parallax background

Doktoral Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha

Visi :

Menjadi Program Studi Unggul Menguasai Filosofi Keilmuan, Pengetahuan dan Keterampilan serta Mampu Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Pendidikan Dasar Berlandaskan Falsafah Tri Hita Karana di Asia Tahun 2045

Misi :

  1. Membina pertumbuhan intelektual, kreatif, dan pribadi mahasiswa agar berpikir kritis, kreatif, dan berwawasan luas, menjadi kompeten dalam kehidupan mereka sendiri, komunitas mereka, dan dunia dengan menyediakan pendidikan berkualitas tinggi.
  2. Memberikan kesempatan kepada program studi untuk memberikan landasan bagi kemajuan ilmu pengetahuan tentang profesi di mana penelitian, kreativitas, inovasi, dan kewirausahaan dapat berkembang; dan menjamin bahwa setiap orang dapat mengembangkan potensi mereka secara penuh.
  3. Terlibat dalam kemitraan dan pengabdian masyarakat yang kompetitif, kolaboratif, akomodatif, dan inovatif yang berkontribusi pada pertumbuhan masyarakat dan memiliki pengaruh regional, nasional, dan global. Menghasilkan Lulusan Pendidikan Doktor yang mampu menunjukkan perilaku profesional, memajukan perdamaian dan kerukunan sosial serta menunjukkan komitmen terhadap pembangunan berkelanjutan untuk kemajuan masyarakat.
  4. Menghasilkan Lulusan Pendidikan Doktor yang menempuh pendidikan sepanjang hayat di lapangan, dan menghasilkan solusi inovatif dengan menggunakan penelitian, kewirausahaan, dan keterampilan pemecahan masalah yang kompleks.

Tujuan :

  1. Menghasilkan lulusan Pendidikan Doktor yang unggul secara intelektual, harmonis moral, diakui oleh organisasi lokal, regional dan global dengan berhasil menunjukkan profesi bidang utama atau disiplin terkait.
  2. Menghasilkan Lulusan Doktor Pendidikan yang mampu menunjukkan perilaku profesional, mendorong perdamaian dan kerukunan sosial serta menunjukkan komitmen terhadap pembangunan berkelanjutan untuk kemajuan masyarakat.
  3. Menghasilkan Lulusan Doktor Pendidikan yang menempuh pendidikan sepanjang hayat di lapangan, dan menghasilkan solusi inovatif dengan menggunakan penelitian, kewirausahaan, dan keterampilan pemecahan masalah yang kompleks.

Kurikulum Program Studi

No. Profil Lulusan Deskripsi
1 Peneliti profesional yang memiliki etika moral, integritas, dan kemampuan memecahkan masalah pendidikan terkini dan kebijakan strategis

Peneliti profesional yang memiliki etika moral, integritas, dan kemampuan untuk memecahkan masalah pendidikan saat ini dan kebijakan strategis ditandai dengan karakteristik berikut:

  1. Menguasai prinsip dan implementasi penelitian terkait isu terkini di bidang Sains dan Pendidikan

  2. Kemampuan menggunakan implikasi perkembangan atau penerapan ilmu teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora menurut keahliannya berdasarkan kaidah, prosedur, dan etika ilmiah untuk menghasilkan solusi, gagasan, kritik, kompilasi ilmiah deskripsi hasil studinya dalam bentuk tugas akhir atau disertasi

  3. Mampu menemukan atau mengembangkan teori/konsepsi/ide ilmiah baru dan berkontribusi pada pengembangan, pengamalan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan penerapan nilai-nilai humaniora pada bidang keahliannya melalui penelitian ilmiah berdasarkan roadmap penelitian dengan interdisipliner, multidisipliner , atau pendekatan lintas disiplin.
2 Pendidik yang memiliki etika moral yang sangat baik, integritas, dan menunjukkan keahlian dalam mata pelajaran yang mereka ajarkan dan menghabiskan waktu terus untuk mendapatkan pengetahuan baru di bidangnya

Pendidik yang memiliki etika moral yang sangat baik, integritas, dan menunjukkan keahlian dalam mata pelajaran yang mereka ajarkan dan menghabiskan waktu terus untuk mendapatkan pengetahuan baru di bidangnya, dicirikan oleh karakteristik berikut:

  1. Menguasai dan mengkritisi falsafah ilmu dan pendidikan serta penerapan ilmu muatan pedagogik untuk mampu memecahkan masalah pendidikan saat ini secara harmonis.

  2. Mampu mengintegrasikan pembelajaran dan keterampilan inovasi, penguasaan teknologi dan informasi, pengembangan karir, dan kecakapan hidup untuk menjadi pembelajar sepanjang hayat.

