parallax background

Magister Pendidikan Dasar Universitas Pendidikan Ganesha

Visi :

Mengkaji dan Mengembangkan Keilmuan Pendidikan Dasar Berlandaskan Falsafah Tri Hita Karana untuk Menghasilkan Lulusan Unggul

Misi :

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran pada bidang pendidikan dasar berlandaskan falsafah Tri Hita Karana.
  2. Melaksanakan penelitian dalam bidang pendidikan dasar berlandaskan falsafah Tri Hita Karana.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pendidikan dasar berlandaskan falsafah Tri Hita Karana.

Tujuan :

  1. Lulusan yang mampu melanjutkan jenjang Pendidikan yang lebih tinggi pada perguruan tinggi yang bereputasi nasional dan internasional pada bidang Pendidikan Pendidikan dasar atau bidang ilmu lainnya yang relevan.
  2. Lulusan yang mampu mengembangkan diri sebagai pendidik professional dan sumber rujukan bidang Pendidikan Dasar.
  3. Lulusan yang mampu mengembangkan potensi dirinya di bidang Pendidikan dasar atau bidang lainnya yang relevan, mengembangkan kewirausahaan dan terampil dalam pemecahan masalah.

Kurikulum Program Studi

Pendidik

Pendidik yang mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan/atau seni dibidang pendidikan dasar melalui pendekatan inter atau multidisipliner, serta mampu menganalisis dan mengkaji secara kritis perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, pengembangan kurikulum serta pembelajaran yang efektif, adaptif, inklusif, dan kolaboratif.

Peneliti

Peneliti yang mampu menganalisis dan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni berbasis pemecahan masalah melalui penelitian di bidang pendidikan dasar dengan pendekatan inter atau multidisipliner sebagai hasil pengembangan pemikiran kritis, kreatif, inovatif, komunikatif, kolaboratif dan teruji serta mendapat pengakuan nasional dan internasional.

Konsultan

Konsultan yang mampu memberikan pertimbangan pengelolalaan dan pengembangan kelembagaan di bidang pendidikan dasar dengan pendekatan inter atau multidisipliner berdasarkan hasil pemikiran kritis, kreatif, inovatif, komunikatif, inklusif, adaptif dan kolabolatif.

CPL Sikap :

S1.

Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.

S2.

Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika.

S3.

Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.

S4.

Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.

S5.

Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.

S6.

Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.

S7.

Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

S8.

Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.

S9.

Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.

S10.

Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

CPL Pengetahuan :

P1.

Mampu mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan atau seni dalam bidang pendidikan dasar atau praktek profesionalnya melalui riset hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji.

P2.

Mampu memecahkan permasalahan ilmu pengetahuan, teknologi dan atau seni dalam bidang pendidikan dasar melalui pendekatan inter atau multidisipliner.

P3.

Mampu mengelola riset dan pengembangan dalam bidang pendidikan dasar yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan serta mampu mendapat pengakuan nasional dan internasional.

CPL Keterampilan Umum :

KU1.

Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahlian Pendidikan dasar, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah Dalam bentuk tesis atau bentuk lain yang setara, dan diunggah dalam laman perguruan tinggi, serta makalah yang telah diterbitkan di jurnal ilmiah terakreditasi atau diterima di jurnal internasional.

KU2.

Mampu melakukan validasi akademik atau kajian pendidikan dasar dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahlian pendidikan dasar.

KU3.

Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argument saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas.

KU4.

Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan Pendidikan dasar yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin.

KU5.

Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data.

KU6.

Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam Lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas.

KU7.

Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri.

KU8.

Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

CPL Keterampilan Khusus :

KK1.

Mampu mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni dalam pembelajaran yang inovatif dan kreatif bidang pendidikan dasar melalui pendekatan riset inter atau multidisipliner.

KK2.

Mampu mengkomunikasikan hasil riset dan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni dalam pembelajaran yang inovatif dan kreatif bidang pendidikan dasar melalui publikasi diterbitkan di jurnal nasional (minimal Sinta 2) atau diterima di jurnal internasional.

KK3.

Mampu memecahkan masalah pembelajaran dan pengelolaan pendidikan dasar melalui pendekatan inter atau multidisipliner.

