parallax background

Magister Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Universitas Pendidikan Ganesha

Visi :

Mengkaji, dan mengembangkan keilmuan di bidang Penelitian dan Evaluasi Pendidikan berlandaskan falsafah Tri Hita Karana

Misi :

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran dalam suasana akademik dan edukatif yang kondusif berdasarkan prosedur yang bersifat rasional, baku, dan berazaskan prinsip akuntabilitas untuk menghasilkan tenaga ahli dalam bidang penelitian dan evaluasi pendidikan berbasis Tri Hita Karana.
  2. Mengembangkan gagasan-gagasan baru di bidang penelitian dan evaluasi pendidikan berdasarkan falsafah Tri Hita Karana, sebagai sumbangsih bagi dunia keilmuan/pendidikan.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang kompetitif, kolaboratif, akomodatif, dan inovatif melalui pelatihan, penataran, seminar, dan lokakarya untuk membantu masyarakat terutama lembaga pendidikan dalam bidang penelitian dan evaluasi berbasis Tri Hita Karana.
  4. Menyelenggarakan kerjasama baik dengan pemerintah, lembaga swasta dan perguruan tinggi dalam dan luar negeri yang berkontribusi pada penguatan kualitas di bidang Penelitian dan Evaluasi Pendidikan.

Tujuan :

  1. Menghasilkan lulusan (magister) yang memiliki kompetensi tentang metodologi penelitian (Kuantitatif dan Kualitatif).
  2. Menghasilkan lulusan (magister) yang memiliki kompetensi tentang perancanagan instrument dan menganalisisnya, dengan menerapkan computer (digital).
  3. Mengasilkan lulusan (magister) yang memiliki kompetensi dalam mengembangkan dan menerapkan model-model evaluasi program dalam kontek mikro dan makro.
  4. Mengasilkan lulusan (magister) yang memiliki kompetensi tentang penelitian dan pengembangan keilmuan dalam bidang penelitian dan evaluasi.
  5. Mengasilkan lulusan (magister) yang memiliki kompetensi tentang pengabdian kepada masyarakat yang bermanfaat bagi masyarakat umum dan masyarakat akademik.
  6. Mengasilkan lulusan (magister) yang memiliki kompetensi tentang Kerjasama, baik dengan pemerintah, lembaga swasta dan perguruan tinggi dalam dan luar negeri.

Kurikulum Program Studi

Akademisi Bidang Metodologi Penelitian, Statistik Terapan, dan Asesmen yakni akni dosen yang mempunyai keahlian dan keterampilan mengajar dalam bidang tersebut pada prodi yang memerlukan.

Peneliti Bidang Pendidikan yakni peneliti yang mempunyai keahlian dalam bidang penelitian pendidikan.

Tenaga Ahli atau konsultan bidang Penelitian, dan Asesmen yakni tenaga ahli yang mempunyai keahlian dalam analisis data dan pengembangan instrumen, baik untuk bekerja di instansi maupun membuka usaha sendiri.

CPL Sikap :

S1.

Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.

S2.

Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika.

S3.

Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.

S4.

Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.

S5.

Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.

S6.

Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

S7.

Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri dan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik

S8.

Menunjukkan integritas tinggi dalam lingkup kehidupan sosial dan profesional dengan megedepankan nilai-nilai luhur keharmonisan sesuai dengan falsafah Tri Hita Karana.

CPL Pengetahuan :

P1.

Menguasai teori pedagogi, andragogi dan konsep pengetahuan dalam bidang studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan yang sesuai dengan lingkup tugasnya.

P2.

Menguasai isu terkini tentang pengetahuan dalam bidang studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan yang sesuai dengan lingkup tugasnya dan penerapan teori disiplin lain yang relevan.

P3.

Menguasai isu terkini terkait dengan kebijakan pendidikan dan implementasinya.

CPL Keterampilan Umum :

KU1.

Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahlian Pendidikan dasar, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah Dalam bentuk tesis atau bentuk lain yang setara, dan diunggah dalam laman perguruan tinggi, serta makalah yang telah diterbitkan di jurnal ilmiah terakreditasi atau diterima di jurnal internasional.

KU2.

Mampu melakukan validasi akademik atau kajian pendidikan dasar dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahlian pendidikan dasar.

KU3.

Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argument saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas.

KU4.

Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan Pendidikan dasar yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin.

KU5.

Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data.

KU6.

Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam Lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas.

KU7.

Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri.

KU8.

Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

CPL Keterampilan Khusus :

KK1.

Mampu mengkaji berbagai konsep pengetahuan dalam bidang studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan yang sesuai dengan lingkup tugasnya untuk mengembangkan penyelenggaraan pendidikan yang lebih efektif melalui pendekatan inter dan multidisipliner.

KK2.

Mampu melakukan kajian terhadap kebijakan atau implementasi kebijakan di bidang pendidikan melalui pendekatan interdisipliner dan multidisipliner.

KK3.

Mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian untuk menjamin kesahihan dan menghindarkan plagiasi.

KK4.

Meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri.

KK5.

Mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan inter atau multi disipliner.

KK6.

Mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi atau seni berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data.

KK7.

Mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas.

 

Dosen Pengajar

No.Nama DosenPendidikan Akademik S1, S2, S3
1.

Prof. Dr. Desak Putu Parmiti, M.S.
(Koordinator Program Studi)

  • S1 PLS FKIP UNUD
  • S2 Kependudukan UGM
  • S3 PEP UNJ
2.

Dr. I Gede Ratnaya, M.Pd.
(Sekretaris Program Studi)

  • S1 Teknik Elektro UNUD
  • S2 PEP Undiksha
  • S3 PEP UNJ
3.

Prof. Dr. Ir. Dewa Gede Hendra Divayana, S.Kom., M.Kom., IPM., ASEAN.Eng.

  • S1 TI STMIK Malang
  • S2 TI STMIK Jakarta
  • S3 PEP UNJ
4.

Prof. Dr. I Wayan Widiana, S.Pd., M.Pd.

  • S1 Pendidikan Fisika Undiksha
  • S2 PEP Undiksha
  • S3 PEP UNJ
5.

Prof. Dr. I Gusti Lanang Agung Parwata, S.Pd., M.Kes.

  • S1 Penjaskes FKIP UNUD
  • S2 Ilmu Kesehatan Olahraga UNAIR
  • S3 PEP UNJ

Visi :

Menjadi prodi unggul di bidang penelitian dan evaluasi berdasarkan falsafah Tri Hita Karana di Asia tahun 2045

Misi :

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran dalam suasana akademik dan edukatif yang kondusif berdasarkan prosedur yang bersifat rasional, baku, dan berazaskan prinsip akuntabilitas untuk menghasilkan tenaga ahli dalam bidang penelitian dan evaluasi pendidikan.
  2. Mengembangkan gagasan-gagasan baru di bidang penelitian dan evaluasi pendidikan berdasarkan falsafah Tri Hita Karana, sebagai sumbangsih bagi dunia keilmuan/pendidikan.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang kompetitif, kolaboratif, akomodatif, dan inovatif melalui pelatihan, penataran, seminar, dan lokakarya untuk membantu masyarakat terutama lembaga pendidikan dalam bidang penelitian dan evaluasi.

Tujuan :

  1. Menguasai konsep dan penerapan metodologi penelitian baik kuantitatif maupun kualitatif dalam penelitian pendidikan,
  2. Merancang dan mengembangkan instrumen evaluasi yang baku,
  3. Menerapkan berbagai paket program komputer untuk keperluan analisis instrumen,
  4. Menerapkan dan mengembangkan model-model evaluasi program dan melaksanakan kegiatan evaluasi dengan prosedur baku baik pada konteks makro maupun mikro,
  5. Menghasilkan penelitian dan karya ilmiah yang bermanfaat bagi pengembangan keilmuan dalam bidang penelitian dan evaluasi sebagai landasan penerapan ilmu penelitian dan evaluasi pendidikan,
  6. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang bermanfaat bagi masyarakat umum dan masyarakat akademik, dan
  7. Secara keseluruhan dapat meningkatkan pelayanan profesi penelitian dan evaluasi pendidikan dengan jalan penelitian dan pengembangan dengan berdasarkan falsafah tri hita karana.

Staf :

KETUA PROGRAM STUDI

Dr. Ni Ketut Widiartini, S.Pd., M.Pd.

SEKRETARIS PROGRAM STUDI

Dr. Ni Made Sri Mertasari, M.Pd.

STAF DOSEN PROGRAM STUDI PENELITIAN DAN EVALUASI PENDIDIKAN
      1. Prof. Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd.
      2. Prof.Dr. I Made Candiasa, M.I.Kom.
      3. Dr. Desak Putu Parmiti, M.S.
      4. Dr. Dewa Gede Hendra Divayana, S.Kom., M.Kom.
      5. Dr. I Gede Ratnaya, S.T., M.Pd.
      6. Dr. I Gede Sudirtha, S.Pd., M.Pd.
      7. Dr. I Gusti Lanang Agung Parwata, S.Pd., M.Kes.
      8. Dr. I Gusti Ngurah Pujawan, M.Kes.
      9. Dr. I Made Sugiarta, M.Si.
      10. Dr. I Wayan Artanayasa, S.Pd., M.Pd.
      11. Dr. Komang Setemen, S.Si., M.T.
      12. Dr. Ni Ketut Widiartini, S.Pd., M.Pd.
      13. Dr. Ni Made Sri Mertasari, M.Pd.

Kurikulum :

Kurikulum Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (PEP) telah termuat pada buku Kurikulum Merdeka Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha tahun 2021.

Buku tersebut dapat di unduh di bawah ini.

Kurikulum Merdeka Pascasarjana Undiksha Tahun 2021