Page 151 - Kurikulum Merdeka Pascasarjana 2021
P. 151
dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan
bidang keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajiannya berdasarkan
kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis, dan dipublikasikan tulisan dalam
jurnal ilmiah terakreditasi;
b. Mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahliannya dalam
menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui
pengembangan pengetahuan dan keahliannya;
c. Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung
jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengomunikasikannya melalui media
kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas;
d. Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan
memosisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan
inter atau multidisipliner;
e. Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan
ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai
humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data;
f. Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega,
sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas;
g. Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri;
h. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali
data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
4. Keterampilan Khusus
a. Mampu merancang, melaksanakan, mengelola, dan menilai proses pembelajaran yang
saintifik, inspiratif, inovatif, menantang, menyenangkan, dan memotivasi dengan
memanfaatkan beragam sumber belajar, media pembelajaran berbasis ipteks dan
kearifan lokal sesuai standar proses dan mutu pendidikan nasional;
b. Mampu mengelola riset berdasarkan kaidah ilmiah baku untuk menghasilkan karya
ilmiah pendidikan matematika yang mendapat pengakuan nasional atau internasional.
c. Mampu memecahkan permasalahan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni di
dalam bidang pendidikan matematika melalui pendekatan inter atau multidisipliner.
Kurikulum Program Studi Pascasarjana-Undiksha 147