  3. Kemampuan untuk membuat rencana inovatif studi terkait dalam instruksi pendidikan di pendidikan tinggi, melakukan pengajaran dan pembelajaran yang efektif dan komunikasi di dalam dan di luar kelas.

3 Konsultan Pendidikan yang berempati dan bersosialisasi, terampil dalam mengidentifikasi masalah dan brainstorming solusi potensial, komprehensif dan integratif. Memiliki keterampilan komunikasi tertulis dan lisan yang sangat baik.

Konsultan Pendidikan yang berempati dan bersosialisasi, terampil dalam mengidentifikasi masalah dan brainstorming solusi potensial, komprehensif dan integratif; memiliki keterampilan komunikasi tertulis dan lisan yang sangat baik. dicirikan oleh ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Menguasai dan mengkritisi falsafah ilmu dan pendidikan serta penerapan ilmu muatan pedagogik untuk mampu memecahkan masalah pendidikan saat ini secara harmonis

  2. Mampu menemukan atau mengembangkan teori/konsepsi/gagasan ilmiah baru dan berkontribusi pada pengembangan, pengamalan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan penerapan nilai-nilai humaniora dalam bidang keahliannya

  3. Kemampuan untuk menunjukkan keterampilan kewirausahaan dan kepemimpinan

  4. Kemampuan menggunakan implikasi perkembangan atau penerapan ilmu teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, prosedur, dan etika ilmiah untuk menghasilkan solusi, gagasan, kritik, kompilasi ilmiah deskripsi hasil studi mereka

1. Sikap

S1

Menunjukkan sikap dan tindakan ilmiah, pendidikan, dan keagamaan yang berkontribusi pada peningkatan kualitas kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara berdasarkan norma dan etika akademik berdasarkan kearifan lokal Tri Hita Karana

2. Pengetahuan

P1

Menguasai dan mengkritisi falsafah ilmu dan pendidikan serta implementasi ilmu muatan pedagogik untuk mampu memecahkan masalah pendidikan saat ini secara harmonis

P2

Menguasai prinsip dan implementasi penelitian terkait isu terkini di bidang Sains dan Pendidikan

3. Keterampilan Umum

KU1

Mampu mengintegrasikan pembelajaran dan keterampilan inovasi, penguasaan teknologi dan informasi, pengembangan karir, dan kecakapan hidup untuk menjadi pembelajar sepanjang hayat.

KU2

Mampu menemukan atau mengembangkan teori/konsepsi/ide ilmiah baru dan berkontribusi pada pengembangan, pengamalan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan penerapan nilai-nilai humaniora pada bidang keahliannya melalui penelitian ilmiah berdasarkan roadmap penelitian dengan interdisipliner, multidisiplin, atau pendekatan lintas disiplin.

4. Keterampilan Khusus

KK1

Kemampuan untuk membuat rencana inovatif studi terkait dalam instruksi pendidikan di pendidikan tinggi, melakukan pengajaran dan pembelajaran yang efektif dan komunikasi di dalam dan di luar kelas.

KK2

Kemampuan mensintesis pengetahuan, ilmu pengetahuan, dan teknologi kontekstual yang diperlukan untuk memecahkan masalah di bidang ilmu pengetahuan dan pendidikan melalui penelitian dan kerja kolaboratif

KK3

Kemampuan untuk menunjukkan keterampilan kewirausahaan dan kepemimpinan

KK4

Kemampuan menggunakan implikasi perkembangan atau penerapan ilmu teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, prosedur, dan etika ilmiah untuk menghasilkan solusi, gagasan, kritik, menyusun deskripsi ilmiah tentang hasil studinya berupa tugas akhir atau disertasi.

A. Mata Kuliah Inti Keilmuan Program Studi (MKIKPS)

NONAMA MATA KULIAHSKSSEMESTER
1.

Filsafat Ilmu dan Pendidikan

21
2.

Pendidikan Humanis Berbasis Budaya THK

31
3.

Statistik Lanjutan

31
4.

Isu Isu Kritis dan Orientasi Baru Pedagogi

32
5.

Metodologi Penelitian Pendidikan Lanjutan

31
6.

Sosiologi dan Antropologi Pendidikan

21
7.

Analisis Kurikulum

32
8.

Analisis Kebijakan dan Evaluasi Program Pendidikan

32
9.

Inovasi Model Pembelajaran dan Model Evaluasi

32
10.

DISSERTATION

124
Total Kredit MKIKPS37

B. Mata Kuliah Pilihan Program Studi (MKPPS)

NONAMA MATA KULIAHSKSSEMESTER
1.

Analisis perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran

31
2.

Analisis Sistem Pendidikan Nusantara

32
3.

