Profil lulusan Program Doktor/S3 Pendidikan Dasar Universitas Pendidikan Ganesha adalah:

Pendidik, pengajar, dan peneliti profesional yang mampu menemukan atau mengembangkan, mentransformasikan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni dalam bidang pendidikan dasar, serta berkarakter, kritis, inovatif, kreatif, komunikatif, dan kolaborati.

CPL Sikap :

S1.

Menunjukkan sikap dan perilaku ilmiah, edukatif, dan religious yang berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan masyarakat, berbangsa dan bernegara berdasarkan norma dan etika akademik berbasis pada nilai Tri Hita Karana.

CPL Pengetahuan :

P1.

Menguasai filosofi keilmuan dan pengembangan pengetahuan, teknologi, dan atau seni yang memiliki nilai kebaruan/novelty dalam bidang keilmuan pendidikan dasar dan praktek profesionalnya melalui riset hingga menghasilkan karya kreatif, original, dan teruji.

P2.

Menguasai pengetahuan pemecahan masalahan ilmu pengetahuan, teknologi, dan atau seni dalam bidang keilmuan pendidikan dasar melalui pendekatan interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin.

P3.

Menguasai pengetahuan prosedur ilmiah dalam pengelolaan dan pengembangan riset yang bermanfaat bagi kemaslahatan umat manusia, serta mampu mendapat pengakuan nasional dan internasional.

CPL Keterampilan Umum :

KU1.

Mampu mengintegrasikan kecakapan belajar dan berinovasi, penguasaan teknologi dan informasi, pengembangan karir, dan kecakapan hidup untuk menjadi pembelajar sepanjang hayat.

KU2.

Mampu mengembangkan dan mempublikasikan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dengan pendekatan interdisiplin atau multi disiplin, yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya melalui penelitian ilmiah berdasarkan peta jalan penelitian dengan pendekatan interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin.

CPL Keterampilan Khusus :

KK1.

Mampu mengembangkan teori/konsep/gagasan ilmiah bidang pendidikan dasar yang memiliki nilai kebaruan/novelty melalui pendekatan inter, multi, dan transdisiplin serta menerapkan nilai-nilai humaniora.

KK2.

Mampu mengkomunikasikan hasi-hasil kajian dan penelitian secara efektif dalam bentuk lisan dan tertulis di forum ilmiah dan atau jurnal untuk mendapat pengakuan secara nasional dan internasional.

KK3.

Mampu memecahkan masalah bidang pendidikan dasar melalui pendekatan penelitian inter, multi, dan transdisiplin untuk kemaslahatan umat manusia.

KK4.

Mampu mengembangkan inovasi, kebijakan, dan pengelolaan pendidikan dasar melalui pendekatan inter, multi, dan transdisiplin.

NOMATA KULIAHSKSSEMESTER
A

Mata Kuliah Inti Keilmuan (MKIK)

a. Compulsory courses

1.

Perspektif Pendidikan Dasar berbasis Tri Hita Karana

2I
2.

Aplikasi Statistik dalam Penelitian Lanjut

3I
3.

Metodologi Penelitian Pendidikan Lanjut

3I
4.

Pengembangan Pembelajaran IPA Pendidikan Dasar

3I
5.

Pengembangan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Pendidikan Dasar

3I
6.

Pengembangan Pembelajaran Matematika Pendidikan Dasar

3II
7.

Pengembangan Pembelajaran IPS Pendidikan Dasar

3II
8.

Pengembangan Pembelajaran PKn Pendidikan Dasar

3II
9.

Pengembangan Kurikulum Pendidikan Dasar

2II
10.

Analisis Kebijakan dan Strategi Pembangunan Pendidikan Dasar

2II
11.

Pengembangan Model Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Dasar

3III
12.

Etno Pedagogi Pendidikan Dasar

3III
13.

Disertasi

12IV - VI

b. Elective courses

14.

Pengembangan Literasi Dasar Abad 21

3II
15.

Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Dasar Berbasis ICT

Jumlah SKS48
B

Mata Kuliah Aanvullen (MKAv)

1.

Psikologi Perkembangan dan Pendidikan

2I
2.

Asesmen Pendidikan Dasar

2I
3.

Inovasi Pembelajaran Pendidikan Dasar

2II
4.

Kajian Persekolahan dan Telaah Kurikulum

3III
5.

Studi Perbandingan Pendidikan Dasar

3III
Jumlah SKS12
Total numbers of credit hours for students with the same background of education48
Total numbers of credit hours for students with the different background of education60
No.Nama Mata KuliahDeskripsi
1.

