Profil Lulusan | Deskripsi Profil Lulusan |
Pendidik profesional: guru, dosen, peneliti, widyaiswara, konsultan bidang pendidikan bahasa | Pendidik, pengajar, dan peneliti profesional yang menguasai ilmu pendidikan dan ilmu bahasa, mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan atau seni dalam bidang pendidikan bahasa untuk memecahkan masalah melalui pengembangan riset dengan pendekatan inter, multi, atau transdisipliner yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan pendidikan bahasa |
1. Sikap | |
PO1 | Menunjukkan sikap dan perilaku ilmiah, edukatif, dan religius, yang berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara berdasarkan norma dan etika akademik berbasis pada nilai THK |
2. Pengetahuan | |
PO2 | Menguasai dan mengkritisi filsafat, teori, pendekatan pendidikan bahasa sehingga mampu memiliki profesionalisme pada pengembangan riset yang menghasilkan karya kreatif, original, dan teruji secara ilmiah |
PO3 | Menguasai pengetahuan konten paedagogis dalam bidang bahasa sehingga mampu memecahkan permasalahan pendidikan dan pembelajaran bahasa |
PO4 | Menguasai pengetahuan terkait etika ilmiah dalam melaksanakan dan mengomunikasikan pengetahuan dan penelitian dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi mutakhir |
3. Keterampilan Umum | |
PO5 | Mampu mengintegrasikan kecakapan belajar dan berinovasi, penguasaan teknologi dan informasi, pengembangan karir, dan kecakapan hidup untuk menjadi pembelajar sepanjang hayat. |
PO6 | Mampu menemukan atau mengembangkan teori/konsepsi/ gagasan ilmiah baru dan memberikan kontribusi pada pengembangan, pengamalan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan penerapan nilai humaniora di bidang keahlian bahasa dan pembelajarannya melalui penelitian ilmiah berdasarkan peta jalan penelitian dengan pendekatan interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin. |
4. Keterampilan Khusus | |
PO7 | Mampu memecahkan permasalahan bidang bahasa serta pembelajarannya melalui pendalaman dan perluasan ilmu pengetahuan secara inter, multi, atau transdisipliner |
PO8 | Mampu menganalisis bahasa serta pembelajarannya melalui riset baik secara individu maupun kolaboratif dalam bidang bahasa dan pembelajarannya yang dikomunikasikan dalam forum dan atau jurnal ilmiah untuk mendapatkan pengakuan secara nasional dan internasional |
Semester I | |||
NO | MATA KULIAH | SKS | SEMESTER |
1. | Etnopedagogik Lanjut Berperspektif THK | 2 | I |
2. | Perkembangan Linguistik Mutakhir | 2 | I |
3. | Pembelajaran Inovatif Bahasa dan Sastra | 3 | I |
4. | Pengkajian Kurikulum dan Materi Ajar Bahasa | 3 | I |
5. | Psikolinguistik Lanjut | 3 | I |
6. | Literacy and Language Learning | 3 | I |
Jumlah SKS | 16 |
Semester II | |||
NO | MATA KULIAH | SKS | SEMESTER |
1. | Filsafat Bahasa dan Sastra | 3 | II |
2. | Metode Penelitian Bahasa,Sastra,dan Statistika Lanjut | 3 | II |
3. | Analisis Wacana Kritis | 3 | II |
4. | Folklore Digital Berperspektif THK | 3 | II |
5. | Linguistik Antropologi | 2 | II |
6. | Linguistik Pendidikan Lanjut | 3 | II |
Jumlah SKS | 17 |
Semester III | |||
NO | MATA KULIAH | SKS | SEMESTER |
1. | Mata Kuliah Pilihan* | ||
a. Problematika Bahasa Indonesia | 3 | II | |
b. Linguistik Forensik | |||
c. Information and Techology in Language Teaching | |||
Jumlah SKS | 3 | ||
*) Pilih salah satu |
Semester IV - VI | |||
NO | MATA KULIAH | SKS | SEMESTER |
1. | Disertasi | 12 | IV - VI |
Jumlah SKS | 12 |