Program Magister Program Studi Pendidikan IPS
Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha
Visi :
Menjadi Penyelenggara Pendidikan IPS Yang Unggul Berlandaskan Falsafah Tri Hita Karana Di Asia Pada Tahun 2045
Misi :
- Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran Pendidikan IPS yang berkualitas, edukatif, humanis berlandaskan nilai-nilai Tri Hita Karana.
- Menyelenggarakan penelitian Pendidikan IPS yang berkualitas dan berdaya saing yang berkontribusi pada peningkatan mutu karya akademik Pendidikan IPS, pengembangan teknologi rekayasa social dan pengembangan kebijakan publik, serta masyarakat dan lingkungannya.
- Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat untuk menumbuhkembangkan keberdayaan masyarakat dan sekolah berlandaskan nilai-nilai Tri Hita Karana.
- Membangun kerjasama dan networking dengan instansi terkait untuk peningkatan kualitas dan daya saing pendidikan IPS, dan nilai-nilai sosial kemasyarakatan, baik tingkat regional, nasional, maupun internasional.
Tujuan :
- Menghasilkan lulusan yang kompeten dan berdaya saing di bidang Pendidikan IPS berlandaskan nilai-nilai Tri Hita Karana.
- Menghasilkan karya akademik yang berkualitas dan berdaya saing melalui kegiatan penelitian dan publikasi ilmiah di bidang Pendidikan IPS.
- Menghasilkan kontribusi positif dalam memberdayakan masyarakat dan sekolah melalui penyebarluasan dan penerapan produk-produk akademik Pendidikan IPS.
- Menghasilkan kerjasama baik dengan pemerintah, lembaga swasta dan perguruan tinggi dalam dan luar negeri yang berkontribusi pada penguatan kualitas dan daya saing pendidikan IPS dan nilai-nilai sosial dan budaya kemasyarakatan.
Lama Studi dan Karir Lulusan
Program Studi S2 Pendidikan IPS Pascasarjana Undiksha termasuk program studi tercepat dalam meluluskan mahasiswa. Rata-rata masa studi mahasiswa 1 tahun 11 bulan. Atas prestasi ini, program studi mendapat penghargaan Angka Efisiensi edukasi (AEE) berturut-turut tahun 2020 dan 2021
Karir lulusan S2 Pendidikan IPS Pascasarjana Undiksha sangat membanggakan. Hal ini terlihat dari hasil tracer study (pelacakan) alumni tahun 2021 dimana alumni yang mendapatkan pekerjaan kurang dari 6 bulan setelah lulus sebesar 95,27%. Sebagain besar (93,41%) alumni bekerja sebagai pendidik (guru dan dosen) di sekolah negeri dan swasta. Prestasi kerja alumni dalam mengemban profesinya tergolong sangat baik. Hal ini terbukti dari penilaian atasan/pimpinan tempat bekerja tentang integritas (moral/etika), penguasaan bidang ilmu, bahasa inggris, penguasaan teknologi informasi, kemampuan berkomunikasi, bekerja secara Tim (team work) dan pengembangan diri, rata-rata 91,67%.
Kurikulum Program Studi
Program Magister Program Studi Pendidikan IPS menerapkan kurikulum MBKM dimana beberapa mata kuliah dirancang sebagai program inbond-outbond dengan program studi di dalam perguruan tinggi, antar-perguruan tinggi dan dengan stakeholders di Lembaga pemerintahan dan swasta yang relevan. Pembelajaran dilakukan secara blended learning dan semua mata kuliah (kecuali tesis) ditawarkan di semester 1 dan 2. Struktur kurikulum sepeti pada tabel berikut.
