parallax background
parallax background

Program Magister Program Studi Teknologi Pendidikan

Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha

Visi :

Mengembangkan Teknologi Pendidikan yang Unggul dalam Pemecahan Masalah Pembelajaran Berlandaskan Falsafah Tri Hita Karana di Asia Tahun 2045

Misi :

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran inovatif, humanis dan menyenangkan berlandaskan pada Tri Hita Karana.
  2. Mengembangkan penelitian dalam bidang Teknologi Pendidikan pada kajian teori dan praktik mencakup creating, developing, implementing, managing, dan evaluating proses dan sumber belajar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
  3. Meningkatkan pengabdian kepada masyarakat utamanya dalam bidang desiminasi inovasi pembelajaran serta peningkatan kinerja sumber daya manusia.
  4. Membangun kultur organisasi yang sehat dalam meningkatkan pengelolaan prodi yang kondusif, kerjasama dan kemitraan, serta meningkatkan mutu secara berkelanjutan.

Dosen Pengajar

No Nama Pendidikan S1, S2, S3 Kompetensi Setiap Jenjang Pendidikan Foto
1 Prof. Dr. Ni Nyoman Parwati, M.Pd.
(Koordinator Program Studi)
S1 : Universitas Udayana Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

S2 : IKIP Malang Pendidikan Matematika
S3 : Universitas Negeri Malang Teknologi Pembelajaran
2 Dr. I Gde Wawan Sudatha, S.Pd., S.T., M.Pd.
(Sekretaris Program Studi)
S1 : Universitas Negeri Yogyakarta Pendidikan Administrasi Perkantoran

S1 : Universitas Pembangunan Nasional Veteran Teknik Kimia
S2 : Universitas Negeri Yogyakarta Teknologi Pembelajaran
S3 : Universitas Negeri Malang Teknologi Pembelajaran
3 Prof. Dr. I Wayan Santyasa, M.Si. S1 : Universitas Udayana Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

S2 : Universitas Gajah Mada Fisika
S3 : Universitas Negeri Malang Teknologi Pembelajaran
4 Dr. I Wayan Sukra Warpala, S.Pd., M.Sc. S1 : Universitas Udayana Pendidikan Biologi

S2 : University Manchester Sains
S3 : Universitas Negeri Malang Teknologi Pembelajaran
5 Prof. Dr. Ketut Agustini, S.Si., M.Si. S1 : Universitas Airlangga Matematika

S2 : Institut Pertanian Bogor Ilmu Komputer
S3 : Universitas Negeri Jakarta Teknologi Pendidikan
6 Dr. I Made Tegeh, S.Pd., M.Pd. S1 : STKIP Negeri Singaraja Teknologi Pendidikan

S2 : Universitas Negeri Malang Teknologi Pembelajaran
S3 : Universitas Negeri Malang Teknologi Pembelajaran
7 Prof. Dr. Dewa Gede Hendra Divayana, S.Kom., M.Kom. S1 : STMIK Asia Malang Teknik Informatika

S2 : STMIK Eresha Teknik Informatika
S3 : Universitas Negeri Jakarta Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
parallax background

MOTO PASCASARJANA UNDIKSHA

" Bakti untuk BAKTI "

( Berkarakter, Adaptif, Kolaboratif, Terampil, Inspiratif )

