Prodi S2 TP Undiksha ingin mewujudkan profil lulusan (1) sebagai teknolog pembelajaran, dan (2) peneliti di bidang teknologi pembelajaran. Sebagai teknolog pembelajaran lulusan diharapkan mampu menguasai pengetahuan, keterampilan, dan praktek etik dalam mengembangkan (creating), menggunakan (using), dan mengelola (managing) proses dan sumber teknologi yang tepat untuk memfasilitasi belajar dan meningkatkan unjuk kerja, serta mampu berkolaborasi dalam suatu komunitas profesional dalam merancang, melaksanakan, mengelola, mengevaluasi  pembelajaran/pelatihan  untuk memecahkan permasalahan kualitas sumber daya manusia serta  meningkatkan kinerja di suatu lembaga pendidikan, pelatihan, dan perusahaan. Sebagai peneliti, lulusan diharapkan mampu menginovasi proses dan sumber belajar  sesuai dengan arah inovasi dalam bidang pembelajaran dan kemajuan  teknologi serta mempublikasikannya dalam forum/jurnal berkala ilmiah.

Untuk mewujudkan  profil lulusan di atas, kompetensi-kompetensi yang dimiliki lulusan serta kemampuan kinerja apa yang diprioritaskan dikaji dengan cermat dengan mengadaptasi AECT standards.

Kompetensi Utama:

  • Mampu menunjukkan pengetahuan yang diperlukan untuk menciptakan, menggunakan, menilai, dan mengelola teori dan praktek teknologi pembelajaran dan proses-proses pembelajaran
  • Mampu mengembangkan diri sebagai praktisi yang handal dalam menerapkan proses dan sumber belajar berbasis teknologi sesuai karakteristik konten dan pedagogi masa kini
  • Mampu memfasilitasi belajar dengan menciptakan, menggunakan, mengevaluasi, dan mengelola lingkungan belajar secara efektif
  • Mampu merancang, mengembangkan, mengimplementasikan, dan mengevaluasi lingkungan belajar yang kaya teknologi dalam suatu komunitas praktisi pendidikan/pembelajaran
  • Mampu mengeksplorasi, mengevaluasi, mensintesis, dan menerapkan metode inkuiri untuk meningkatkan kualitas belajar dan kinerja

Kompetensi Pendukung:

  • Memiliki pengetahuan tentang kurikulum nasional dan mampu menelaah dan mengembangkan kurikulum sesuai dengan bidang ilmunya di S1.
  • Memiliki pengetahuan tentang spesific subject pedagogi sesuai dengan bidang ilmu S1 mahasiswa
  • Mampu mengeksplorasi, mengevaluasi, mensintesis, dan menerapkan metode inkuiri untuk meningkatkan kualitas belajar dan kinerja
  • Memiliki keterampilan dalam menganalisis data secara kuantitatif
  • Memiliki pengetahuan dan keterampilan berkomunikasi secara efektif

Kompetensi Lainnya:

  • Memiliki keyakinan dan ketaqwaan sesuai dengan ajaran agamanya
  • Memiliki etos kerja dan kemandirian yang tinggi
  • Memiliki wawasan dan kesadaran dalam bermasyarakat dan bernegara