KK4.

Mampu menemukan atau mengembangkan inovasi, kebijakan, dan pengelolaan pendidikan dasar melalui pendekatan inter atau multidisipliner.

Lima bidang studi pembelajaran inti di jenjang Pendidikan Dasar (IPA Pendas, Matematika Pendas, Bahasa dan Sastra Indonesia Pendas, IPS Pendas, PKn Pendas), Filsafat Ilmu, Hakekat pendidikan, Manajemen Pendidikan, Psikologi Perkembangan, Psikologi Pendidikan, Metodologi Penelitian, Statistik, Karya Tulis Ilmiah, Asesmen, Teori Belajar, dan Pengembangan Kurikulum

Struktur Kurikulum Berdasarkan Kelompok Mata Kuliah

NOMATA KULIAHSKSSEMESTER

A. Mata Kuliah Inti Keilmuan (MKIK)

1.

Psikologi Perkembangan dan Pendidikan

2I
2.

Literasi Kelas Awal

2I
3.

Ilmu Pengetahuan Alam Pendas

2I
4.

Matematika Pendas

2I
5.

Ilmu Pengetahuan Sosial Pendas

2I
6.

PKn Pendas

2II
7.

Literasi Kebahasaan dan Sastra Indonesia Pendas

2II
8.

Inovasi Pembelajaran Pendidikan Dasar

3II
9.

Asesmen Pendidikan Dasar

2II
10.

Kajian Persekolahan dan Telaah Kurikulum Pendas

3II
11.

Tesis

8III/IV
Jumlah SKS29

B. Mata Kuliah Iptek Pendukung (MKIP)

1.

Metodologi Penelitian Pendas

2I
2.

Aplikasi Statistika dalam Penelitian Pendas

2I
Jumlah SKS4

C. Mata Kuliah Penciri Prodi (MKPP)

1.

Leadership berbasis Tri Hita Karana

3II
Jumlah SKS3

D. Mata Kuliah Pilihan (MKP)

1.

Pilihan dalam Prodi: #)

a. Landasan dan Inovasi Pembelajaran Abad 21

3II

b. Persfektif Global dan Problematika Pendas

c. Bisnis berorientasi THK

2.

Pilihan Lintas Prodi (Pilihan Mahasiswa) *)

a) MK Lintas Prodi*

3III
Jumlah SKS6

E. Mata Kuliah Matrikulasi**

1.

Asesmen dan Evaluasi Pembelajaran**

2I
2.

Strategi dan Desain Pembelajaran**

2I
3.

Telaah Kurikulum**

2II
4.

Belajar dan Pembelajaran**

2II
5.

Wawasan Kependidikan**

2III
6.

Perkembangan Peserta Didik**

2III
Jumlah SKS12
TOTAL Sks untuk mahasiswa sesuai bidang ilmu42
TOTAL Sks untuk mahasiswa yang tidak sesuai bidang ilmu (maksimal)54

Keterangan:
#) Mata kuliah pilihan dalam prodi

*) Mata kuliah lintas prodi (diambil oleh mahasiswa luar prodi S2 Pendas)

*) Mata kuliah lintas prodi (diambil oleh mahasiswa luar prodi S2 Pendas)

 

Dosen Pengajar

No.Nama DosenPendidikan Akademik S1, S2, S3
1.

Prof. Dr. Ida Bagus Putu Arnyana, M.Si.

  • S1 Universitas Udayana
  • S2 Institut Teknologi Bandung
  • S3 Universitas Negeri Malang
2.

Prof. Dr. I Nyoman Sudiana, M.Pd.

  • S1 Universitas Udayana
  • S2 Universitas Negeri Malang
  • S3 Universitas Negeri Malang
3.

Prof. Drs. Sariyasa, M.Sc., Ph.D.

  • S1 Universitas Udayana
  • S2 The Flinders University Of South Australia
  • S3 The Flinders University Of South Australia
4.

Prof. Dr. I Made Ardana, M.Pd

  • S1 Universitas Udayana
  • S2 Universitas Negeri Malang
  • S3 Universitas Negeri Surabaya
5.

Prof. Dr. Drs. I Wayan Kertih, M.Pd.

