No. | Profil Lulusan | Deskripsi |
---|---|---|
1 | Peneliti profesional yang memiliki etika moral, integritas, dan kemampuan memecahkan masalah pendidikan terkini dan kebijakan strategis | Peneliti profesional yang memiliki etika moral, integritas, dan kemampuan untuk memecahkan masalah pendidikan saat ini dan kebijakan strategis ditandai dengan karakteristik berikut:
|
2 | Pendidik yang memiliki etika moral yang sangat baik, integritas, dan menunjukkan keahlian dalam mata pelajaran yang mereka ajarkan dan menghabiskan waktu terus untuk mendapatkan pengetahuan baru di bidangnya | Pendidik yang memiliki etika moral yang sangat baik, integritas, dan menunjukkan keahlian dalam mata pelajaran yang mereka ajarkan dan menghabiskan waktu terus untuk mendapatkan pengetahuan baru di bidangnya, dicirikan oleh karakteristik berikut:
|
3 | Konsultan Pendidikan yang berempati dan bersosialisasi, terampil dalam mengidentifikasi masalah dan brainstorming solusi potensial, komprehensif dan integratif. Memiliki keterampilan komunikasi tertulis dan lisan yang sangat baik. | Konsultan Pendidikan yang berempati dan bersosialisasi, terampil dalam mengidentifikasi masalah dan brainstorming solusi potensial, komprehensif dan integratif; memiliki keterampilan komunikasi tertulis dan lisan yang sangat baik. dicirikan oleh ciri-ciri sebagai berikut:
|
1. Sikap | |
S1 | Menunjukkan sikap dan tindakan ilmiah, pendidikan, dan keagamaan yang berkontribusi pada peningkatan kualitas kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara berdasarkan norma dan etika akademik berdasarkan kearifan lokal Tri Hita Karana |
2. Pengetahuan | |
P1 | Menguasai dan mengkritisi falsafah ilmu dan pendidikan serta implementasi ilmu muatan pedagogik untuk mampu memecahkan masalah pendidikan saat ini secara harmonis |
P2 | Menguasai prinsip dan implementasi penelitian terkait isu terkini di bidang Sains dan Pendidikan |
3. Keterampilan Umum | |
KU1 | Mampu mengintegrasikan pembelajaran dan keterampilan inovasi, penguasaan teknologi dan informasi, pengembangan karir, dan kecakapan hidup untuk menjadi pembelajar sepanjang hayat. |
KU2 | Mampu menemukan atau mengembangkan teori/konsepsi/ide ilmiah baru dan berkontribusi pada pengembangan, pengamalan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan penerapan nilai-nilai humaniora pada bidang keahliannya melalui penelitian ilmiah berdasarkan roadmap penelitian dengan interdisipliner, multidisiplin, atau pendekatan lintas disiplin. |
4. Keterampilan Khusus | |
KK1 | Kemampuan untuk membuat rencana inovatif studi terkait dalam instruksi pendidikan di pendidikan tinggi, melakukan pengajaran dan pembelajaran yang efektif dan komunikasi di dalam dan di luar kelas. |
KK2 | Kemampuan mensintesis pengetahuan, ilmu pengetahuan, dan teknologi kontekstual yang diperlukan untuk memecahkan masalah di bidang ilmu pengetahuan dan pendidikan melalui penelitian dan kerja kolaboratif |
KK3 | Kemampuan untuk menunjukkan keterampilan kewirausahaan dan kepemimpinan |
KK4 | Kemampuan menggunakan implikasi perkembangan atau penerapan ilmu teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, prosedur, dan etika ilmiah untuk menghasilkan solusi, gagasan, kritik, menyusun deskripsi ilmiah tentang hasil studinya berupa tugas akhir atau disertasi. |
Kelompok mata kuliah pada program studi Doktor Ilmu Pendidikan terdiri atas kelompok-kelompok sebagai berikut: (1) Mata kuliah inti program studi adalah kelompok mata kuliah yang memuat pengetahuan, keterampilan, dan sikap untuk membekali mahasiswa dalam mengembangkan kompetensi pedagogik umum dan khusus atau pengetahuan pedagogik. sebagai pendidik, peneliti dan konsultan di bidang Pendidikan; (2) Mata Kuliah Keahlian Pilihan Program Studi adalah kumpulan mata kuliah yang memuat pengetahuan, keterampilan, dan sikap untuk membekali mahasiswa dalam mengembangkan kompetensi utama program studi dan membekali mahasiswa dengan mata kuliah yang mendukung minat penelitiannya; dan (3) Mata kuliah Matrikulasi atau Aanvullen, merupakan mata kuliah yang harus diambil oleh mahasiswa yang tidak berasal dari latar belakang pendidikan.
