Page 108 - Kurikulum Merdeka Pascasarjana 2021
P. 108

16)   Praktik Konseling Anak Berbakat dan Berkebutuhan Khusus (Pilihan 3 sks)
                                   Membahas tentang rancangan program dan implementasi upaya bantuan
                                   bimbingan, konseling serta konsultasi bagi anak-anak dengan bakat istimewa
                                   serta  berkebutuhan  khusus  dalam  mengembangkan  pribadi,  hubungan
                                   sosial, kemampuan akademik serta kehidupan dan karier

                             17)   Dasar-dasar Bimbingan Konseling (2 sks)
                                   Membahas konsep dasar bimbingan dan konseling, kedudukan bimbingan
                                   dan konseling dalam sistem pendidikan di Indonesia, hakikat, fungsi, tujuan,
                                   prinsip, azas-azas, jenis bimbingan di sekolah, serta layanan bimbingan dan
                                   konseling

                             18)   Profesi Pendidikan (2 sks)
                                   Membahas  ruang  lingkup  profesi  kependidikan,  pengertian  dan  syarat
                                   profesi keguruan, kode etik dan organisasi profesi keguruan, syarat-syarat
                                   menjadi guru yang profesional, pengembangan sikap profesional guru dan
                                   permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh guru

                             19)   Mikro Konseling (2 sks)
                                   Memberikan  pengalaman        belajar   mengenai    pengetahuan     dasar
                                   keterampilan-keterampilan konseling secara teoritis dan praktis dari yang
                                   meliputi  keterampilan    Confronting,  Elaborating,    Empathy,    Immediacy,
                                   Non-verbal    encouragement,  Open  Questioning,  Paraphrasing,  Problem-
                                   solving,  Reflecting, Respect, Summarizing. Selain keterampilan kunci yang
                                   disampaikan, pengembangan kompetensi diri untuk dapat menerapkannya
                                   untuk membantu orang  lain

                             20)   Teori-teori Kepribadian (2 sks)
                                   mencapai  kompetensi  penguasaan  substansi  konsep-kosep  teori-teori
                                   kepribadian  dari  pengertian,  faktor-faktor,  sejarah,  jenis-jenis  tipologi
                                   kepribadian,  proses  pembentukan  struktur  dan  dinamika  kepribadian,
                                   kepribadian  sehat,  pengukuran  kepribadian  dan  pengembangan
                                   kepribadian.  Selanjutnya  berlatih  menerapkan  konsep-konsep  keilmuan
                                   dalam upaya membantu mengembangkan kepribadian individu yang sehat.
                                   Penguasaan  kompetensi  mahasiswa  dinilai  melalui  evaluasi  proses  dan
                                   evaluasi produk, melalui tes tertulis, portofolio, unjuk kerja, dan proyek

                             21)   Evaluasi Supervisi BK (2 sks)
                                   Membahas  tentang  hakikat  evaluasi  supervisi  BK,  jenis  –  jenis  evaluasi
                                   supervise BK, evaluasi program BK, evaluasi layanan BK, supervisi BK dan
                                   mutu  layanan  professional  BK,  jenis-jenis  dan  orientasi  supervise  BK,
                                   pendekatan – pendekatan supervise BK, metode dan teknik supervisi, relasi
                                   supervisor dan supervise, supervisor BK yang efektif, supervisi kelompok,
                                   rekan sebaya





                      Kurikulum Program Studi Pascasarjana-Undiksha                                                                                         104
   103   104   105   106   107   108   109   110   111   112   113