Program Doktor Program Studi Teknologi Pendidikan
Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha
Visi Keilmuan :
Mengembangkan Teknologi Pendidikan Berbasis Digital Yang Unggul berlandaskan Falsafah Tri Hita Karana di Asia Tahun 2045
Misi :
- Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang inovatif, humanis dan menyenangkan yang berlandaskan pada Tri Hita Karana.
- Mengembangkan penelitian dalam bidang teknologi pendidikan berbasis digital pada kajian teori dan praktik mencakup ranah creating, implementing, managing dan evaluating proses dan sumber belajar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
- Meningkatkan pengabdian kepada masyarakat utamanya dalam bidang desiminasi inovasi teknologi pendidikan berbasis digital, serta peningkatan kinerja sumber daya manusia.
- Membangun kultur organisasi yang sehat dalam meningkatkan pengelolaan prodi yang kondusif, kerjasama dan kemitraan, serta meningkatkan mutu secara berkelanjutan.
Dosen Pengajar
No | Nama | Pendidikan S1, S2, S3 | Kompetensi Setiap Jenjang Pendidikan | Foto |
---|---|---|---|---|
1 | Prof. Dr. Ni Nyoman Parwati, M.Pd. (Koordinator Program Studi) |
S1 : Universitas Udayana | Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam | |
S2 : IKIP Malang | Pendidikan Matematika | |||
S3 : Universitas Negeri Malang | Teknologi Pembelajaran | |||
2 | Dr. I Gde Wawan Sudatha, S.Pd., S.T., M.Pd. (Sekretaris Program Studi) |
S1 : Universitas Negeri Yogyakarta | Pendidikan Administrasi Perkantoran | |
S1 : Universitas Pembangunan Nasional Veteran | Teknik Kimia | |||
S2 : Universitas Negeri Yogyakarta | Teknologi Pembelajaran | |||
S3 : Universitas Negeri Malang | Teknologi Pembelajaran | |||
3 | Prof. Dr. I Wayan Santyasa, M.Si. | S1 : Universitas Udayana | Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam | |
S2 : Universitas Gajah Mada | Fisika | |||
S3 : Universitas Negeri Malang | Teknologi Pembelajaran | |||
4 | Prof. Dr. Ketut Agustini, S.Si., M.Si. | S1 : Universitas Airlangga | Matematika | |
S2 : Institut Pertanian Bogor | Ilmu Komputer | |||
S3 : Universitas Negeri Jakarta | Teknologi Pendidikan | |||
5 | Prof. Dr. I Made Tegeh, S.Pd., M.Pd. | S1 : STKIP Negeri Singaraja | Teknologi Pendidikan | |
S2 : Universitas Negeri Malang | Teknologi Pembelajaran | |||
S3 : Universitas Negeri Malang | Teknologi Pembelajaran | |||
6 | Prof. Dr. Gede Rasben Dantes, S.T., M.T.I. | S1 : Institut Teknologi Bandung | Teknik Informatika | |
S2 : Universitas Indonesia | Teknologi Informasi | |||
S3 : UI Jakarta | Teknik Informatika | |||
7 | Prof.Dr. Ir. Dewa Gede Hendra Divayana, S.Kom., M.Kom., IPM., ASEAN.Eng. | S1 : STMIK Asia Malang | Teknik Informatika | |
S2 : STMIK Eresha | Teknik Informatika | |||
S3 : Universitas Negeri Jakarta | Penelitian dan Evaluasi Pendidikan |
MOTO PASCASARJANA UNDIKSHA
" Bakti untuk BAKTI "
( Berkarakter, Adaptif, Kolaboratif, Terampil, Inspiratif )
Kurikulum Program Studi
a. Pemimpin pendidikan berbasis digital.
b. Pendidik bidang Teknologi Pendidikan berbasis digital.
c. Peneliti bidang Teknologi Pendidikan berbasis digital.
d. Tenaga Fungsional Pengembang Teknologi Pendidikan berbasis digital.
