Magister Pendidikan Dasar Universitas Pendidikan Ganesha
Visi :
Mengkaji dan Mengembangkan Keilmuan Pendidikan Dasar Berlandaskan Falsafah Tri Hita Karana untuk Menghasilkan Lulusan Unggul
Misi :
- Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran pada bidang pendidikan dasar berlandaskan falsafah Tri Hita Karana.
- Melaksanakan penelitian dalam bidang pendidikan dasar berlandaskan falsafah Tri Hita Karana.
- Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pendidikan dasar berlandaskan falsafah Tri Hita Karana.
Tujuan :
- Lulusan yang mampu melanjutkan jenjang Pendidikan yang lebih tinggi pada perguruan tinggi yang bereputasi nasional dan internasional pada bidang Pendidikan Pendidikan dasar atau bidang ilmu lainnya yang relevan.
- Lulusan yang mampu mengembangkan diri sebagai pendidik professional dan sumber rujukan bidang Pendidikan Dasar.
- Lulusan yang mampu mengembangkan potensi dirinya di bidang Pendidikan dasar atau bidang lainnya yang relevan, mengembangkan kewirausahaan dan terampil dalam pemecahan masalah.
Kurikulum Program Studi
Pendidik |
Pendidik yang mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan/atau seni dibidang pendidikan dasar melalui pendekatan inter atau multidisipliner, serta mampu menganalisis dan mengkaji secara kritis perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, pengembangan kurikulum serta pembelajaran yang efektif, adaptif, inklusif, dan kolaboratif. |
Peneliti |
Peneliti yang mampu menganalisis dan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni berbasis pemecahan masalah melalui penelitian di bidang pendidikan dasar dengan pendekatan inter atau multidisipliner sebagai hasil pengembangan pemikiran kritis, kreatif, inovatif, komunikatif, kolaboratif dan teruji serta mendapat pengakuan nasional dan internasional. |
Konsultan |
Konsultan yang mampu memberikan pertimbangan pengelolalaan dan pengembangan kelembagaan di bidang pendidikan dasar dengan pendekatan inter atau multidisipliner berdasarkan hasil pemikiran kritis, kreatif, inovatif, komunikatif, inklusif, adaptif dan kolabolatif. |
CPL Sikap : | |
S1. |
Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius. |
S2. |
Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika. |
S3. |
Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila. |
S4. |
Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa. |
S5. |
Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain. |
S6. |
Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan. |
S7. |
Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. |
S8. |
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik. |
S9. |
Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. |
S10. |
Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan. |
CPL Pengetahuan : | |
P1. |
Mampu mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan atau seni dalam bidang pendidikan dasar atau praktek profesionalnya melalui riset hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji. |
P2. |
Mampu memecahkan permasalahan ilmu pengetahuan, teknologi dan atau seni dalam bidang pendidikan dasar melalui pendekatan inter atau multidisipliner. |
P3. |
Mampu mengelola riset dan pengembangan dalam bidang pendidikan dasar yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan serta mampu mendapat pengakuan nasional dan internasional. |
CPL Keterampilan Umum : | |
KU1. |
Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahlian Pendidikan dasar, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah Dalam bentuk tesis atau bentuk lain yang setara, dan diunggah dalam laman perguruan tinggi, serta makalah yang telah diterbitkan di jurnal ilmiah terakreditasi atau diterima di jurnal internasional. |
KU2. |
Mampu melakukan validasi akademik atau kajian pendidikan dasar dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahlian pendidikan dasar. |
KU3. |
Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argument saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas. |
KU4. |
Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan Pendidikan dasar yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin. |
KU5. |
Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data. |
KU6. |
Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam Lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas. |
KU7. |
Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri. |
KU8. |
Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. |
CPL Keterampilan Khusus : | |
KK1. |
Mampu mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni dalam pembelajaran yang inovatif dan kreatif bidang pendidikan dasar melalui pendekatan riset inter atau multidisipliner. |
KK2. |
Mampu mengkomunikasikan hasil riset dan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni dalam pembelajaran yang inovatif dan kreatif bidang pendidikan dasar melalui publikasi diterbitkan di jurnal nasional (minimal Sinta 2) atau diterima di jurnal internasional. |
KK3. |
Mampu memecahkan masalah pembelajaran dan pengelolaan pendidikan dasar melalui pendekatan inter atau multidisipliner. |
KK4. |
Mampu menemukan atau mengembangkan inovasi, kebijakan, dan pengelolaan pendidikan dasar melalui pendekatan inter atau multidisipliner. |
Lima bidang studi pembelajaran inti di jenjang Pendidikan Dasar (IPA Pendas, Matematika Pendas, Bahasa dan Sastra Indonesia Pendas, IPS Pendas, PKn Pendas), Filsafat Ilmu, Hakekat pendidikan, Manajemen Pendidikan, Psikologi Perkembangan, Psikologi Pendidikan, Metodologi Penelitian, Statistik, Karya Tulis Ilmiah, Asesmen, Teori Belajar, dan Pengembangan Kurikulum
Struktur Kurikulum Berdasarkan Kelompok Mata Kuliah
NO | MATA KULIAH | SKS | SEMESTER |
A. Mata Kuliah Inti Keilmuan (MKIK) | |||
1. | Psikologi Perkembangan dan Pendidikan | 2 | I |
2. | Literasi Kelas Awal | 2 | I |
3. | Ilmu Pengetahuan Alam Pendas | 2 | I |
4. | Matematika Pendas | 2 | I |
5. | Ilmu Pengetahuan Sosial Pendas | 2 | I |
6. | PKn Pendas | 2 | II |
7. | Literasi Kebahasaan dan Sastra Indonesia Pendas | 2 | II |
8. | Inovasi Pembelajaran Pendidikan Dasar | 3 | II |
9. | Asesmen Pendidikan Dasar | 2 | II |
10. | Kajian Persekolahan dan Telaah Kurikulum Pendas | 3 | II |
11. | Tesis | 8 | III/IV |
Jumlah SKS | 29 | ||
B. Mata Kuliah Iptek Pendukung (MKIP) | |||
1. | Metodologi Penelitian Pendas | 2 | I |
2. | Aplikasi Statistika dalam Penelitian Pendas | 2 | I |
Jumlah SKS | 4 | ||
C. Mata Kuliah Penciri Prodi (MKPP) | |||
1. | Leadership berbasis Tri Hita Karana | 3 | II |
Jumlah SKS | 3 | ||
D. Mata Kuliah Pilihan (MKP) | |||
1. | Pilihan dalam Prodi: #) | ||
a. Landasan dan Inovasi Pembelajaran Abad 21 | 3 | II | |
b. Persfektif Global dan Problematika Pendas | |||
c. Bisnis berorientasi THK | |||
2. | Pilihan Lintas Prodi (Pilihan Mahasiswa) *) | ||
a) MK Lintas Prodi* | 3 | III | |
Jumlah SKS | 6 | ||
E. Mata Kuliah Matrikulasi** | |||
1. | Asesmen dan Evaluasi Pembelajaran** | 2 | I |
2. | Strategi dan Desain Pembelajaran** | 2 | I |
3. | Telaah Kurikulum** | 2 | II |
4. | Belajar dan Pembelajaran** | 2 | II |
5. | Wawasan Kependidikan** | 2 | III |
6. | Perkembangan Peserta Didik** | 2 | III |
Jumlah SKS | 12 | ||
TOTAL Sks untuk mahasiswa sesuai bidang ilmu | 42 | ||
TOTAL Sks untuk mahasiswa yang tidak sesuai bidang ilmu (maksimal) | 54 | ||
Keterangan:
*) Mata kuliah lintas prodi (diambil oleh mahasiswa luar prodi S2 Pendas) *) Mata kuliah lintas prodi (diambil oleh mahasiswa luar prodi S2 Pendas) |
Dosen Pengajar
No. | Nama Dosen | Pendidikan Akademik S1, S2, S3 |
1. | Prof. Dr. Ida Bagus Putu Arnyana, M.Si. |
|
2. | Prof. Dr. I Nyoman Sudiana, M.Pd. |
|
3. | Prof. Drs. Sariyasa, M.Sc., Ph.D. |
|
4. | Prof. Dr. I Made Ardana, M.Pd |
|
5. | Prof. Dr. Drs. I Wayan Kertih, M.Pd. |
|
6. | Prof. Dr. I Wayan Lasmawan |
|
7. | Prof. Dr. I Nengah Suastika, S.Pd., M.Pd. |
|
8. | Prof. Dr. Dewa Bagus Sanjaya, M.Si. |
|
9. | Prof. Dr. Ni Ketut Suarni, M.S., Kons. |
|
10. | Dr. I Gede Margunayasa, S.Pd., M.Pd. |
|
11. | Prof. Dr. Nyoman Dantes |
|
12. | Prof. Dr. I Wayan Suastra, M.Pd. |
|
13. | Prof. Dr. Ida Bagus Putrayasa, M.Pd. |
|
14. | Prof. Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd. |
|
15. | Prof. Dr. Ketut Suma, M.S. |
|
16. | Prof. Dr. Desak Putu Parmiti, M.S. |
|
17. | Prof. Dr. I Made Candiasa, M.I.Kom. |
|
18. | Dr. I Made Citra Wibawa, S.Pd., M.Pd. |
|
19. | Prof. Dr. I Wayan Widiana, S.Pd., M.Pd. |
|
20. | Prof. Dr. I Ketut Gading, M.Psi. |
|
Keunggulan
PENGUMUMAN TERKINI
KONTAK KAMI
- Jalan Udayana No.11 Singaraja