Program Magister Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini
Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha
Program Studi Magister Pendidikan Anak Usia Dini didirikan berdasarkan atas SK Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor 162/E/0/2022 dan telah memenuhi persyaratan minimum akreditasi.
Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini memiliki Program Educational Objectives (PEO) yang pada awal karirnya, dalam waktu satu sampai dua tahun setelah lulus, lulusan Pendidikan Anak Usia Dini akan mampu menjadi pendidik profesional, pengelola dan konsultan yang memiliki tugas mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni dalam konteks Pendidikan Anak Usia Dini melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
Dosen Pengajar
No | Nama | Pendidikan S1, S2, S3 | Kompetensi Setiap Jenjang Pendidikan | Foto |
---|---|---|---|---|
1 | Nice Maylani Asril, S.Psi., M.Psi., Ph.D. (Koordinator Program Studi) |
S2 : Universitas Gadjah Mada | Psikologi | |
S3 : Hiroshima University, Jepang | Health Science | |||
2 | Dr. Gede Wira Bayu, M.Pd. (Sekretaris Program Studi) |
S2 : Universitas Pendidikan Ganesha | Pendidikan Dasar | |
S3 : Universitas Pendidikan Ganesha | Pendidikan Dasar | |||
3 | Prof. Dr. I Wayan Widiana, S.Pd., M.Pd. | S1 : Universitas Pendidikan Ganesha | Pendidikan Fisika | |
S2 : Universitas Pendidikan Ganesha | Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan | |||
S3 : Universitas Negeri Jakarta | Penelitian dan Evaluasi Pendidikan | |||
4 | Prof. Dr. Maria Goreti Rini Kristiantari, M.Pd. | S1 : Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Sanata Dharma | Keguruan Sastra Seni Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia | |
S2 : Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Malang | Pendidikan Bahasa Indonesia Sekolah Dasar | |||
S3 : Universitas Negeri Malang | Pendidikan Bahasa dan Seni | |||
5 | Dr. Putu Aditya Antara, S.Pd., M.Pd. | S1 : Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Negeri Singaraja | Teknologi Pendidikan | |
S2 : Universitas Negeri Jakarta | Pendidikan Anak Usia Dini | |||
S3 : Universitas Negeri Jakarta | Teknologi Pendidikan | |||
6 | Dr. I Gede Astawan, S.Pd., M.Pd. | S1 : Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Negeri Singaraja | Pendidikan Fisika | |
S2 : Undiksha Singaraja | Pendidikan Dasar | |||
S3 : Universitas Negeri Yogyakarta | Ilmu Pendidikan-Pendidikan Dasar |
MOTO PROGRAM PASCASARJANA UNDIKSHA
" Bakti untuk BAKTI "
( Berkarakter, Adaptif, Kolaboratif, Terampil, Inspiratif )
Kurikulum Program Studi
- Capaian Pembelajaran (CPL)
- Bahan Kajian
- Kelompok Mata Kuliah
- Mata Kuliah Per Semester
- Deskripsi Mata Kuliah
1. CPL Sikap | |
a. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; | |
b. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; | |
c. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; | |
d. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa; | |
e. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; | |
f. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; | |
g. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara; | |
h. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; | |
i. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; | |
j. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan. | |
2. CPL Pengetahuan | |
a. Menganalisis perkembangan anak usia dini dalam berbagai studi dan riset sebagai pijakan untuk membangun ilmu dan praktik PAUD yang inovatif dan teruji. | |