Kurikulum Program Studi

No. Profil Lulusan Jenis Pekerjaan Penjelasan
1. Pendidik bidang Teknologi Pendidikan Instruktur/guru/dosen pada lembaga-lembaga penjamin mutu pendidikan, kantor-kantor dinas pendidikan, dan di lembaga-lembaga pelatihan. Pendidik profesional yang memiliki tugas utama mentransformasikan dan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni dalam konteks Teknologi Pendidikan melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
2. Peneliti bidang Teknologi Pendidikan Peneliti dan pengembang program pembelajaran di instansi terkait (lembaga-lembaga penjamin mutu pendidikan, kantor-kantor dinas pendidikan, dan di lembaga-lembaga pelatihan/perusahaan). Peneliti untuk melakukan pendalaman, perluasan Ipteks dalam mengembangkan obyek dan sumber-sumber bermedia (mediated objects and resources) yang digunakan untuk mendukung belajar dan pembelajaran.
3. Tenaga Fungsional Pengembang Teknologi Pendidikan Desainer Pembelajaran, Manajer Proyek Pembelajaran, Spesialis Media, Koordinator Teknologi, Administrator Sistem, baik pada lembaga pendidikan formal maupun non formal. Tenaga Ahli dalam merencanakan, menganalisis, merancang, mengembangkan, memodifikasi, melaksanakan, mengevaluasi, dan/atau mengelola aneka ragam mata kuliah/latih/pelajaran, sistem pembelajaran, dan lingkungan belajar.
4. Wirausahawan dalam bidang Teknologi Pendidikan Bidang usaha yang dimungkinkan diantaranya:
a. Konsultan pembelajaran
b. Pengembang media pembelajaran
c. Membuka lembaga pelatihan
d. Pengembang software promosi usaha
Wirausahawan yang memiliki kreativitas, kepedulian dan komitmenya terhadap penciptaan teknologi pembelajaran yang baru, dalam rangka pemecahan aneka masalah belajar.
1. Sikap
a. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
b. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
c. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
d. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
e. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
f. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
g. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
h. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
i. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
j. Menginternalisasi semangat inovatif, kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan; dan
k. Menunjukkan integritas tinggi dalam lingkup kehidupan sosial dan profesional dengan megedepankan nilai-nilai luhur keharmonisan sesuai dengan falsafah Tri Hita Karana.
2. Pengetahuan
a. Menguasai teori dan terapan Teknologi Pendidikan berdasarkan kawasan teknologi pendidikan.
b. Menguasai struktur perubahan konseptual, evolusi, dan revolusi ilmiah di bidang Teknologi Pendidikan dalam rangka memberikan pemecahan masalah keilmuan bidang-bidang pendidikan terkait.
c. Menguasai deskripsi, preskripsi, dan kebermanfaatan gagasan teori dan terapan yang melandasi kebijakan pengembangan pendidikan.
d. Menguasai teori dan terapan dalam memfasilitasi dan membina lembaga pendidikan dan tenaga kependidikan berbasis Teknologi Pendidikan.
e. Menguasai landasan filosofis, sosiologis, psikologis, dan teknologis dalam pengembangan kajian-kajian Teknologi Pendidikan.
f. Memiliki potensi menumbuhkembangkan regulasi diri, kolaborasi, dan belajar bagaimana belajar sepanjang hayat.
g. Memiliki kemampuan komunikasi yang efektif berbasis etika akademik yang benar dan bertanggung jawab melalui lisan atau media sosial kepada masyarakat.
3. Keterampilan Umum
a. Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis atau bentuk lain yang setara, dan diunggah dalam laman perguruan tinggi, serta makalah yang telah diterbitkan di jurnal ilmiah terakreditasi atau diterima di jurnal internasional;
b. Mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai dengan bidang keahliannya dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya;
c. Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas;
d. Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi objek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin;
e. Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data;
f. Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas;
g. Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri; dan
h. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
4. Keterampilan Khusus
a. Mampu menunjukkan kemampuan pengembangan produk-produk teknologi pendidikan kekinian yang dapat menunjang keberlangsungan pendidikan di berbagai jenjang pendidikan.
b. Mampu menunjukkan kemampuan analisis konsep dan prinsip Teknologi Pendidikan yang relevan dengan kebutuhan pendidikan kekinian.
c. Mampu menunjukkan kemampuan analisis teori dan praktik perancangan, pengembangan, penerapan, pengelolaan, dan penilaian proses dan sumber belajar.
d. Mampu menunjukkan kemampuan evaluatif terhadap anomali, krisis, dan keunggulan teori dan terapan Teknologi Pendidikan dalam rangka menciptakan keunggulan-keunggulan baru Teknologi Pendidikan.
e. Mampu menunjukkan kemampuan menerapkan teknologi informasi berbasis model-model pembelajaran inovatif.
f. Mampu membangun jaringan kerja sama kemitraan dengan sejawat secara individu, komunitas, asosiasi profesi, dan kelembagaan dalam rangka pengembangan pendidikan.
g. Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni yang relevan dengan kajian Teknologi Pendidikan melalui perancangan, pengembangan, penerapan, pengelolaan, dan penilaian berdasarkan kaidah-kaidah ilmiah berbasis etika keilmuan dalam menghasilkan produk tesis.
h. Mampu menganalisis permasalahan dan pemecahannya dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni berdasarkan penelitian pengembangan, tindakan ilmiah, eksperimen, dan evaluatif bernuansa Teknologi Pendidikan.
MATA KULIAH INTI KEILMUAN
NONAMA MATA KULIAHSKSSEMESTER
1.

Filsafat Ilmu Teknologi Pendidikan

3I
2.

