Magister Pendidikan Dasar Universitas Pendidikan Ganesha
Visi :
Mengkaji dan Mengembangkan Keilmuan Pendidikan Dasar Berlandaskan Falsafah Tri Hita Karana untuk Menghasilkan Lulusan Unggul
Misi :
- Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran pada bidang pendidikan dasar berlandaskan falsafah Tri Hita Karana.
- Melaksanakan penelitian dalam bidang pendidikan dasar berlandaskan falsafah Tri Hita Karana.
- Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pendidikan dasar berlandaskan falsafah Tri Hita Karana.
Tujuan :
- Lulusan yang mampu melanjutkan jenjang Pendidikan yang lebih tinggi pada perguruan tinggi yang bereputasi nasional dan internasional pada bidang Pendidikan Pendidikan dasar atau bidang ilmu lainnya yang relevan.
- Lulusan yang mampu mengembangkan diri sebagai pendidik professional dan sumber rujukan bidang Pendidikan Dasar.
- Lulusan yang mampu mengembangkan potensi dirinya di bidang Pendidikan dasar atau bidang lainnya yang relevan, mengembangkan kewirausahaan dan terampil dalam pemecahan masalah.
Kurikulum Program Studi
CPL Sikap : | |
S1. |
Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius. |
S2. |
Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika. |
S3. |
Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila. |
S4. |
Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa. |
S5. |
Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain. |
S6. |
Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan. |
S7. |
Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. |
S8. |
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik. |
S9. |
Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. |
S10. |
Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan. |
CPL Pengetahuan : | |
P1. |
Menguasai filosofi keilmuan pengetahuan, teknologi, dan atau seni yang memiliki nilai kebaruan/novelty dalam bidang keilmuan pendidikan dasar dan praktek profesionalnya melalui riset hingga menghasilkan karya kreatif, original, dan teruji. |
P2. |
Menguasai pengetahuan pemecahan masalahan ilmu pengetahuan, teknologi, dan atau seni dalam bidang keilmuan pendidikan dasar melalui pendekatan interdisiplin dan multidisiplin. |
P3. |
Menguasai pengetahuan prosedur ilmiah dalam pengelolaan dan pengembangan riset yang bermanfaat bagi kemaslahatan umat manusia, serta mampu mendapat pengakuan nasional. |
CPL Keterampilan Umum : | |
KU1. |
Mampu mengintegrasikan kecakapan belajar dan berinovasi, penguasaan teknologi dan informasi, pengembangan karir, dan kecakapan hidup untuk menjadi pembelajar sepanjang hayat. |
KU2. |
Mampu mengembangkan dan mempublikasikan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dengan pendekatan interdisiplin atau multi disiplin, yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya. |
CPL Keterampilan Khusus : | |
KK1. |
Mampu mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni dalam pembelajaran yang inovatif dan kreatif bidang pendidikan dasar melalui pendekatan riset inter atau multidisipliner. |
KK2. |
Mampu mengkomunikasikan hasil riset dan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni dalam pembelajaran yang inovatif dan kreatif bidang pendidikan dasar melalui publikasi diterbitkan di jurnal nasional (minimal Sinta 2) atau diterima di jurnal internasional. |
KK3. |
Mampu memecahkan masalah pembelajaran dan pengelolaan pendidikan dasar melalui pendekatan inter atau multidisipliner. |
KK4. |
Mampu menemukan atau mengembangkan inovasi, kebijakan, dan pengelolaan pendidikan dasar melalui pendekatan inter atau multidisipliner. |
Pendidik |