Analisis Perbandingan Sistem Pendidikan di Beberapa Negara

33
4.

Teori Tes Modern

32
5.

Pengembangan Instrumen Baku

32
6.

Pendalaman Penelitian di Bidang Evaluasi Pendidikan

33
7.

Ekonomi Pendidikan

32
8.

Management Strategik Dalam Pendidikan

32
9.

Management Pengembangan Profesi dan Perilaku Tenaga Kependidikan

33
10.

Analisis Kritis Problematik, Hipotetik, dan Metodologik Teknologi Pembelajaran

31
11.

Perkembangan Teknologi Pengetahuan

3
12.

Sistem Informasi Managemen Pendidikan

33
13.

Pengembangan Materi dan Model Pembelajaran

31
14.

Pengembangan Model Evaluasi Pembelajaran

32
15.

Analisis Kritis Pendidikan Terkini

31
16.

Analisis Sistematik Teori, Model dan Teknik Konseling

31
17.

Pengembangan Model Konseling Inovatif

33
18.

Pembelajaran Inovatif

32
19.

Management dan Pengembangan Profesi Pendidikan

3
20.

Demokrasi, HAM dan Multikulturalisme

33
Total Kredit MKPPS9

C. Mata Kuliah Matrikulasi/ Aanvullen course (MKAv) *)

NONAMA MATA KULIAHSKSSEMESTER
1.

Psikologi Pendidikan

31
2.

Model Pembelajaran

31
3.

Management pembelajaran

32
4.

Evaluasi Pembelajaran

32
Total Kredit Mata Kuliah Matrikulasi (aanvullen courses)12

Jumlah total kredit jam untuk mahasiswa dengan latar belakang pendidikan yang sama (yang telah mengambil Mata Kuliah Pascasarjana dalam gelar Master)

35

Jumlah total kredit jam untuk siswa dengan latar belakang pendidikan yang berbeda (yang belum mengambil mata kuliah dalam gelar Master)

47

Mata kuliah prasyarat (aanvullen) hanya diambil oleh mahasiswa yang latar belakang pendidikannya tidak linier dengan program studi dan wajib diambil oleh seluruh mahasiswa sebanyak 12 sks dari jumlah sks yang diberikan.

 

Dosen Pengajar

No.Nama DosenCV Dosen
1.

Prof. Dr. Putu Kerti Nitiasih, M.A.

Baca CV ...
2.

Prof. Drs. I Wayan Subagia, M.App.Sc., Ph.D.

Baca CV ...
3.

Prof. Dr. Phill. I Gst. Putu Sudiarta, M.Si.

Baca CV ...
4.

Prof. Dr. Ni Nyoman Padmadewi, M.A.

Baca CV ...
5.

Prof. Dra. Luh Putu Artini, M.A., Ph.D.

Baca CV ...
6.

Prof. Dr. Gede Rasben Dantes, S.T., M.T.I.

Baca CV ...
7.

Dr. I Wayan Puja Astawa, S.Pd., M.Stat.Sci.

Baca CV ...
8.

Dr. I Wayan Sukra Warpala, S.Pd., M.Sc.

Baca CV ...
9.

Dr. phil. Dessy Seri Wahyuni, S.Kom., M.Eng.

Baca CV ...
10.

Made Hery Santosa, S.Pd, M.Pd., Ph.D.

Baca CV ...
11.

Dr. Putu Suarcaya, S.Pd., M.Sc.

Baca CV ...
No.Nama Dosen dan Keahlian
1.

Dr. Robert Lemelson dari UCLA dengan topik Anthropological Approach to Neurodiversity in Education

2.

Agaath Hoeksema dari Netherlands dengan topik Curriculum for students with Special Needs

3.

Prof. Dr. Sudarwan Danim dari Universitas Bengkulu dengan topik Critical Pedagogy

4.

Dr. Gumawang Jati dari Institut Teknologi Bandung dengan topik Cyber Pedagogy

Keunggulan

SDM Profesional

Dosen berkualifikasi 85% Profesor dan 15% Doktor

Biaya Pendidikan

terjangkau Rp 9.300.000 per semester

Terakreditasi "Unggul"

oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK)

Tempat Kuliah Fleksibel

bisa memilih kampus di Singaraja atau Denpasar

Moda Perkuliahan Fleksibel

secara Daring / Luring


Unit Percepatan Penulisan Artikel

sehingga mahasiswa bisa segera menerbitkan Artikel

Program Percepatan Kelulusan

mahasiswa berpeluang lulus di bawah 3 tahun

Kerjasama dengan Lembaga Nasional

PPSDP : Persatuan Program Studi Doktor Pendidikan

Kerjasama dengan Lembaga Internasional

Mahidol University

Memiliki kelas Internasional

China class