b. Mengkaji pendekatan dan model kurikulum pendidikan anak usia dini sebagai upaya untuk memecahkan masalah PAUD dengan menggunakan interdisiplin dan multidisiplin. | |
c. Menganalisis pembelajaran seni dan kreativitas pada anak usia dini melalui berbagai kegiatan studi dan riset untuk menghasilkan pengetahuan ilmiah dan praktik yang inovatif dan teruji. | |
d. Menganalisis disain pembelajaran sains dan matematika pada anak usia dini melalui berbagai kegiatan studi dan riset untuk menghasilkan pengetahuan ilmiah dan praktik yang inovatif dan teruji. | |
e. Menganalisis disain pembelajaran literasi dan studi sosial pada anak usia dini melalui berbagai kegiatan studi dan riset untuk menghasilkan pengetahuan ilmiah dan praktik yang inovatif dan teruji. | |
f. Menganalisis model, pendekatan dan metode asesmen anak usia dini melalui berbagai kegiatan studi dan riset untuk menghasilkan pengetahuan ilmiah dan praktik yang inovatif dan teruji. | |
g. Mengkaji kebijakan, hukum dan perlindungan anak dalam konteks lokal, nasional dan global sebagai upaya memecahkan berbagai permasalahan serta kendala yang dihadapi anak usia dini sepanjang rentang tumbuh kembangnya. | |
h. Menguasai teori-teori tentang perencanaan, strategi, pelaksanaan dan evaluasi kegiatan pembelajaran yang berorientasi pada kecakapan hidup yang sesuai dengan nilai-nilai Tri Hita Karana. | |
i. Mengkaji riset bidang PAUD untuk pengembangan pendidikan yang inovatif. | |
j. Mengkaji metode dan teknik kuantitatif dan kualitatif sebagai alat atau sarana dalam mengolah data. | |
k. Mengkaji masalah dan isu kritis anak usia dini melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin. | |
3. CPL Keterampilan Umum | |
a. Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajiannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis atau bentuk lain yang setara, dan diunggah dalam laman perguruan tinggi, serta makalah yang telah diterbitkan di jurnal ilmiah terakreditasi atau diterima di jurnal internasional; | |
b. Mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai dengan bidang keahliannya dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya; | |
c. Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengomunikasikan melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas; | |
d. Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi objek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin; | |
e. Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian, analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data; | |
f. Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas; | |
g. Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri; dan | |
h. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. | |
4. CPL Keterampilan Khusus
Sesuai dengan deskipsi profil lulusan magister pendidikan anak usia dini dibutuhkan penguasaan keterampilan khusus sebagai berikut. | |
a. Mengkaji perkembangan anak usia dini dari berbagai studi dan riset. | |
b. Merancang kurikulum PAUD sesuai dengan kebutuhan, karakteristik dan tahapan perkembangan anak usia dini serta kebutuhan dan kekhasan lembaga PAUD. | |
c. Mengembangkan desain pembelajaran sains dan matematika pada anak usia dini sesuai dengan kebutuhan, karakteristik dan tahapan perkembangan. | |
d. Mengembangkan desain pembelajaran literasi dan studi sosial pada anak usia dini sesuai dengan kebutuhan, karakteristik dan tahapan perkembangan. | |
e. Mengembangkan desain pembelajaran seni dan kreativitas pada anak usia dini sesuai dengan kebutuhan, karakteristik dan tahapan perkembangan. | |
