pendidikan, Pembelajaran, Telaah Kurikulum Berbasis THK

n. Literasi Sains

*) Pilih 1 mata kuliah (3 SKS) dari MK pilihan dalam Prodi
**) Pilih 1 mata kuliah (3 SKS) dari MK pilihan dalam/luar Prodi
MATA KULIAH MATRIKULASI
NONAMA MATA KULIAHSKSSEMESTER
1.

Strategi Pembelajaran Matematika

3I
2.

Evaluasi Pembelajaran Matematika

3I
3.

Telaah Kurikulum Matematika Sekolah

3II
4.

Microteaching

3II
SEMESTER I
NOMATA KULIAHSKS
1.

Kajian Filsafat Pendidikan Matematika

3
2.

Metode Penelitian Pendidikan Matematika

3
3.

Kajian Aljabar and Analisis

3
4.

Landasan Pendidikan Lanjut

3
5.

Metode Statistik Lanjut

3
SEMESTER II
NOMATA KULIAHSKS
1.

Pengembangan Pembelajaran Matematika Berbasis TIK

3
2.

Seminar Pendidikan Matematika

3
3.

Kajian Bilangan dan Matematika Diskrit

3
4.

Pendidikan Humanis Berbasis Budaya Tri Hita Karana

3
5.

Pilihan dalam prodi *)

a. Pemodelan Matematika

3

b. Kajian Matematika Sekolah

c. Evaluasi Pendidikan Matematika

d. Pembelajaran Matematika Inovatif

e. Kajian Geometri

*) Pilih salah satu

SEMESTER III
NOMATA KULIAHSKSSEMESTER
1.

Tesis

8III - IV
2.

Pilihan dalam/luar prodi *)