1. Aspek Sikap
Menunjukkan integritas tinggi dalam lingkup kehidupan sosial dan profesional dengan mengedepankan nilai-nilai luhur keharmonisan sesuai dengan falsafah Tri Hita Karana. Aspek sikap secara khusus dapat dirinci sebagai berikut. | |
a. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; | |
b. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; | |
c. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; | |
d. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa; | |
e. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; | |
f. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; | |
g. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara; | |
h. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; | |
i. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; | |
j. Menginternalisasi semangat inovatif, kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan; dan | |
k. Menunjukkan integritas tinggi dalam lingkup kehidupan sosial dan profesional dengan megedepankan nilai-nilai luhur keharmonisan sesuai dengan falsafah Tri Hita Karana. | |
2. Aspek Pengetahuan
(1) Memiliki kemampuan pengembangan konsep dan prinsip untuk memecahkan
permasalahan sains, teknologi, dan atau seni di dalam bidang teknologi pendidikan berbasis digital melalui pendekatan inter, multi, dan transdisipliner. | |
a. Memiliki kemampuan pengembangan konsep dan prinsip untuk memecahkan permasalahan sains, teknologi, dan atau seni di dalam bidang teknologi pendidikan berbasis digital melalui pendekatan inter, multi, dan transdisipliner. | |
b. Memiliki kemampuan mengelola, memimpin, dan mengembangkan riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi ilmu pengetahuan dan kemaslahatan umat manusia, serta mampu mendapat pengakuan nasional dan internasional berdasarkan konsep dan prinsip pendidikan berbasis digital. | |
c. Mimiliki kemampuan mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan atau seni baru di dalam bidang keilmuannya atau praktek profesionalnya melalui riset, hingga menghasilkan karya kreatif, original, dan teruji. | |
d. Memiliki kemampuan pengembangan teori dan terapan dalam memfasilitasi dan membina lembaga pendidikan dan tenaga kependidikan berbasis Teknologi Pendidikan berbasis Digital. | |
e. Memiliki kemampuan analisis landasan filosofis, sosiologis, psikologis, dan teknologis dalam pengembangan kajian-kajian Teknologi Pendidikan berbasis Digital. | |
f. Memiliki potensi menumbuhkembangkan regulasi diri, kolaborasi, dan belajar bagaimana belajar sepanjang hayat. | |
g. Memiliki kemampuan komunikasi yang efektif berbasis etika akademik yang benar dan bertanggung jawab yang dimediasi secara digital kepada masyarakat. | |
3. Aspek Keterampilan Umum
Mampu mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi dan teruji melalui penelitian ilmiah, sesuai dengan bidang keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk karya ilmiah. Aspek keterampilan umum dapat dirinci lagi sebagai berikut. | |
a. Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, original, kreatif, dan teruji melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk disertasi atau bentuk lain yang setara, dan diunggah dalam laman perguruan tinggi, serta makalah yang telah diterbitkan di jurnal ilmiah terakreditasi atau diterima di jurnal internasional; | |
b. Mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai dengan bidang keahliannya dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya serta mampu mendapatkan pengakuan nasional dan internasional; | |
c. Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas; | |
d. Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi objek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin, multidisiplin, dan transdisipliner; | |
e. Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data yang bermanfaat bagi kemaslahatan umat manusia; | |
f. Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas; | |
g. Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri; dan | |
h. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. | |
4. Aspek Keterampilan Khusus
Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, original, kreatif, dan teruji dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni yang relevan dengan kajian Teknologi Pendidikan berbasis Digital melalui perancangan, pengembangan, penerapan, pengelolaan, dan penilaian berdasarkan kaidah-kaidah ilmiah berbasis THK dalam menghasilkan produk disertasi serta artikel yang diterbitkan di jurnal ilmiah bereputasi. Aspek keterampilan khusus, dapat dijabarkan secara lebih khusus sebagai berikut. | |