f. Mampu mengasesmen anak usia dini dengan menggunakan pendekatan, model dan metode yang tepat dan sesuai. | |
g. Mengelola riset dan mengembangkan manfaat riset bidang PAUD agar menghasilkan pengakuan nasional dan internasional. | |
h. Menggunakan metode dan teknik statistik sebagai alat atau sarana dalam mengolah data. | |
i. Menyelesaikan masalah dan isu kritis anak usia dini melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin. |
Lima bidang studi di Pendidikan Anak Usia Dini (Sains PAUD, Matematika PAUD, Bahasa dan Literasi PAUD, Seni PAUD, dan Studi Sosal PAUD), Hakikat pendidikan, Manajemen Pendidikan, Psikologi Perkembangan, Psikologi, Metodologi Penelitian, Statistik, Asesmen, Teori Belajar, dan Pengembangan Kurikulum
A. MATA KULIAH INTI KEILMUAN (MKIK) | |||
NO | MATA KULIAH | SKS | SEMESTER |
1. | Filsafat Ilmu Pendidikan | 2 | I |
2. | Manajemen PAUD berbasis Tri Hita Karana | 3 | I |
Jumlah SKS | 5 | ||
B. MATA KULIAH IPTEK PENDUKUNG (MKIP) | |||
NO | MATA KULIAH | SKS | SEMESTER |
1. | Metodologi Penelitian Kuantitaif dan Kualitatif | 2 | II |
2. | Statistik dalam pendidikan | 3 | I |
Jumlah SKS | 5 | ||
C. MATA KULIAH PENCIRI PRODI (MKPP) | |||
NO | MATA KULIAH | SKS | SEMESTER |
1. | Pengembangan Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini berbasis Tri Hita Karana | 3 | II |
2. | Pendidikan Bahasa dan Seni Anak Usia Dini | 3 | I |
3. | Pendidikan Matematika dan Sains Anak Usia Dini | 3 | II |
4. | Pendidikan Studi Sosial Anak Usia Dini | 2 | I |
5. | Neurosains dalam PAUD | 2 | I |
6. | Pendidikan Fisik dan Kesehatan Anak | 3 | II |
7. | Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini | 2 | II |
8. | Tesis | 8 | III / IV |
Jumlah SKS | 26 | ||
D. MATA KULIAH PILIHAN (MKP) | |||
NO | MATA KULIAH | SKS | SEMESTER |
1. | Pilihan dalam Prodi *) | ||
1. Bermain dan Permainan berbasis Tri Hita Karana | 3 | II | |
2. Pengembangan Media Pembelajaran Inovatif PAUD | |||
3. Inovasi Pembelajaran PAUD | |||
4. Pendidikan Inklusi | |||
5. Wirausaha berbasis Tri Hita Karana | |||
2. | Pilihan lintas prodi (Pilihan Mahasiswa) *) | ||
1. Kajian STEM berbasis THK | 3 | III | |
2. Landasan Ilmu Pendidikan dan Edupredeurship berperspektif THK | |||
3. Sistem Sosiokultural Perspektif THK | |||
4. Manajemen Pendidikan Berbasis THK | |||
5. Etika Bisnis dan Profesi Prespektif THK | |||
6. Komputer Masyarakat | |||
7. THK Based Bussiness Ethics | |||
8. Leadership Berbasis THK | |||
9. Asesmen Berbasis THK | |||
10. Olahraga dalam Perspektif THK | |||
11. Sastra Nusantara Digital Berspektif THK | |||
12. Technopreneur Teknologi Pembelajaran Berbasis THK | |||
13. Landasan Pendidikan, Pembelajaran, Telaah Kurikulum Berbasis THK | |||
14. Literasi Sains | |||
Jumlah SKS | 6 | ||
Keterangan: | |||
Total SKS di Luar Matrikulasi | 42 | ||
E. MATA KULIAH MATRIKULASI | |||
NO | MATA KULIAH | SKS | SEMESTER |
1. | Wawasan Kependidikan | 3 | II |
2. | Konsep Dasar PAUD | 3 | I |
3. | Perkembangan Anak Usia Dini | 3 | I |
Jumlah SKS | 9 |
SEMESTER I | ||
NO | MATA KULIAH | SKS |
1. | Filsafat Ilmu Pendidikan | 2 |
2. | Statistik dalam Pendidikan | 3 |
3. | Neurosains dalam PAUD | 2 |
4. | Pendidikan Bahasa dan Seni Anak Usia Dini | 3 |
5. | Pendidikan Studi Sosial Anak Usia Dini | 2 |
6. | Manajemen PAUD berbasis THK | 3 |
Mata Kuliah Matrikulasi | ||
7. | Konsep dasar PAUD | 3 |
8. | Perkembangan Anak Usia Dini | 3 |
Jumlah SKS | 15 / 21 |
SEMESTER II | ||
NO | MATA KULIAH | SKS |
1. | Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif | 2 |
2. | Pengembangan Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini | 3 |
3. | Pendidikan Matematika dan Sains Anak Usia Dini | 3 |
4. | Pendidikan Fisik dan Kesehatan Anak | 3 |
5. | Assesmen Pendidikan Anak Usia Dini | 2 |
6. | Mata Kuliah Pilihan dalam Prodi *) | |
a. Bermain dan Permainan berbasis Tri Hita Karana | 3 | |
b. Pengembangan Media Pembelajaran Inovatif PAUD | ||
c. Inovasi Pembelajaran PAUD | ||
d. Pendidikan Inklusi | ||
e. Wirausaha berbasis Tri Hita Karana | ||
Mata Kuliah Matrikulasi | ||
7. | Wawasan Kependidikan | 3 |
Jumlah SKS | 16 / 19 | |
*) Pilih salah satu |
SEMESTER III | |||
NO | MATA KULIAH | SKS | SEMESTER |
1. | Tesis | 8 | III - IV |
2. | Pilihan Luar Prodi (Pilihan Mahasiswa) *) | ||
a. Kajian STEM berbasis THK | 3 | III | |
b. Landasan Ilmu Pendidikan dan Edupreneurship berperspektif THK | |||
c. Sistem Sosiokultural Perspektif THK | |||
d. Manajemen Pendidikan Berbasis THK | |||
e. Etika Bisnis dan Profesi Prespektif THK | |||
f. Komputer Masyarakat | |||
g. THK Based Bussiness Ethics | |||
h. Leadership Berbasis THK | |||
i. Asesmen Berbasis THK | |||
j. Olahraga dalam Perspektif THK | |||
k. Sastra Nusantara Digital Berspektif THK | |||
l. Technopreneur Teknologi Pembelajaran Berbasis THK | |||
m. Landasan Pendidikan, Pembelajaran, Telaah Kurikulum Berbasis THK | |||
n. Literasi Sains | |||
Jumlah SKS | 11 / 8 | ||
*) Pilih salah satu |
1. | Filsafat Ilmu Pendidikan |
Mata kuliah ini mengkaji tentang perkembangan filsafat dan ilmu pengetahuan, pengertian, hubungan dan perbedaan antara pengetahuan, ilmu pengetahuan, filsafat dan filsafat ilmu pengetahuan; kedudukan filsafat ilmu pengetahuan dalam system filsafat dan ruang lingkupnya; hakikat ilmu pengetahuan/antrhopologi, epistemologi, dan aksiologi; dimensi dan struktur ilmu pengetahuan; metode keilmuan dan pengembangan ilmu pengetahuan terutama dalam kegiatan penelitian, filsafat dan kaitannya dengan profesi guru.Filsafat pendidikan yang meliputi: peran, ruang lingkup, ontologi, epistemologi, aksiologi dan aliran filsafat pendidikan. | |
2. | Manajemen PAUD Berbasis THK |
Mata kuliah ini membangun kompetensi mahasiswa terkait dengan komponen-komponen yang menjadi dasar dalam penyelenggaraan lembaga pendidikan PAUD berbasis Tri Hita Karana (THK). Dalam penyelenggaraan lembaga PAUD harus memiliki kerangka landasan yang jelas, baik dari aspek akademik, maupun kebijakan yang berbasis acuan yuridis formal, mengkaji manajemen PAUD dalam tiga ranah perspektif yakni perspektif akademik, perspektif kebijakan negara dan perspektif empirik. Ketiga perspektif tersebut akan dijadikan kerangka rujukan untuk menganalisis 9 dimensi manajemen PAUD yang berakar pada filosofi Tri Hita Karana, adapun dimensi tersebut yakni manajemen pendirian Lembaga, manajemen kurikulum, manajemen peserta didik, manajemen sumber daya manusia (PTK), manajemen pemasaran Lembaga, manajemen proses Pendidikan, manajemen sarana prasarana, manajemen output dan manajemen outcome (lulusan). | |
3. | Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif |
Matakuliah ini membahas paradigma dan epistimologi penelitian, konsep penelitian kuantitatif yang bernuansa positivistik dan kualitatif yang bernuansa post positivistik, jenis-jenis (ragam) penelitian, desain dan prosedur penelitian, pengembangan instrumen, teknik pengumpulan data, analisis dan interpretasi data hasil penelitian, penulisan draf proposal dan laporan penelitian, dan penulisan artikel pada jurnal bereputasi. | |