a. Kajian STEM berbasis THK

3III

b. Landasan Ilmu Pendidikan dan Edupredeurship berperspektif

c. Sistem Sosiokultural Perspektif THK

d. Manajemen Pendidikan Berbasis THK

e. Etika Bisnis dan Profesi Prespektif THK

f. Komputer Masyarakat

g. THK Based Bussiness Ethics

h. Leadership Berbasis THK

i. Asesmen Berbasis THK

j. Olahraga dalam Perspektif THK

k. Sastra Nusantara Digital Berspektif THK

l. Technopreneur Teknologi Pembelajaran Berbasis THK

m. Landasan Pendidikan, Pembelajaran, Telaah Kurikulum Berbasis THK

n. Literasi Sains

*) Pilih salah satu

1.Kajian Filsafat Pendidikan Matematika (3 SKS)
Mata kuliah ini bertujuan mengkaji paradigma dan konsep Filsafat Matematika dan Pendidikannya, mengevaluasi ide-ide filsafat pendidikan matematika dalam teori dan praktek pembelajaran matematika, menciptakan gagasan baru dalam pengembangan filsafat pendidikan matematika dan menerapkannya sebagai agen tranformasi dalam dalam pembelajaran matematika sehari-hari. Materi yang dibahas adalah Perkembangan Ilmu, Matematika dan Filsafat Matematika; Kritik terhadap Dominasi Paham Absolutisme pada Filsafat Matematika ; Rekonseptualisasi Filsafat Matematika; Konstruktivisme Sosial Sebagai Filsafat Matematika; Konstrukvisme Sosial dan Pengetahuan Subjektif; Konstrukvisme Sosial dan Persepktif Sosial.
2.Metode Penelitian Pendidikan Matematika (3 SKS)
Mata kuliah ini bertujuan untuk pendalaman penelitian pendidikan matematika, mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk makalah dan praproposal tesis. Mata kuliah ini membahas penelitian pendidikan matematika, jenis-jenis penelitian, filsafat penelitian, perbedaan penelitian kuantitatif dan kualitatif, metode Penelitian Kuantitatif, penelitian eksperimen, dan ex post pacto, populasi dan sampel penelitian, instrumen, teknik pengumpulan data, wawancara dalam penelitian pendidikan matematika, penelitian kualitatif, gabungan penelitian kuantitatif dan kualitatif ,penelitian studi kasus, penelitian pengembangan dan penelitian desain.
3.Kajian Aljabar and Analisis (3 SKS)
Mata kuliah ini membahas beberapa konsep lanjutan dalam Aljabar Abstrak dan Analisis Riil sekaligus sebagai pendalaman konsep yang telah diperoleh pada program sarjana. Matakuliah ini bertujuan untuk memberikan latihan berpikir kreatif dalam menyelesaikan suatu permasalahan baik dalam matematika maupun dalam bidang ilmu lain sebagai penerapan konsep Aljabar Abstrak dan Analisis Riil. Proses pembelajaran matakuliah ini dilakukan dengan pendekatan pembuktian dan penalaran sehingga mahasiswa memperoleh pemahaman mendalam tentang konsep-konsep dalam Aljabar Abstrak dan Analisis Riil. Dengan demikian, mahasiswa mempunyai pengetahuan yang solid dan keterampilan yang terasah dalam kajian aljabar dan analisis serta bisa menerapakannya untuk menyelesaikan permasalahan terkait aljabar dan analisis. Topik-topik yang dibahas adalah.
4.Kajian Bilangan dan Matematika Diskrit (3 SKS)
Memberikan wahana pendalaman bagi mahasiswa mengenai konsep bilangan dan matematika diskrit yang banyak dibelajarkan di Sekolah. Dengan demikian, mahasiswa mempunyai pengetahuan dan keterampilan menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang berkaitan dengan bilangan dan matematika diskrit khususnya permasalahan yang sering mengemuka di saat pembelajaran di sekolah. Materi yang dibahas adalah Faktor Pembagi Terbesar, Teorema Aritmetika Fundamental, Kongruensi, Fungsi-Fungsi Teoretik Bilangan Multiplikatif, Lebih Jauh tentang Relasi Equivalensi dan Partisi, Pohon-Pohon, dan Teori Graf.
5.Pengembangan Pembelajaran Matematika Berbasis TIK (3 SKS)
Mata kuliah ini bertujuan untuk memberi membekali mahasiswa pengetahuan dan keterampilan untuk mengembangkan media dan pembelajaran matematika berbasis TIK berdasarkan kerangka Pengetahuan Teknologi Pedagogi dan Konten (Tecnological Pedagogical and Content Knowledge). Materi yang dibahas adalah Kerangka TPACK, Peranan TIK dalam pendidikan dan pembelajaran, Model-model pengembangan media dan pembelajaran berbasis TIK, Model-model evaluasi media dan pembelajaran berbasis TIK, Studi kasus pengembangan model dan pembelajaran matematika dan evaluasinya.