a. Mampu mengembangankan produk-produk Teknologi Pendidikan berbasis Digital yang dapat menunjang keberlangsungan pendidikan di berbagai jenjang pendidikan, serta mampu mendapatkan pengakuan nasional dan internasional. | |
b. Mampu menganalisis konsep dan prinsip Teknologi Pendidikan berbasis Digital yang relevan dengan kebutuhan pendidikan kekinian. | |
c. Mampu menganalisis teori dan praktik perancangan, pengembangan, penerapan, pengelolaan, dan penilaian proses dan sumber belajar, dalam teknologi pendidikan berbasis digital. | |
d. Mampu mengevaluasi keunggulan teori dan terapan Teknologi Pendidikan berbasis Digital dalam rangka menciptakan keunggulan-keunggulan baru Teknologi Pendidikan berbasis Digital. | |
e. Mampu menerapkan teknologi informasi berbasis model -model pembelajaran inovatif. | |
f. Mampu membangun jaringan kerja sama kemitraan dengan sejawat secara individu, komunitas, asosiasi profesi, dan kelembagaan dalam rangka pengembangan pendidikan. | |
g. Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, original, kreatif, dan teruji dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni yang relevan dengan kajian Teknologi Pendidikan berbasis Digital melalui perancangan, pengembangan, penerapan, pengelolaan, dan penilaian berdasarkan kaidah-kaidah ilmiah berbasis etika keilmuan dalam menghasilkan produk disertasi. | |
h. Mampu menganalisis permasalahan dan pemecahannya dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni berdasarkan penelitian pengembangan, tindakan ilmiah, eksperimen, dan evaluatif bernuansa Teknologi Pendidikan. | |
i. Mampu mengembangkan jiwa kewirausahawan yang memiliki kreativitas, kepedulian dan komitmen terhadap penciptaan Teknologi Pendidikan berbasis Digital, dalam rangka pemecahan aneka masalah belajar yang bermanfaat bagi kemaslahatan umat manusia. |
I. MATA KULIAH INTI KEILMUAN | |||
NO | MATA KULIAH | SKS | SEMESTER |
1. | Teori dan Model dalam Teknologi Pendidikan berbasis Digital (Theory and Model in Digital Based Educational Technology) | 3 | I |
Jumlah SKS | 3 | ||
II. MATA KULIAH IPTEK PENDUKUNG | |||
NO | MATA KULIAH | SKS | SEMESTER |
1. | Analisis Kritis Problematik dalam Teknologi Pendidikan berbasis Digital (Critical Analysis of Problem in Digital-based Educational Technology) | 4 | I |
2. | Analisis Kritis Teoritikal dalam Teknologi Pendidikan berbasis Digital (Critical Analysis of Theoretical in Digital-based Educational Technology) | 4 | I |
3. | Analisis Kritis Metodologi dalam Teknologi Pendidikan berbasis Digital (Critical Analysis of Methodology in Digital-based Educational Technology) | 4 | II |
4. | Desain Penelitian dan Analisis Data (Research Design and Data Analysis) | 4 | I |
5. | Seminar | 2 | II |
6. | Penelitian pendahuluan (Preliminary Research) | 3 | II |
7. | Disertasi: | 12 | III |
Jumlah SKS | 33 | ||
III. MATA KULIAH PENCIRI PRODI | |||
NO | MATA KULIAH | SKS | SEMESTER |
1. | Kewirausahaan dan Kepemimpinan Pendidikan berbasis Tri Hita Karana (Tri Hita Karana-based Technopreneour and Digital Leadership) | 3 | II |
Jumlah SKS | 3 | ||
IV. MATA KULIAH PILIHAN | |||
NO | MATA KULIAH | SKS | SEMESTER |
Pilihan dalam prodi * | |||
1. | Informasi, media, ICT/Komputer, dan Literasi Digital (Information, media, ICT/Computer, and Digital Literate) | 3 | I |
2. | Manajemen Pengetahuan dalam Teknologi Pendidikan berbasis Digital (Knowledge Management in Digital-Based Educational Technology) | 3 | I |
3. | Penelitian berbasis Desain dalam Teknologi Pendidikan berbasis Digital (Design-Based Research in Digital-Based Educational Technology) | 3 | I |
4. | Komputer Masyarakat (Community Computer) | 3 | II |
5. | Interaksi manusia dan komputer (Human Computer Interaction) | 3 | II |
Jumlah SKS | 6 | ||
Keterangan: | |||
V. MATA KULIAH "PERSPEKTIF THK" LINTAS PRODI ** | |||
NO | MATA KULIAH | SKS | SEMESTER |
1. | Pendidikan Humanis Berbasis Budaya Tri Hita Karana | 3 | III |
2. | Etnopedagogik Lanjut Berperspektif THK | ||
3. | Etno Pedagogik dan Tri Hita Karana | ||
4. | Academic Writing for International Publication | ||
5. | Kewirausahaan dan Kepemimpinan Pendidikan berbasis Tri Hita Karana | ||
Jumlah SKS | 3 | ||
Keterangan: | |||
Total SKS | 48 |
MATA KULIAH MATRIKULASI | |||
NO | MATA KULIAH | SKS | SEMESTER |
1. | Educational Technology | 3 | I |
2. | Educational Psychology | 3 | I |
3. | Educational Media: Design and Production | 3 | II |
4. | Learning Design: Theory and Application | 3 | II |
Sub Total SKS | 12 |
PENGUMUMAN TERKINI
KONTAK KAMI
- Jalan Udayana No.11 Singaraja