4. | Statistik dalam Pendidikan |
Mata kuliah ini bertujuan menyajikan dasar-dasar analisis data kuantitatif serta penerapannya dalam penelitian kuantitatif di bidang pendidikan, khususnya pendidikan anak usia dini. Topik yang disajikan dalam mata kuliah ini meliputi: teori peluang, analisis data kuantitatif (statistik), prosedur analisis data deskriptif melalui sajian dasar distribusi frekuensi, sajian visual grafik dan pictograph, pengukuran tendensi sentral, variabilitas dan dispersi; pemilihan teknik analisis, pengukuran asosiasi dan korelasi, pengukuran prediktabilitas, uji persyaratan analisis, estimasi (predictability and estimation) pengujian hipotesis, dan konsep inferensi. Juga akan diperkenalkan beberapa teknik analisis yang lazim digunakan seperti: macam-macam uji-t, korelasi, Chi Kwadrad, analisis varians dan regresi. Distribusi sampling dibicarakan dalam kaitannya dengan bahasan interval kepercayaan (confidence interval, estimated and statistical inference). Pada statistik multivariat yang dibahas adalah aspek-aspek dari multivariat, aljabar matriks acak dan vektor acak, sampel acak, distribusi normal multivariat, inferensi vektor rata-rata, Manova dan Mancova (satu jalur dan dua jalur), model regresi multivariat dan analisis jalur (path analysis), analisis faktor (analisis faktor eksploratori dan analisis faktor konfirmatori), analisis korelasi kanonik, analisis diskriminan dan analisis kelompok (kluster) Untuk penguasaan konsep analisis, mahasiswa diberi tugas-tugas latihan penerapan teknik analisis data. | |
5. | Pengembangan Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini berbasis THK |
Mata kuliah ini membangun kompetensi mahasiswa tentang membangun Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini yang berbasis Tri Hita Karana (THK). Adapun dimensi mata kuliah ini yaitu hakikat kurikulum dalam perspektif anak usia dini, prinsip dan tujuan pengembangan kurikulum PAUD, kajian lintas disiplin dalam pemahaman kurikulum PAUD, pemahaman model dan pendekatan pengembangan kurikulum PAUD, komparasi kurikulum PAUD, pengembangan implementasi kurikulum PAUD pada suatu lembaga berbasis THK, dan evaluasi kurikulum PAUD. | |
6. | Pendidikan Bahasa dan Seni AUD |
Dalam mata kuliah ini mahasiswa diperkenalkan konsep dasar pendidikan bahasa dan seni pada anak usia dini, mengeksplorasi karya seni yang dapat membantu seluruh aspek perkembangan anak usia dini, serta perancangan kegiatan belajar di pendidikan anak usia dini berbasis bahasa dan seni secara terpadu. | |
7. | Pendidikan Matematika dan Sains Anak Usia Dini |
Mata kuliah ini mengkaji tentang hakikat sains dan matematika, sains dan matematika dalam perspektif pada anak usia dini, analisis sains dan matematika dalam PAUD, strategi pembelajaran sains dan matematika anak usia dini, pengembangan desain pembelajaran tematik pada pembelajaran sains dan matematika anak usia dini, pengembangan media pembelajaran sains dan matematika anak usia dini. | |
8. | Pendidikan Studi Sosial AUD |
Mata kuliah ini mengkaji tentang hakekat dan karakteristik Pendidikan studi sosial, Tujuan studi sosial, Konsep studi sosial di Indonesia, konten/materi studi sosial pada AUD, pembelajaran studi sosial sebagai pendidikan nilai pada AUD, paradigma pengajaran dan pembelajaran studi sosial, keterampilan sosial anak TK, karakteristik keterampilan sosial serta faktor-faktor yang mempengaruhinya, melatihkan keterampilan sosial bagi AUD, lingkungan sekitar sebagai media dan sumber belajar bagi AUD, proses pembentukan keterampilan sosial anak usia dini, pengukuran perilaku sosial AUD, serta perancangan kegiatan belajar di pendidikan anak usia dini berbasis bahasa dan seni secara terpadu. | |