Psikologi dan Landasan Pendidikan

3I

Jumlah SKS

6
MATA KULIAH IPTEK PENDUKUNG
NONAMA MATA KULIAHSKSSEMESTER
1.

Model Pembelajaran Inovatif berbasis ICT

3II
2.

Statistika Lanjut

3I
3.

Metodologi Penelitian Teknologi Pendidikan

3II

Jumlah SKS

9
MATA KULIAH PENCIRI PROGAM STUDI
NONAMA MATA KULIAHSKSSEMESTER
1.

Technopreneur Teknologi Pendidikan berbasis THK

3I
2.

Kurikulum dan Desain Pembelajaran: Teori dan Terapan

3II
3.

Teori dan Praktik Teknologi Pendidikan Digital

3II
4.

Evaluasi Program Pembelajaran

3II
5.

Seminar Proposal Tesis Teknologi Pendidikan

3III
6.

Tesis

6III

Jumlah SKS

21
MATA KULIAH PILIHAN
NONAMA MATA KULIAHSKSSEMESTER
1.

Pilihan dalam Prodi *)

a. Penelitian berbasis Desain

3I

b. Teknologi Kinerja

c. Teori dan Praktik Multimedia Pembelajaran

2.

Pilihan luar Prodi “persepektif THK” **)

a. Sastra Nusantara Digital Berperspektif THK

3III

b. Asesmen Berbasis THK

c. Manajemen Pendidikan berbasis THK

d. Leadership berbasis Tri Hita Karana

e. Literasi Sains

f. Kajian STEM berbasis THK

g. Technopreneur Teknologi Pendidikan berbasis THK

h. Landasan Ilmu Pendidikan dan Edupreneurship Berperspektif THK

i. Komputer Masyarakat

j. Landasan Pendidikan, Pembelajaran, Telaah Kurikulum berbasis THK

k. Sistem Sosiokultural Perspektif Tri Hita Karana

l. Olahraga dalam Perspektif THK

m. Etika Bisnis dan Profesi Perspektif THK

n. THK based Business Ethic

o. Manajemen Lingkungan Berbasis THK

p. Bermain dan Permainan berbasis THK

q. Etnopedagogi Berbasis THK

Jumlah SKS

6
*) Pilih 1 mata kuliah (3 SKS) dari MK pilihan dalam Prodi
**) Pilih 1 mata kuliah (3 SKS) dari MK pilihan luar Prodi
SEMESTER I
NOMATA KULIAHSKS
1.

Filsafat Ilmu Teknologi Pendidikan

3
2.

Psikologi dan Landasan Pendidikan

3
3.

Technopreneur Teknologi Pendidikan berbasis THK

3
4.

Statistika Lanjut

3
5.

Penelitian berbasis Desain*

3
6.

Teknologi Kinerja*

3
7.

Teori dan Praktik Multimedia Pembelajaran*

3

Jumlah SKS

15

Keterangan:
* Merupakan mata kuliah pilihan. Mahasiswa memilih satu mata kuliah.

SEMESTER II
NOMATA KULIAHSKS
1.

Model Pembelajaran Inovatif berbasis ICT

3
2.

Metode Penelitian Teknologi Pendidikan

3
3.

Kurikulum dan Desain Pembelajaran: Teori dan Terapan

3
4.

Teori dan Praktik Teknologi Pendidikan Digital

3
5.

Evaluasi Program Pembelajaran

3

Jumlah SKS

15
SEMESTER III
NOMATA KULIAHSKSSEMESTER
1.

Seminar Proposal Tesis Teknologi Pendidikan

3III
2.

Tesis

6III - IV
3.

Pilihan luar Prodi “persepektif THK” *)