  • S1 Universitas Udayana
  • S2 Universitas Pendidikan Indonesia
  • S3 Universitas Pendidikan Indonesia
6.

Prof. Dr. I Wayan Lasmawan

  • S1 Universitas Udayana
  • S2 Universitas Pendidikan Indonesia
  • S3 Universitas Pendidikan Indonesia
7.

Prof. Dr. I Nengah Suastika, S.Pd., M.Pd.

  • S1 Universitas Pendidikan Ganesha
  • S2 Universitas Pendidikan Ganesha
  • S3 Universitas Pendidikan Ganesha
8.

Prof. Dr. Dewa Bagus Sanjaya, M.Si.

  • S1 Universitas Udayana
  • S2 Universitas Gadjah Mada
  • S3 Universitas Negeri Jakarta
9.

Prof. Dr. Ni Ketut Suarni, M.S., Kons.

  • S1 Universitas Udayana
  • S2 Universitas Gadjah Mada
  • S3 Universitas Negeri Malang
10.

Dr. I Gede Margunayasa, S.Pd., M.Pd.

  • S1 Universitas Pendidikan Ganesha
  • S2 Universitas Pendidikan Ganesha
  • S3 Universitas Pendidikan Ganesha
11.

Prof. Dr. Nyoman Dantes

  • S1 Universitas Udayana
  • S3 Universitas Negeri Jakarta
12.

Prof. Dr. I Wayan Suastra, M.Pd.

  • S1 Universitas Pendidikan Ganesha
  • S2 Universitas Pendidikan Indonesia
  • S3 Universitas Pendidikan Indonesia
13.

Prof. Dr. Ida Bagus Putrayasa, M.Pd.

  • S1 Universitas Udayana
  • S2 Universitas Pendidikan Indonesia
  • S3 Universitas Pendidikan Indonesia
14.

Prof. Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd.

  • S1 Universitas Udayana
  • S2 Universitas Negeri Jakarta
  • S3 Universitas Negeri Jakarta
15.

Prof. Dr. Ketut Suma, M.S.

  • S1 Universitas Udayana
  • S2 Institut Teknologi Bandung
  • S3 Universitas Pendidikan Indonesia
16.

Prof. Dr. Desak Putu Parmiti, M.S.

  • S1 Universitas Udayana
  • S2 Universitas Gadjah Mada
  • S3 Universitas Negeri Jakarta
17.

Prof. Dr. I Made Candiasa, M.I.Kom.

  • S1 Universitas Pendidikan Ganesha
  • S2 Universitas Indonesia
  • S3 Universitas Negeri Jakarta
18.

Dr. I Made Citra Wibawa, S.Pd., M.Pd.

  • S1 Universitas Pendidikan Ganesha
  • S2 Universitas Pendidikan Ganesha
  • S3 Universitas Pendidikan Ganesha
19.

Prof. Dr. I Wayan Widiana, S.Pd., M.Pd.

  • S1 Universitas Pendidikan Ganesha
  • S2 Universitas Pendidikan Ganesha
  • S3 Universitas Negeri Jakarta
20.

Prof. Dr. I Ketut Gading, M.Psi.

  • S1 Universitas Udayana
  • S2 Universitas Gadjah Mada
  • S3 Universitas Negeri Malang

Keunggulan

SDM Profesional

Dosen dan Praktisi kualifikasi S3 dan Profesor

Biaya Murah

hanya dengan Rp 7.900.000 per semester

Terakreditasi Baik Sekali

oleh Badan Akreditasi Nasional (BAN-PT)

Tempat Kuliah Fleksibel

bisa memilih kampus di Singaraja atau Denpasar

Perkuliahan Daring

sehingga bisa diakses dimanapun dan kapanpun


Perkuliahan Pada Malam Hari

sehingga mahasiswa bisa kuliah sambil kerja

Program Percepatan Kelulusan

mahasiswa berpeluang lulus di bawah 2 tahun

Kerjasama dengan PT Dalam Negeri

memperoleh pengalaman luar kampus

Kerjasama IGI Denpasar dan SD

dalam kegiatan Tri Dharma PT

Ilmu Pendidikan Dasar Up to Date

melalui seminar, kuliah tamu, praktisi