Page 65 - BUKU PEDOMAN PENULISAN TESIS PASCASARJANA 2021
P. 65
Lampiran 8 Contoh Format Abstrak untuk Tesis
ABSTRAK
Wenten, I Nyoman (2018), Determinasi komponen konteks profesi guru, input
pembelajaran, dan proses pengelolaan pendidikan terhadap kualitas pengelolaan
pembelajaran (studi pada para guru SD yang tersertifikasi di Kabupaten Jemberana).
Tesis, Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha.
Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I : Prof. Dr. Nyoman Dantes
dan Pembimbing II: Prof. Dr. I Wayan Lasmawan, M.Pd.
Kata-kata kunci: profesi guru, pembelajaran, pengelolaan pendidikan, tersertifikasi,
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan besarnya determinasi beberapa
variabel, yaitu: (1) komponen konteks profesi guru, (2) input pembelajaran, (3) proses
pengelolaan pendidikan, dan (4) komponen konteks profesi guru, input pembelajaran,
proses pengelolaan pendidikan secara bersama-sama terhadap kualitas pengelolaan
pembelajaran pada guru SD yang tersertifikasi di Kabupaten Jembrana. Populasi dalam
penelitian ini adalah guru-guru SD Negeri di Kecamatan Negara Kabupaten Jembrana
yang mengikuti program sertifikasi guru dari Tahun 2018 sampai dengan Tahun 2008
yang berjumlah 50 orang. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik
purposive sampling, yang mengambil sampel guru SD yang tersertifikasi di Kabupaten
Jembrana. Penelitian ini dirancang dalam bentuk penelitian expost facto. Data dalam
penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner komponen konteks profesi
guru, input pembelajaran, proses pengelolaan pendidikan, dan kualitas pengelolaan
pembelajaran. Data dianalisis dengan menggunakan uji regresi sederhana dan uji regresi
jamak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat determinasi yang signifikan
komponen konteks profesi guru terhadap kualitas pengelolaan pembelajaran dengan
koefisien determinasi sebesar 91,7% dan sumbangan efektif sebesar 25,29%. (2)
terdapat determinasi yang signifikan komponen input pembelajaran terhadap kualitas
pengelolaan pembelajaran dengan koefisien determinasi sebesar 95,3% dan sumbangan
efektif sebesar 53,39%. (3) terdapat determinasi yang signifikan komponen proses
pengelolaan pendidikan terhadap kualitas pengelolaan pembelajaran dengan koefisien
determinasi sebesar 95,7% dan sumbangan efektif sebesar 17,40%. (4) terdapat
determinasi yang signifikan secara bersama-sama antara komponen konteks profesi
guru, input pembelajaran, proses pengelolaan pendidikan terhadap kualitas pengelolaan
pembelajaran dengan koefisien determinasi sebesar 96,1%. Berdasarkan temuan
tersebut dapat disimpulkan, bahwa terdapat determinasi yang signifikan komponen
konteks profesi guru, input pembelajaran, dan proses pengelolaan pendidikan terhadap
kualitas pengelolaan pembelajaran pada guru SD yang tersertifikasi di Kabupaten
Jembrana, baik secara terpisah maupun simultan. Dengan demikian, ketiga faktor
tersebut dapat dijadikan prediktor tingkat kencenderungan kualitas pengelolaan
pembelajaran guru SD yang tersertifikasi di Kabupaten Jembrana.
54 Pedoman Penulisan Tesis 2021