Page 65 - BUKU PEDOMAN PENULISAN TESIS PASCASARJANA 2021
P. 65

Lampiran 8  Contoh Format Abstrak untuk Tesis

                                                       ABSTRAK
                  Wenten,  I  Nyoman  (2018),  Determinasi  komponen  konteks  profesi  guru,  input
                  pembelajaran,  dan  proses  pengelolaan  pendidikan  terhadap  kualitas  pengelolaan
                  pembelajaran (studi pada para guru SD yang tersertifikasi di Kabupaten Jemberana).
                  Tesis, Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha.

                  Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I : Prof. Dr. Nyoman Dantes
                  dan Pembimbing II: Prof. Dr. I Wayan Lasmawan, M.Pd.

                  Kata-kata  kunci: profesi guru, pembelajaran, pengelolaan pendidikan, tersertifikasi,

                         Penelitian  ini  bertujuan  mendeskripsikan  besarnya  determinasi  beberapa
                  variabel, yaitu: (1) komponen konteks profesi guru, (2) input pembelajaran, (3) proses
                  pengelolaan pendidikan, dan (4) komponen konteks profesi guru, input pembelajaran,
                  proses  pengelolaan  pendidikan  secara  bersama-sama  terhadap  kualitas  pengelolaan
                  pembelajaran pada guru SD yang tersertifikasi di Kabupaten Jembrana. Populasi dalam
                  penelitian ini adalah guru-guru SD Negeri di Kecamatan Negara Kabupaten Jembrana
                  yang mengikuti program sertifikasi guru dari Tahun 2018 sampai dengan Tahun 2008
                  yang berjumlah 50 orang.  Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik
                  purposive sampling, yang mengambil sampel guru SD yang tersertifikasi di Kabupaten
                  Jembrana.  Penelitian  ini  dirancang  dalam  bentuk  penelitian  expost  facto.  Data  dalam
                  penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner  komponen konteks profesi
                  guru,  input  pembelajaran,  proses  pengelolaan  pendidikan,  dan  kualitas  pengelolaan
                  pembelajaran. Data dianalisis dengan menggunakan uji regresi sederhana dan uji regresi
                  jamak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat determinasi yang signifikan
                  komponen  konteks  profesi  guru  terhadap  kualitas  pengelolaan  pembelajaran  dengan
                  koefisien  determinasi  sebesar  91,7%  dan  sumbangan  efektif  sebesar  25,29%.  (2)
                  terdapat  determinasi  yang  signifikan  komponen  input  pembelajaran  terhadap  kualitas
                  pengelolaan pembelajaran dengan koefisien determinasi sebesar 95,3% dan sumbangan
                  efektif  sebesar  53,39%.  (3)  terdapat  determinasi  yang  signifikan    komponen  proses
                  pengelolaan  pendidikan  terhadap  kualitas  pengelolaan  pembelajaran  dengan  koefisien
                  determinasi  sebesar  95,7%  dan  sumbangan  efektif  sebesar  17,40%.  (4)  terdapat
                  determinasi  yang  signifikan  secara  bersama-sama  antara  komponen  konteks  profesi
                  guru, input pembelajaran, proses pengelolaan pendidikan terhadap kualitas pengelolaan
                  pembelajaran  dengan  koefisien  determinasi  sebesar  96,1%.  Berdasarkan  temuan
                  tersebut  dapat  disimpulkan,  bahwa  terdapat  determinasi  yang  signifikan  komponen
                  konteks profesi guru, input pembelajaran, dan proses pengelolaan pendidikan terhadap
                  kualitas  pengelolaan  pembelajaran  pada  guru  SD  yang  tersertifikasi  di  Kabupaten
                  Jembrana,  baik  secara  terpisah  maupun  simultan.  Dengan  demikian,  ketiga  faktor
                  tersebut    dapat  dijadikan  prediktor  tingkat  kencenderungan  kualitas  pengelolaan
                  pembelajaran guru SD yang tersertifikasi di Kabupaten Jembrana.







                   54                                       Pedoman Penulisan Tesis 2021
   60   61   62   63   64   65   66   67   68   69   70