9. | Neurosains dalam PAUD |
Mata Kuliah ini membahas tentang penerapan ilmu tentang otak (neurosains) dalam bidang pendidikan khususnya penerapan dalam pembelajaran untuk anak usia dini. Mahasiswa diharapkan dapat memahami pembelajaran yang tepat untuk anak usia dini berbasis neurosains, sehingga dapat merancang kegiatan pengembangan sesuai dengan prinsip kerja otak. | |
10. | Pendidikan Fisik dan Kesehatan AUD |
Mata kuliah ini mengkaji ontologi (Siapa anak usia dini, karakteristiknya, memahami aktivitas fisik, dan kondisi kesehatan yang ingin dicapai melalui pendidikan fisik). Selanjutnya, mata kuliah pendidikan ini mengkaji mengenai konsep dasar pendidikan fisik dan kesehatan sebagai sarana mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan AUD, mengkaji karakteristik pertumbuhan dan perkembangan fisik AUD, menyusun program aktivitas fisik dan promosi kesehatan untuk AUD, mengaplikasikan aktivitas fisik dan prevensi masalah kesehatan pada AUD, serta mampu melakukan evaluasi aktivitas fisik dan prevensi masalah kesehatan AUD. | |
11. | Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini |
Mata kuliah ini bertujuan memfasilitasi mahasiswa dalam pengembangan kompetensi kepribadian berbasis pemahaman dan penerapan asesmen dan evaluasi pendidikan dalam kajian Pendidikan Anak Usia Dini. Topik-topik perkuliahan mencakup: (1) konsep dasar tes, pengukuran, penilaian, serta evaluasi; (2) instrumen tes dan non tes; (3) validitas instrumen tes dan non tes; (4) reliabilitas instrument tes dan non tes; (5) teori tes klasik dan modern; (6) ruang lingkup, jenis dan langkah-langkah pengembangan alat penilaian; (7) tipe model evaluasi; (8) modifikasi model evaluasi yang digunakan dalam kajian pendidikan anak usia dini; (9) Teori dan aplikasi evaluasi program pendidikan anak usia dini. | |
12. | Tesis |
Mata kuliah ini mengintegrasikan berbagai teori dan praktek yang telah diperoleh pada semester sebelumnya. Mata kuliah tesis ini meliputi hal-hal sebagai berikut. (1) mencari dan merumuskan topi/judul penelitian sesuai pilihan minat, (2) menyusun proposal tesis yang mencakup: latar belakang masalah, identifikasi masalah, pembatasan masalah, perumusan masalah, tujuan penelitian, manfaat hasil penelitian, kajian teori/pustaka, kajian hasil hasil penelitian yang elevan, kerangka berpikir, hipotesis, metode penelitian, (3) menyiapkan proposal dan perangkat pendukung pembelajaran untuk pelaksanaan seminar proposal tesis, (4) penyusunan tesis dengan memanfaatkan metodologi penelitian kuantitatif maupun kualitatif dengan cakupan: (a) Pendahuluan yang meliputi: latar belakang masalah, identifikasi masalah, pembatasan masalah, perumusan masalah, tujuan penelitian, dan manfaat hasil penelitian, (b) kajian teori/pustaka yang mencakup: deskripsi teoretis, kajian hasil hasil penelitian yang elevan, kerangka berpikir, dan hipotesis, (c) metode penelitian yang mencakup: tempat dan waktu peneitian, jenis penelitian, desain rancangan penelitian, variabel dan definisi operasional variabel penelitian, (d) hasil penelitian, interprestasi dan pembahasan, (e) menarik kesimpulan hasil penelitian yang dapat dipertanggungjawabkan secara akademik atau keilmuan. | |
13. | Bermain dan Permainan berbasis THK |