Perspektif Pendidikan Dasar berbasis Tri Hita Karana

Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa dapat memahami konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar pendidikan dasar serta mampu menerapkannya dalam proses pembelajaran secara diagramatik. Disisi lain, mata kuliah ini juga diarahkan pada pengkajian dan telaah mendalam pendekatan, model, strategi, Teknik dan instrumen pembelajaran, serta materi pelajarannya yang relevan dikembangkan bagi peserta didik pada jenjang pendidikan dasar.

2.

Aplikasi Statistik dalam Penelitian Lanjut

Mata kuliah ini bertujuan menyajikan dasar-dasar analisis data kuantitatif serta penerapannya dalam penelitian kuantitatif. Topik yang disajikan dalam mata kuliah ini meliputi: teori peluang, analisis data kuantitatif (statistic), prosedur analisis data deskriptif melalui sajian dasar distribusi frekwensi, sajian visual grafik dan histogram, pengukuran tendensi sentral, variabilitas dan dispersi; pemilihan teknik analisis, pengukuran asosiasi dan korelasi, uji persyaratan analisis, estimasi (predictability and estimation) pengujian hipotesis, konsep inferensi, dan teknik analisis data dengan Analisis Varians Satu Jalur, Dua Jalur, dan Tiga Jalur; Analisis Regresi Sederhana, Analisis Regresi Ganda dan Jamak; Analisis Kovarians Satu Jalur, Dua Jalur, dan Tiga Jalur; dan Analisis Jalur (Path Analysis). Distribusi sampling dibicarakan dalam kaitannya dengan bahasan interval kepercayaan (confidence interval, estimated and statistical inference). Untuk penguasaan konsep analisis, mahasiswa diberi tugas-tugas latihan penerapan teknik analisis data. Sebagai tugas akhir, mahasiswa membuat.

3.

Metodologi Penelitian Pendidikan Lanjut

Mata kuliah ini bertujuan untuk menyajikan falsafah, dasar metodologis dan operasionalisasi penelitian dalam bidang pendidikan dasar, pada penelitian kualitatif dan kuantitatif. Topik perkuliahan dan tugas-tugas akan meliputi dasar logika penelitian ilmiah, formulasi permasalahan, peranan pengembangan kerangka teoretik, pemilihan variabel dan tata hubungannya, perumusan hipotesis dan pemilihan teknik analisis data yang tepat. Juga dibahas macam-macam strategi dan jenis penelitian, langkah-langkah penyusunan proposal penelitian dan aspek-aspek evaluasi proposal maupun hasil penelitian. Di samping itu, dikaji juga tentang desain-desain penelitian, konsep mendalam mengenai populasi dan sampling, instrumentasi serta kalibrasinya, aplikasi analisi jalur dan LISREL, analisis diskriminan, analisis canonikal, R & D, dan Teknik penulisan ilmiah, sehingga mahasiswa mampu menyelesaikan disertasi secara efektif.

4.

Pengembangan Pembelajaran IPA Pendidikan Dasar

Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa dapat memahami konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar sains Sekolah Dasar dan dan SMP serta mampu menerapkannya dalam proses pembelajaran secara diagramatik. Disisi lain, mata kuliah ini juga diarahkan pada pengkajian pendekatan, model, strategi, teknik dan instrument pembelajaran sains, serta materi pelajarannya yang relevan dikembangkan bagi peserta didik pada jenjang pendidikan dasar. Berbagai konsep, generalisasi, teori, dan paradigma pembelajaran sains dikaji secara secara mendalam, sehingga mahasiswa memiliki wawasan, pemahaman, kemahiran, dan kejumawaan ilmiah yang memadai bagi seorang ahli pendidikan dasar.

5.

Pengembangan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Pendidikan Dasar

Mata kuliah ini bertujuan memberikan pengetahuan bahasa yang benar kepada mahasiswa serta memberikan tatacara pengajaran bahasa indonesia yang sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan belajar bahasa anak usia pendidikan dasar. Berbagai pengetahuan dan keterampilan berbahasa dikaji secara mendalam, termasuk model-model pembelajarannya, sehingga mahasiswa memiliki wawasan, pemahaman, kemahiran, dan kejumawaan ilmiah yang memadai bagi seorang ahli pendidikan dasar dalam bidang pembelajaran bahasa indonesia.

6.