6.Seminar Pendidikan Matematika (3 SKS)
Mata Kuliah Seminar Pendidikan Matematika bertujuan untuk mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif. Mata kuliah ini menyusun konsepsi ilmiah pemecahan masalah pendidikan matematika dalam bentuk makalah, mengeksplorasi etnomatematika, serta rumusan konseptual penerapan etnomatematika dalam pembelajaran matematika di kelas.
7.Landasan Pendidikan Lanjut (3 SKS)
Mata kuliah ini bertujuan mengkaji landasan dan tujuan pendidikan pada umumnya, mengevaluasi teori dan praktek pendidikan nasional dan internasional, mengkreasi ide baru landasan pendidikan, dan menerapkannya sebagai agen tranformasi dalam praktek pendidikan profesional sehari-hari. Kajian materi meliputi Konsep, tujuan, dan landasan pendidikan munurut pemikir-pemikir terkenal di dunia, seperti Aristoteles, Giambista Vico, George Berkely, Immanuel Kant, John Locke, John Dewey, Jean Piaget, Vigotsky, Von Glaserfeld, dan termasuk oleh pemikir dan Pahlawan Pendidikan Nasional, sepertti Ki Hajar Dewantara, R.A Kartini, Dewi Sartika, KH. Hasyim Asy’ari, dan KH. Ahmad Dahlan dan lainya; Perseptif Transformative Pedagogy yang bersumber dari berbagai varian konstuktivisme, seperti konstruktivisme radikal, konstruktivisme sosial, biologi kognitif, neorophysiologi, dan cybernetics; Perseptif Transformative Pedagogy yang bersumber dari Perkembangan IPKTEKS di Era Revolusi Industri 4.0 dan Era Society 5.0; Berbagai Landasan Inovasi Pendidikan Nasional Berdasarkan UU Sisdiknas 2003, PP 19/2005, UU 14/2005 Kurikulum 13, Kebijakan Kemendikbud Tahun 2020, SNPT 2020, Kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dan seterusnya; Berbagai Landasan Inovasi Pendidikan Internasional seperti (a) Standar Based-Education (SBE), (b) Competence-Based Education (CBE), (c) Competence Based Teacher Education (CBTE) dan seterusnya.
8.Metode Statistik Lanjut (3 SKS)
Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan statistik lanjut untuk keperluan penelitian tesis maupun publikasi ilmiah. Topik-topik yang dibahas adalah Jenis-Jenis data dan analisisnya, analisis varian satu dan dua jalur, analisis kovarian, analisis varian multivariat satu jalur dan dua jalur, analisis kovarian multivariat, analisis regresi ganda, analisis faktor, analisis jalur, pemodelan persamaan struktural, dan korelasi kanonik.
9.Pendidikan Humanis Berbasis Budaya Tri Hita Karana (3 SKS)
Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa memiliki wawasan mendalam tentang THK dan sekaligus mengimplementasikannya sebagai falsafah hidup. Materi Perkuliahan meliputi:: perspektif sejarah THK, makna kesejahteraan/ kebahagiaan pada THK, THK sebagai filsafat hidup dan kearifan lokal, THK sebagai etika kepeminpinan, dan THK , Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika.
10.Pemodelan Matematika (3 SKS)
Mata kuliah ini dimaksudkan untuk mengkaji ulang persamaan diferensial biasa, menggunakannya untuk memodelkan masalah-masalah real, serta mengembangkan model matematika berbasis Vensim, mensimulasikan serta menginterpretasi hasilnya. Materi yang dibahas : Proses pemodelan matematika, Review PDB orde 1, Review PDB orde 2, Review sistem PDB, System Thinking, System Dynamics dengan Vensim, Pengembangan model berbasis Vensim.
11.Kajian Matematika Sekolah (3 SKS)
Mata kuliah ini dimaksudkan untuk mendalami kemungkinan masalah-masalah krusial dalam pembelajaran konsep-konsep matematika di sekolah sekolah: kelas VII sampai dengan kelas XII, dan mengembangkan rancangan pembelajaran yang diorientasikan pada penangulangan masalah-masalah krusial yang dimaksud. Bahan kajian pada mata kuliah ini didasarkan pada masalah-masalah yang diprediksi menjadi hambatan bagi terjadinya pemahaman yang benar terhadap konten matematika yang dibelajarkan pada jenjang pendidikan sekolah menengah dari kelas VII sampai dengan kelas XII. Masalah-masalah seperti ini dianggap krusial ketika paling sedikit 25% peserta didik mengalami permasalahan dalam memahami konsep yang dibelajarkannya. Bahan kajian selanjutnya berupa pengenalan soal-soal pemecahan masalah yang diorientasikan pada pengembangan soal-soal matematika untuk olimpiade.