Laporan penelitian sebagai karya tulis ilmiah merupakan salah satu syarat kelulusan program doktor dalam bentuk Disertasi. Skripsi adalah karya tulis yang ditujukan untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa program sarjana, dalam menyusun karya ilmiah sebagai karya pengalaman belajar secara menyeluruh, berdasarkan hasil penelitian lapangan berdasarkan penerapan teori, dan ditulis dengan tata cara penulisan karya ilmiah.
A. Mata Kuliah Inti Keilmuan Program Studi (MKIKPS) | |||
NO | NAMA MATA KULIAH | SKS | SEMESTER |
1. | Filsafat Ilmu dan Pendidikan | 2 | 1 |
2. | Pendidikan Humanis Berbasis Budaya THK | 3 | 1 |
3. | Statistik Lanjutan | 3 | 1 |
4. | Isu Isu Kritis dan Orientasi Baru Pedagogi | 3 | 2 |
5. | Metodologi Penelitian Pendidikan Lanjutan | 3 | 1 |
6. | Sosiologi dan Antropologi Pendidikan | 2 | 1 |
7. | Analisis Kurikulum | 3 | 2 |
8. | Analisis Kebijakan dan Evaluasi Program Pendidikan | 3 | 2 |
9. | Inovasi Model Pembelajaran dan Model Evaluasi | 3 | 2 |
10. | DISSERTATION | 12 | 4 |
Total Kredit MKIKPS | 37 |
B. Mata Kuliah Pilihan Program Studi (MKPPS) | |||
NO | NAMA MATA KULIAH | SKS | SEMESTER |
1. | Analisis perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran | 3 | 1 |
2. | Analisis Sistem Pendidikan Nusantara | 3 | 2 |
3. | Analisis Perbandingan Sistem Pendidikan di Beberapa Negara | 3 | 3 |
4. | Teori Tes Modern | 3 | 2 |
5. | Pengembangan Instrumen Baku | 3 | 2 |
6. | Pendalaman Penelitian di Bidang Evaluasi Pendidikan | 3 | 3 |
7. | Ekonomi Pendidikan | 3 | 2 |
8. | Management Strategik Dalam Pendidikan | 3 | 2 |
9. | Management Pengembangan Profesi dan Perilaku Tenaga Kependidikan | 3 | 3 |
10. | Analisis Kritis Problematik, Hipotetik, dan Metodologik Teknologi Pembelajaran | 3 | 1 |
11. | Perkembangan Teknologi Pengetahuan | 3 | |
12. | Sistem Informasi Managemen Pendidikan | 3 | 3 |
13. | Pengembangan Materi dan Model Pembelajaran | 3 | 1 |
14. | Pengembangan Model Evaluasi Pembelajaran | 3 | 2 |
15. | Analisis Kritis Pendidikan Terkini | 3 | 1 |
16. | Analisis Sistematik Teori, Model dan Teknik Konseling | 3 | 1 |
17. | Pengembangan Model Konseling Inovatif | 3 | 3 |
18. | Pembelajaran Inovatif | 3 | 2 |
19. | Management dan Pengembangan Profesi Pendidikan | 3 | |
20. | Demokrasi, HAM dan Multikulturalisme | 3 | 3 |
Total Kredit MKPPS | 9 |
C. Mata Kuliah Matrikulasi/ Aanvullen course (MKAv) *) | |||
NO | NAMA MATA KULIAH | SKS | SEMESTER |
1. | Psikologi Pendidikan | 3 | 1 |
2. | Model Pembelajaran | 3 | 1 |
3. | Management pembelajaran | 3 | 2 |
4. | Evaluasi Pembelajaran | 3 | 2 |
Total Kredit Mata Kuliah Matrikulasi (aanvullen courses) | 12 | ||
Mata kuliah prasyarat (aanvullen) hanya diambil oleh mahasiswa yang latar belakang pendidikannya tidak linier dengan program studi dan wajib diambil oleh seluruh mahasiswa sebanyak 12 sks dari jumlah sks yang diberikan. |