a. Sastra Nusantara Digital Berperspektif THK

3III

b. Asesmen Berbasis THK

c. Manajemen Pendidikan berbasis THK

d. Leadership berbasis Tri Hita Karana

e. Literasi Sains

f. Kajian STEM berbasis THK

g. Technopreneur Teknologi Pendidikan berbasis THK

h. Landasan Ilmu Pendidikan dan Edupreneurship Berperspektif THK

i. Komputer Masyarakat

j. Landasan Pendidikan, Pembelajaran, Telaah Kurikulum berbasis THK

k. Sistem Sosiokultural Perspektif Tri Hita Karana

l. Olahraga dalam Perspektif THK

m. Etika Bisnis dan Profesi Perspektif THK

n. THK based Business Ethic

o. Manajemen Lingkungan Berbasis THK

p. Bermain dan Permainan berbasis THK

q. Etnopedagogi Berbasis THK

Jumlah SKS

12

*) Pilih salah satu

1.FILSAFAT ILMU TEKNOLOGI PENDIDIKAN (3 SKS)
Mata kuliah ini bertujuan memfasilitasi mahasiswa dalam pengembangan kompetensi kepribadian berbasis pemahaman dan penerapan Filsafat Ilmu Teknologi Pendidikan yang melandasi kajian Teknologi Pendidikan.
2.PSIKOLOGI DAN LANDASAN PENDIDIKAN (3 SKS)
Mata kuliah ini bertujuan memfasilitasi mahasiswa dalam pengembangan kompetensi pedagogik berbasis pemahaman, aplikasi, analisis, sintesis, dan evaluasi terhadap konsep, prinsip, dan teori psikologi dan landasan pembelajaran dalam menfasilitasi belajar dan meningkatkan kinerja sesuai kawasan teknologi pendidikan.
3.MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF BERBASIS ICT (3 SKS)
Mata kuliah ini bertujuan memfasilitasi mahasiswa dalam proses pengembangan kompetensi profesional dan pedagogik berbasis pemahaman, aplikasi, analisis, sintesis, dan evaluasi paradigma pembelajaran inovatif berbasis ICT (Information, Communication, & Technology).
4.STATISTIKA DAN METODOLOGI PENELITIAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN (3 SKS)
Mata kuliah ini bertujuan memfasilitasi mahasiswa dalam pengembangan kompetensi kepribadian berbasis pemahaman dan penerapan konsep-konsep dan prinsi-prinsip statistik dan metode penelitian dalam kajian ilmu teknologi pendidikan.
5.TECHNOPRENEUR TEKNOLOGI PENDIDIKAN BERBASIS THK (3 SKS)
Mata kuliah ini bertujuan memfasilitasi mahasiswa dalam usaha pengembangan kompetensi profesional dan jiwa kewirausahawan berdasarkan paradigma teknologi pendidikan terkini berbasis THK.
6.KURIKULUM DAN DESAIN PEMBELAJARAN: TEORI DAN TERAPAN (3 SKS)
Mata kuliah ini bertujuan memfasilitasi mahasiswa dalam pengembangan kompetensi profesional berbasis pemahaman, aplikasi, analisis, dan evaluasi tentang kurikulum yang melandasi pengembangan desain pembelajaran.
7.TEORI DAN PRAKTIK PENDIDIKAN DIGITAL (3 SKS)
Mata kuliah ini bertujuan memfasilitasi pengalaman belajar bagi mahasiswa melalui strategi perkuliahan dengan tatap muka dan online learning untuk mencapai kompetensi bidang teknologi pendidikan. Mata kuliah ini mencakup pengetahuan teoritis dan untuk implementasi teori dilakukan praktik pengembangan pembelajaran jarak jauh (PJJ) dengan menggunakan learning managemen system (LMS).
8.EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN (3 SKS)
Mata kuliah ini bertujuan memfasilitasi mahasiswa dalam upaya pengembangan kompetensi profesional dalam melakukan evaluasi program pembelajaran meliputi asesmen perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasinya serta mengkreasi ide-ide baru terkait evaluasi mengikuti perkembangan yang ada.
9.PENELITIAN BERBASIS DESAIN (3 SKS)
Mata kuliah ini bertujuan memfasilitasi mahasiswa dalam pengembangan kompetensi kepribadian berbasis pemahaman dan penerapan konsep-konsep dan prinsip-prinsip Penelitian Berbasis Desain (Design-Based Research/DBR) dalam kajian teknologi pendidikan.
10.TEKNOLOGI KINERJA (3 SKS)
Mata kuliah ini bertujuan memfasilitasi mahasiswa dalam pengembangan kompetensi profesional berbasis pemahaman dan praktek tentang konsep dan prinsip teknologi kinerja melalui analisis, pengembangan, penerapan dan pengujian tentang pemberdayaan kinerja individu, kelompok kecil, dan organisasi.
11.TEORI DAN PRAKTIK MULTIMEDIA PEMBELAJARAN (3 SKS)
Mata kuliah ini bertujuan memfasilitasi mahasiswa dalam usaha pengembangan kompetensi profesional berbasis pengalaman belajar dengan mengaplikasikan teori dan praktik pembelajaran yang terpadu melalui multimedia baik yang ada di sekolah maupun di pusat-pusat layanan media komunikasi di masyarakat.
 

Hasil Pengukuran Kepuasan Mahasiswa