Mata Kuliah ini bermaksud membekali mahasiswa terkait pengembangan bermain dan permainan pada anak usia dini berbasis Tri Hita Karana (THK). Adapun materi dalam mata kuliah ini yakni Bermain dalam Perspektif Klasik, Bermain dalam Perspektif Kontemporer, Manfaat dan Nilai yang Terkandung dalam Bermain, Tahapan Bermain, Bentuk Permainan, Bermain dan permainan pada anak berkebutuhan khusus, Evaluasi Permainan, Permainan Tradisional, Kecerdasan Majemuk dalam Permainan, Bermain dengan Gerak dan Lagu, Teknologi dan Permainan, Implementasi Program Bermain dan Permainan pada anak berbasis Tri Hita Karana. | |
14. | Pengembangan Media Pembelajaran Inovatif PAUD |
Mata kuliah ini bertujuan memfasilitasi mahasiswa dalam memahami teori dan praksis media pembelajaran. Materi yang dikaji meliputi konsepsi media pembelajaran, peranan media pembelajaran bagi anak usia dini, klasifikasi media pembelajaran, media pembelajaran ramah anak, media pembelajaran untuk anak usia dini. | |
15. | Inovasi Pembelajaran PAUD |
Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengalaman dan meningkatkan wawasan mahasiswa terkait pengintegrasian berbagai model pendekatan dan strategi pembelajaran di PAUD, baik yang bersifat korelated maupun integrated dalam konteks PAUD. Serta mengkaji berbagai bentuk pengukuran terhadap hasil belajar maupun proses belajar peserta didik. Bentuk tes kognitif dan non kognitif, serta bentuk tes dikotomi dan politomi dibahas secara mendalam. | |
16. | Pendidikan Inklusi |
Dalam mata kuliah ini dibahas konsep pendidikan inklusif mencangkup; pengertian pendidikan inklusi; penyelenggaraan, perancangan kurikulum, perancangan kegiatan pembelajaran,aplikasi prinsip-prinsip pembelajaran, manajemen sekolah, sarana dan prasarana, kriteria sekolah penyelenggaraan pendidikan inklusi: mekanisme, pembinaan dan monitoring pendidikan inklusif di Indonesia. | |
17. | Wirausaha berbasis THK |
Matakuliah ini bertujuan mengajarkan pada mahasiswa tentang bagaimana berbisnis yang baik sehingga mampu merancang bisnis yang dapat memberikan keuntungan bagi diri sendiri maupun mampu memberikan pekerjaan bagi orang lain. Dalam merancang atau melatih berbisnis tersebut, dimasukkan nilai-nilai kearifan lokan Bali yaitu Tri Hita Karana sehingga akan dilahirkan pebisnis yang menjunjung tinggi nilai-nilai agama, saling menghormati, dan bisnis yang tidak merusak lingkungan. | |
18. | Wawasan Kependidikan |
Mata kuliah ini mengkaji tentang ilmu pendidikan; spektrum ilmu pendidikan, pengertian dan unsur-unsur pendidikan; pendidikan klasik dan modern, landasan dan asas-asas pendidikan dan penerapannya; fungsi, jenis dan lingkungan pendidikan; aliran-aliran pendidikan; problematikan pendidikan di Indonesia; sistem pendidikan nasional; kompetensi, sertifikasi, dan pendidikan profesi guru. | |
19. | Konsep dasar AUD |
Dalam mata kuliah ini akan membahas tentang garis besar PAUD, hakikat, pengertian, fungsi, sejarah, teori-teori, perkembangan anak usia dini, hakikat belajar anak usia dini, pembelajaran anak usia dini, kelembagaan, asesmen dalam PAUD model-model pembelajaran, lingkungan belajar, problem pengembangan AUD. | |
20. | Perkembangan AUD |
Mata kuliah ini berisi telaah hakekat perkembangan anak usia dini yang mencakup: pengertian, tujuan, fungsi dan prinsip pengembangan AUD, lingkup pendidikan usia dini berdasarkan pendekatan, aspek-aspek dan karakteristik perkembangan AUD, pendekatan kebijakan dan pendekatan analisis teori model-model penyelenggaraan pengembangan AUD lintas departemen, telaah konsep pengembangan AUD secara terpadu. |
PENGUMUMAN TERKINI
KONTAK KAMI
- Jalan Udayana No.11 Singaraja