Pendidik yang mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan/atau seni dibidang pendidikan dasar melalui pendekatan inter atau multidisipliner, serta mampu menganalisis dan mengkaji secara kritis perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, pengembangan kurikulum serta pembelajaran yang efektif, adaptif, inklusif, dan kolaboratif. |
Peneliti |
Peneliti yang mampu menganalisis dan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni berbasis pemecahan masalah melalui penelitian di bidang pendidikan dasar dengan pendekatan inter atau multidisipliner sebagai hasil pengembangan pemikiran kritis, kreatif, inovatif, komunikatif, kolaboratif dan teruji serta mendapat pengakuan nasional dan internasional. |
Konsultan |
Konsultan yang mampu memberikan pertimbangan pengelolalaan dan pengembangan kelembagaan di bidang pendidikan dasar dengan pendekatan inter atau multidisipliner berdasarkan hasil pemikiran kritis, kreatif, inovatif, komunikatif, inklusif, adaptif dan kolabolatif. |
Lima bidang studi pembelajaran inti di jenjang Pendidikan Dasar (IPA Pendas, Matematika Pendas, Bahasa dan Sastra Indonesia Pendas, IPS Pendas, PKn Pendas), Hakekat pendidikan, Manajemen Pendidikan, Psikologi Perkembangan, Psikologi, Metodologi Penelitian, Statistik, Karya Tulis Ilmiah, Asesmen, Teori Belajar, dan Pengembangan Kurikulum
Struktur Kurikulum Berdasarkan Kelompok Mata Kuliah
NO | MATA KULIAH | SKS | SEMESTER |
a. Compulsory Courses | |||
1. | Psikologi Perkembangan dan Pendidikan | 2 | I |
2. | Metodologi Penelitian Pendidikan | 2 | I |
3. | Aplikasi Statistika dalam Penelitian | 2 | I |
4. | Literasi Kelas Awal | 2 | I |
5. | Ilmu Pengetahuan Alam Pendidikan Dasar | 2 | I |
6. | Matematika Pendidikan Dasar | 2 | I |
7. | Ilmu Pengetahuan Sosial Pendidikan Dasar | 2 | I |
8. | Leadership berbasis Tri Hita Karana | 3 | II |
9. | PKn Pendidikan Dasar | 2 | II |
10. | Literasi Kebahasaan dan Sastra Indonesia Pendidikan Dasar | 2 | II |
11. | Inovasi Pembelajaran Pendidikan Dasar | 2 | II |
12. | Asesmen Pendidikan Dasar | 2 | II |
13. | Kajian Persekolahan dan Telaah Kurikulum | 3 | II |
14. | Studi Perbandingan Pendidikan Dasar | 3 | III |
15. | Tesis | 8 | III / IV |
b. Elective Courses | |||
16. | Landasan dan Inovasi Pembelajaran Abad 21 | 3 | II |
17. | Persfektif Global dan Problematika Pendidikan Dasar | ||
Jumlah SKS | 42 |
Dosen Pengajar
No. | Nama Dosen | Pengalaman Kerja Profesional |
1. | Prof. Dr. Ida Bagus Putu Arnyana, M.Si. |
|
2. | Prof. Dr. I Nyoman Sudiana, M.Pd. |
|
3. | Prof. Drs. Sariyasa, M.Sc., Ph.D. |
|
4. | Prof. Dr. I Made Ardana, M.Pd |
|
5. | Prof. Dr. Drs. I Wayan Kertih, M.Pd. |
|
6. | Prof. Dr. I Wayan Lasmawan |
|
7. | Prof. Dr. I Nengah Suastika, S.Pd., M.Pd. |
|
8. | Prof. Dr. Dewa Bagus Sanjaya, M.Si. |
|
9. | Prof. Dr. Ni Ketut Suarni, M.S., Kons. |
|
10. | Dr. I Gede Margunayasa, S.Pd., M.Pd. |
|
11. | Prof. Dr. Nyoman Dantes |
|
12. | Prof. Dr. I Wayan Suastra, M.Pd. |
|
13. | Prof. Dr. Ida Bagus Putrayasa, M.Pd. |
|
14. | Prof. Dr. Putu Budi Adnyana, M.Si. |
|
15. | Prof. Dr. Maria Goreti Rini Kristiantari, M.Pd. |
|
16. | Prof. Dr. Desak Putu Parmiti, M.S. |
|
17. | Dr. I Gede Astawan, S.Pd., M.Pd. |
|
18. | Dr. I Made Citra Wibawa, S.Pd., M.Pd. |
|
19. | Prof. Dr. I Wayan Widiana, S.Pd., M.Pd. |
|
No. | Nama Dosen | Jabatan |
1. | Komang Edi Putra, S.Ag., M.Pd.Gr. |
|
2. | I Ketut Budiarsa, S.Pd., M.Pd. |
|
No. | Nama Dosen | Jabatan |
1. | Dr. Rusmin Husain, M.Pd. |
|
2. | Dr. Richard Pangkey, M.Pd. |
|
3. | Dr. Yanti Fitria, S.Pd., M.Pd. |
|
4. | Dr. Hazrul Affendi |
|
Keunggulan
PENGUMUMAN TERKINI
KONTAK KAMI
- Jalan Udayana No.11 Singaraja