Page 108 - Kurikulum Merdeka Pascasarjana 2021
P. 108
16) Praktik Konseling Anak Berbakat dan Berkebutuhan Khusus (Pilihan 3 sks)
Membahas tentang rancangan program dan implementasi upaya bantuan
bimbingan, konseling serta konsultasi bagi anak-anak dengan bakat istimewa
serta berkebutuhan khusus dalam mengembangkan pribadi, hubungan
sosial, kemampuan akademik serta kehidupan dan karier
17) Dasar-dasar Bimbingan Konseling (2 sks)
Membahas konsep dasar bimbingan dan konseling, kedudukan bimbingan
dan konseling dalam sistem pendidikan di Indonesia, hakikat, fungsi, tujuan,
prinsip, azas-azas, jenis bimbingan di sekolah, serta layanan bimbingan dan
konseling
18) Profesi Pendidikan (2 sks)
Membahas ruang lingkup profesi kependidikan, pengertian dan syarat
profesi keguruan, kode etik dan organisasi profesi keguruan, syarat-syarat
menjadi guru yang profesional, pengembangan sikap profesional guru dan
permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh guru
19) Mikro Konseling (2 sks)
Memberikan pengalaman belajar mengenai pengetahuan dasar
keterampilan-keterampilan konseling secara teoritis dan praktis dari yang
meliputi keterampilan Confronting, Elaborating, Empathy, Immediacy,
Non-verbal encouragement, Open Questioning, Paraphrasing, Problem-
solving, Reflecting, Respect, Summarizing. Selain keterampilan kunci yang
disampaikan, pengembangan kompetensi diri untuk dapat menerapkannya
untuk membantu orang lain
20) Teori-teori Kepribadian (2 sks)
mencapai kompetensi penguasaan substansi konsep-kosep teori-teori
kepribadian dari pengertian, faktor-faktor, sejarah, jenis-jenis tipologi
kepribadian, proses pembentukan struktur dan dinamika kepribadian,
kepribadian sehat, pengukuran kepribadian dan pengembangan
kepribadian. Selanjutnya berlatih menerapkan konsep-konsep keilmuan
dalam upaya membantu mengembangkan kepribadian individu yang sehat.
Penguasaan kompetensi mahasiswa dinilai melalui evaluasi proses dan
evaluasi produk, melalui tes tertulis, portofolio, unjuk kerja, dan proyek
21) Evaluasi Supervisi BK (2 sks)
Membahas tentang hakikat evaluasi supervisi BK, jenis – jenis evaluasi
supervise BK, evaluasi program BK, evaluasi layanan BK, supervisi BK dan
mutu layanan professional BK, jenis-jenis dan orientasi supervise BK,
pendekatan – pendekatan supervise BK, metode dan teknik supervisi, relasi
supervisor dan supervise, supervisor BK yang efektif, supervisi kelompok,
rekan sebaya
Kurikulum Program Studi Pascasarjana-Undiksha 104