Pengembangan Pembelajaran Matematika Pendidikan Dasar

Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa dapat memahami konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar matematika Pendas serta mampu menerapkannya dalam proses pembelajaran secara diagramatik. Disisi lain, mata kuliah ini juga dirahkan pada pengkajian pendekatan, model, strategi, teknik, dan instrument pembelajaran matematika yang relevan dikembangkan bagi peserta didik pada jenjang pendidikan dasar. Berbagai konsep, generalisasi, teori, dan paradigma pembelajaran matematika dikaji secara secara mendalam, sehingga mahasiswa memiliki wawasan, pemahaman, kemahiran, dan kejumawaan ilmiah yang memadai bagi seorang ahli pendidikan dasar.

7.

Pengembangan Pembelajaran IPS Pendidikan Dasar

Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa dapat memahami konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar pendidikan IPS pendidikan dasar serta mampu menerapkannya dalam proses pembelajaran secara diagramatik. Disisi lain, mata kuliah ini juga dirahkan pada pengkajian pendekatan, model, strategi, dan teknik serta instrument pembelajaran pendidikan IPS yang relevan dikembangkan bagi peserta didik pada jenjang pendidikan dasar. Berbagai konsep, generalisasi, teori, dan paradigma pembelajaran pendidikan IPS dikaji secara secara mendalam, sehingga mahasiswa memiliki wawasan, pemahaman, kemahiran, dan kejumawaan ilmiah yang memadai bagi seorang ahli pendidikan dasar.

8.

Pengembangan Pembelajaran PKn Pendidikan Dasar

Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa dapat memahami konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar pembelajaran PKn Pendas serta mampu menerapkannya dalam proses pembelajaran secara diagramatik. Disisi lain, mata kuliah ini juga dirahkan pada pengkajian pendekatan, model, strategi, dan teknik serta instrument pembelajaran PKn yang relevan dikembangkan bagi peserta didik pada jenjang pendidikan dasar. Berbagai konsep, generalisasi, teori, dan paradigma pembelajaran PKn dikaji secara secara mendalam, sehingga mahasiswa memiliki wawasan, pemahaman, kemahiran, dan kejumawaan ilmiah yang memadai bagi seorang ahli Pendidikan dasar.

9.

Pengembangan Kurikulum Pendidikan Dasar

Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa mampu memahami serta mengaplikasikan konsep, pendekatan, model, dan bentuk kurikulum dalam merancang, mengembangkan, menerapkan, dan melakukan evaluasi terhadap satuan kurikulum pendidikan dasar. Disamping itu juga dikaji secara mendalam mengenai historis, konstruksi, dan inovasi kurikulum berdasarkan berbagai aliran, tuntuan jaman, serta konstruksi kurikulum yang ada di berbagai negara, khususnya pada jenjang pendidikan dasar.

10.

Analisis Kebijakan dan Strategi Pembangunan Pendidikan Dasar

Mata kuliah ini menekankan pada tipe-tipe analisis dalam kebijakan pendidikan dasar dan proses pembuatan kebijakan pendidikan dasar, serta kemampuan dan keterampilan terkait dengan beberapa pendekatan dan metode analisis yang digunakan dalam mengkaji kebijakan pendidikan dasar. Di samping itu juga dibelajarkan tentang: landasan dan latar belakang filosofis, sosiologis, politis, dan ekonomis dibalik perkembangan kebijakan pendidikan dasar di berbagai kawasan. Pada bagian akhir, mata kuliah ini berisikan kontribusi ilmu kebijakan dalam proses politisasi, dan demokratisasi kebijakan pendidikan dasar.

11.

Pengembangan Model Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Dasar

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman, pengalaman dan peningkatan wawasan mahasiswa terkait pengintegrasian berbagai model pendekatan dan strategi pembelajaran, baik yang bersifat korelated maupun integrated dalam konteks pendidikan dasar serta terkait dengan asesmennya. Disamping itu juga dikaji berbagai filsafat pendidikan yang melandasi lahirnya pendekatan terintegrasi dan aplikasinya bagi pembelajaran pada jenjang pendidikan dasar.

12.

Etno Pedagogi Pendidikan Dasar

Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa dapat memahami perkembangan konsep peserta didik, berbasis pada kajian etno-pedagogic dan pedagogik kontemporer, serta mengaitkannya dengan nilai budaya Bali Tri Hita Karana. Berbagai aliran dalam psikologi belajar dikaji keterkaitannya secara kritis sehingga mahasiswa mampu menggunakan berbagai teori belajar dan pembelajaran yang ada dalam berbagai aliran, baik untuk keperluan penyempurnaan proses belajar-mengajar maupun keperluan pengembangan paradigma penelitian yang dilakukan. Pembahasan juga mencakup faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran, pendekatan pembelajaran, strategi pembelajaran, serta model-model pembelajarn inovatif berbasis kearifan lokal dan budaya Bali Tri Hita Karana.