No. | Struktur Kompetensi MK | SKS |
---|---|---|
1. | Kompetensi inti keilmuan | 6 |
2. | Kompetensi IPTEK Pendukung | 6 |
3. | Kompetensi Penciri Prodi | 15 |
4. | MK pilihan wajib | 3 |
5. | MK lintas prodi di dalam PT | 3 |
6. | Tesis | 8 |
Total | 41 | |
Catatan : Mhs wajib memilih satu MK pilihan dengan bobot 3 sks dari 4 MK pilihan yang ditawarkan |
No. | Profil | Jenis Pekerjaan | Deskripsi Pekerjaan |
1. | Pendidik Pendidikan IPS | Guru, Dosen, Instruktur pada lembaga pendidikan formal dan nonformal di jenjang pendidikan dasar, menengah dan pendidikan tinggi baik nasional maupun internasional. | Guru profesional yang mampu mengembangkan dan mentransformasikan pembelajaran pendidikan IPS kepada peserta didik. |
2. | Tenaga ahli/peneliti bidan pendidikan IPS | Tenaga ahli/konsultan dan peneliti bidang perencanaan, evaluasi dan pengembangan Pendidikan (IPS) dan pembangunan social di lembaga swasta dan pemerintah tingakt lokal, nasional maupun internasional. | Tenaga ahli profesional yang memberikan kontribusi pada perencanaan, pengembangan, evaluasi dan solusi penyelesaian masalah-masalah bidang pendidikan IPS, dan pembangunan social. Peneliti profesional yang berkontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi bidang pendidikan IPS dan perumusan kebijakan penyelenggaraan pendidikan. |
3. | Wirausaha social/edupreneur IPS | Pengelola lembaga pendidikan formal dan nonformal, Pengembang perangkat pendidikan IPS berbasis digital, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), Pebisnis Sosial (CSR, Yayasan Sosial, dan lainnya). | Wirausaha yang professional di bidang pendidikan dan social yang mampu memberikan kontribusi saling menguntungakan (mutual benefits) antara wirausaha dengan masyarakat sasaran dengan mengedepankan prinsip efektifitas, manfaat, dan kontinyuitas. |
1. Mata Kuliah Inti Keilmuan | |||
NO | MATA KULIAH | SKS | SEMESTER |
1. | Filsafat Ilmu Berwawasan Ilmu-Ilmu Sosial dan Humaniora | 3 | I |
2. | Metodologi Penelitian dalam Pendidikan IPS | 3 | II |
Jumlah | 6 | ||
2. Mata Kuliah IPTEK Pendukung | |||
NO | MATA KULIAH | SKS | SEMESTER |
1. | Pengembangan Desain, Media dan Sumber Belajar IPS Berbasis ICT | 3 | II |
2. | Aplikasi Statistik Dalam Pendidikan IPS | 3 | I |
Jumlah | 6 | ||
3. Mata Kuliah Penciri Prodi | |||
NO | MATA KULIAH | SKS | SEMESTER |
1. | Teori, Model, Strategi, dan Pendekatan Pembelajaran IPS | 3 | II |
2. | Pengembangan Kurikulum dan Assesmen Pendidikan IPS | 3 | II |
3. | Manusia, Ruang, dan Pengelolaan Sumberdaya | 3 | I |
4. | Teori-Teori Sosial Budaya, Demokratisasi dan Civil Society | 3 | II |
5. | Sistem Sosiokultural Perspektif Tri Hita Karana | 3 | I |
6. | Tesis | 8 | III |
Jumlah | 23 | ||
4. Mata Kuliah Pilihan | |||
NO | MATA KULIAH | SKS | SEMESTER |
Pilihan Dalam Prodi *) | |||
1. | Edupreneur bidang IPS Berbasis Digitalisasi | 3 | I |
2. | Kewirausahaan Sosial dan Pengembangan LSM | ||
3. | Pembangunan sosial | ||
4. | Analisis Sumberdaya dan Pembelajaran IPS di sekolah (studi lapangan) | ||
Pilihan Lintas / Luar Prodi | |||
1. | (Mahasiswa wajib memilih mata kuliah di luar Prodi Pendidikan IPS sesuai minat dan kepentingannya) | 3 | III |
Jumlah | 6 | ||
Total | 41 | ||
*) = Mahasiswa wajib memilih satu mata kuliah dengan bobot 3 sks |
Penerimaan Mahasiswa Baru
Tahun Akademik 2022 / 2023
Dosen Tetap Program Studi
No. | Nama Dosen | Bidang Keahlian |
1. | Geografi Human / Sosial | |
2. | Pendidikan IPS | |
3. | Geografi Lingkungan | |
4. | Pendidikan IPS | |
5. | Pendidikan Geografi | |
6. | Pendidikan IPS | |
7. | Kajian Sosial Budaya | |
8. | Kajian Sosial Budaya | |
9. | Pendidikan IPS | |
10. | Pendidikan IPS | |
11. | Pendidikan Ekonomi |
Seputar Pascasarjana Undiksha
[elfsight_youtube_gallery id="5"]
PENGUMUMAN TERKINI
KONTAK KAMI
- Jalan Udayana No.11 Singaraja