12.Evaluasi Pendidikan Matematika (3 SKS)
Mata kuliah ini dimaksudkan supaya mahasiswa memiliki wawasan penguasaan pengetahuan dan keterampilan tentang konsep-konsep dasar asessmen pembelajaran matematika dan pengembangannya serta mampu melaksanakan asesmen pembelajaran matematika secara bermakna. Materi Perkuliahan meliputi: hakikat Evaluasi (penilaian, pengukuran, dan tes); Classification of Assessment; Assessing to Support Mathematics Learning, pengkonstruksian tes objektif berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill); pengkonstruksian tes essay berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill); mengkonstruksi tes kinerja; pengujian tes dikotomi dan nondikotomi; Metode dan prinsip-prinsip untuk mengassessment pembelajaran matematika; assessment dalam RME; Kompetensi matematika dan assessmentnya; Kemampuan pemecahan masalah dan assessmentnya; dan Assessment of Mathematical Literacy.
13.Pembelajaran Matematika Inovatif (3 SKS)
Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa memiliki wawasan tentang pengetahuan dan keterampilan berkaitan dengan konsep-konsep dasar pembelajaran matematika serta mampu merencanakan dan melaksanakan pembelajaran matematika secara bermakna. Materi Perkuliahan meliputi: Hakikat Model Pembelajaran Matematika, Prinsip Belajar dan Pembelajaran Matematika, Akuisisi Pengetahuan Konseptual dalam Pendidikan Matematika dan Implikasinya, Lingkungan Belajar Matematika dalam Permainan Anak-anak, Pembelajaran Matematika sebagai Suatu Aktivitas yang Bermakna, Implikasi Sociocultural Theory dalam Pembelajaran Matematika, Kontribusi Kontruktivis dalam Pembelajaran Matematika, Mengkonstruksi Skemata dalam Pendidikan Matematika, Negosiasi Bermakna dalam Proses Pembelajaran Matematika, dan Budaya dalam Pembelajaran Matematika.
14.Kajian Geometri (3 SKS)
Mata kuliah ini membahas beberapa konsep lanjutan dalam Geometri sekaligus sebagai pendalaman konsep yang telah diperoleh pada program sarjana. Matakuliah ini bertujuan untuk memberikan latihan berpikir matematis dalam menyelesaikan suatu permasalahan baik dalam matematika maupun dalam bidang ilmu lain sebagai penerapan konsep Geometri. Kemampuan matematis yang dimaksud dalam hal ini adalah pemecahan masalah, penalaran, komunikais, koneksi, dan representasi. Dengan demikian, mahasiswa mempunyai pengetahuan yang solid dan keterampilan yang terasah dalam Geometri serta bisa menerapakannya untuk menyelesaikan permasalahan terkait Geometri. Mata kuliah ini membahas topik antara lain Fondasi Geometri dan Metode Aksiomatik, Geometri Euclid, Simetri, Geometri Fraktal, dan Geometri Benda Padat.
15.Kajian STEM (3 SKS)
Mata kuliah ini dimaksudkan untuk mengeksplorasi potensi-potensi Computational Thinking (CT) dan Sciences, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) bagi pembelajaran matematika dan selanjutnya mengembangkan perangkat pembelajaran matematika berbasis CT dan STEM. Materi yang dibahas Constructionism Papert bagi pembelajaran matematika, Computational Thinking (CT), Coding dalam Pembelajaran Matematika, STEM movement, Metode-metode integrasi STEM, Pengembangan perangkat belajar matematika berbasis CT dan STEM.
16.Tesis (8 SKS)
Mata kuliah ini menekankan pada pengembangan kemampuan kritis dan kreatif mahasiswa dalam memecahkan permasalahan pendidikan maupun pengajaran matematika melalui penulisan proposal, pelaksananaan penelitian, dan penulisan laporan di bawah bimbingan 2 orang pembimbing. Penulisan proposal dan laporan penelitian dalam bentuk tesis mengikuti pedoman penulisan tesis yang ditetapkan pascasarjana. Hasil penelitian tesis dipublikasikan dalam bentuk artikel di jurnal ilmiah yang berkualitas baik.
Deskripsi di atas merupakan deskripsi dari mata kuliah-mata kuliah yang ditetapkan oleh prodi pendidikan matematika. Sementara deskripsi mata kuliah pilihan dari luar prodi pendidikan matematika dapat dilihat pada prodi bersangkutan.

Seputar Pascasarjana Undiksha

[elfsight_youtube_gallery id="5"]