13.

Disertasi

Penulisan disertasi diawali dengan seminar proposal penelitian disertasi. Seminar ini membahas aspek-aspek kebaharuan (novelty), metodologis mengenai penyusunan usulan penelitian, terutama yang berkaitan dengan kriteria pemilihan variabe1, logika dalam pengajuan hipotesis, memilih metode penelitian yang sesuai dengan tujuan penelitian, penyesuaian dan uji coba instrumen, teknik pengambilan contoh (sampel) yang relevan serta teknik analisis yang sesuai dengan jenis data. Selanjutnya, penelitian disertasi dilaksanakan dengan memanfaatkan metodologi kuantitatif maupun kualitatif. Dengan demikian penulisan disertasi mencakup: latar belakang masalah, perumusan masalah dan tujuan penelitian, kajian teoretis tentang konsep-konsep yang diteliti dan disertai kerangka berpikir peneliti itu sendiri. Metodologi penelitian dirinci sesuai dengan masalah· dan tujuan penelitian. Terakhir peneliti menafsirkan dan menarik kesimpulan dari semua unsur tersebut dituliskannya dalam bentuk disertasi yang dapat dipertanggungjawabkan secara akademik.

14.

Pengembangan Literasi Dasar Abad 21

Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa memiliki wawasan tentang hakikat literasi dasar, literasi numerik, literasi data, literasi teknologi, dan literasi manusia dan mampu menganalisis berbagai dampak dari adanya literasi abad 21 terhadap konten dan proses pembelajaran pada pendidikan dasar. Selain itu, mahasiswa dituntut mampu mengembangan literasi abad 21 dalam meningkatkan kualitas pelaksanaan pendidikan dasar.

15.

Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Dasar Berbasis ICT

Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa memiliki wawasan tentang hakikat pembelajaran berbasis TPACK mulai dari teknologi yang digunakan, pedagogi untuk pendidikan dasar, serta materi yang meliputi IPA, IPS, Matematika, Bahasa Indonesia, dan PKn. Selain itu, mahasiswa mampu mengembangkan pembelajaran berbasis TPACK yang relevan dengan perkembangan peserta didik Pendidikan dasar.

16.

Psikologi Perkembangan dan Pendidikan

Mata kuliah ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan secara lebih mendalam terhadap teori-teori psikologi perkembangan anak, serta psikologi pendidikan seperti behaviouristik, konstruktivis, dan sosialkultur.

17.

Asesmen Pendidikan Dasar

Matakuliah ini bertujuan memberikan wawasan luas tentang asesmen pembelajaran termasuk di dalamnya memanfaatkan hasil asesmen dan evaluasi dalam bidang Pendidikan dasar. Ruang lingkup: konsep-konsep tes, pengukuran, penilaian, evaluasi, kaitan penilaian dengan pembelajaran, jenis-jenis penilaian, penilaian otentik termasuk di dalamnya penilaian dengan portofolio, penilaian untuk perbaikan pembelajaran, validitas, reliabilitas, cara mengembangkan tes, analisis butir, dan praktik analisis butir secara teoritik dan empirik dengan menggunakan program-program yang relevan, seperti: Iteman, Bigstep, dan SPSS.

18.

Inovasi Pembelajaran Pendidikan Dasar

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengalaman dan meningkatkan wawasan terkait pengintegrasian berbagai model pendekatan dan strategi pembelajaran, baik yang bersifat korelated maupun integrated dalam konteks pendidikan dasar.

19.

Kajian Persekolahan dan Telaah Kurikulum

Mata kuliah ini bertujuan memberikan pengetahuan dan pengalaman riil untuk melakukan kajian secara mendalam tentang praktek manajemen dan pembelajaran pada jenjang pendidikan dasar, sehingga mereka mampu menjadi tenaga ahli pendidikan dasar yang mandiri dan professional. Dan mampu memahami serta mengaplikasikan bagaimana merancang, mengembangkan suatu kurikulum.

20.

Studi Perbandingan Pendidikan Dasar

Matakuliah ini bertujuan untuk membahas isu-isu, termasuk model atau strategi pendidikan dasar di Indonesia, negara ASEAN, dan negara maju lain. Selain itu, diharapkan lulusan mampu berinovasi dalam pelaksanaan model atau strategi pendidikan dasar.