Sesuai dengan UU Republik Indonesia No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pada Pasal 5 menyatakan bahwa setiap warga negara mempunyai hak yang sama untuk memperoleh pendidikan yang bermutu. Warga negara yang memiliki kelainan fisik, emosional, mental, intelektual, dan/atau sosial berhak memperoleh pendidikan khusus. Dengan adanya aturan ini, merupakan kewajiban bagi setiap sekolah untuk bisa mengakomodasi peserta didik yang berkebutuhan khusus untuk diterima di sekolah regular. Namun, berdasarkan hasil observasi ditemukan bahwa pengimplementasian Pendidikan Inklusi di lapangan menemukan banyak kendala, sehingga perlu mendapatkan perhatian pihak terkait.
Sebagai universitas pendidikan yang memiliki wewenang untuk menyiapkan calon guru, Undiksha perlu melakukan suatu upaya agar implementasi tentang pendidikan inklusi ini bisa berjalan dengan lebih baik. Dengan demikian, S3 Pendidikan Bahasa Inggris Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha, bekerjasama dengan Asosiasi Pendidikan Bahasa Asing Pascasarjana Indonesia (APBAPI) menyelenggarakan kuliah umum terkait pendidikan inklusi bertemakan “Curriculum for Students with Special Needs” dengan menghadirkan dua Narasumber yaitu Agaath Hoeksema (The Netherlands) dan Prof. Dr. Ni Nyoman Padmadewi, M.A (Universitas Pendidikan Ganesha). Masing-masing narasumber akan menyampaikan materi yang sangat bermanfaat untuk menunjang pengetahuan pendidik, mahasiswa pascasarjana dan mahasiswa calon guru tentang Pendidikan Inklusi. Narasumber 1 akan memaparkan materi tentang “Curriculum for Students with Special Needs” dan Narasumber 2 melengkapi pemaparan materi tentang “Teaching English in Inclusive School and Ideas for further research”.
Kegiatan ini merupakan kuliah umum yang dihadiri oleh mahasiswa pascasarjana untuk Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris Undiksha, dan prodi sejenis yang masuk dalam Asosiasi Pendidikan Bahasa Inggris Pascasarjana Indonesia yang akan dilaksanakan pada hari Rabu, 14 Desember 2022, pukul 14.30 WITA-selesai melalui Zoom Meeting https://bit.ly/3VwUwNG.