Kegiatan “Workshop Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Diseminasi Hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi Guru-Guru SMAN 1 Sawan” merupakan salah satu bentuk dari tridarma perguruan tinggi UNDIKSHA yakni pengabdian kepada masyarakat dimana kali ini dilaksanakan di SMAN pada tanggal 1-3 Juli 2021. Penyelenggara kegiatan ini adalah dosen Prodi S2 Administrasi Pendidikan yakni Prof. Dr. I Nyoman Natajaya, M.Pd selaku ketua , Dr. I Gusti Ketut Arya Sunu, M.Pd dan Dr. I Putu Wisna Ariawan, M.Si sebagai anggota serta mahasiswa Administrasi Pendidikan semester 2 yakni Luh Hendra KusumaDewi,Nur Kholifatur RMS, dan Nurul April Yani.
Berdasarkan hasil observasi awal di lapangan, tim PKM menemukan beberapa permasalahan dalam pemahaman guru tentang pembuatan PTK di SMAN 1 Sawan, diantaranya: (1) kurangnya minat guru dalam pembuatan PTK karena guru kurang memahami secara teknis pembuatan PTK. (2) Animo guru atau guru hanya termotivasi menyusun PTK pada saat diperlukan untuk kenaikan pangkat.
Program ini merupakan program yang bersifat terminal dalam rangka peningkatan pengetahuan dan wawasan tentang penyusunan atau penulisan PTK. Model pelaksanaan kegiatan ini dilakukan secara langsung dan juga daring sebagaimana layaknya sistem pembelajaran yang dilakukan di sekolah atau perguruan tinggi. Untuk kepentingan pencapaian tujuan program ini, maka rancangan yang dipandang sesuai untuk dikembangkan adalah “Rapid Rural Appraisal(RRA) dan Participatory RuralAppraisal (PRA)”. Program ini dirancang sebagai bentuk jawaban dan antisipasi dari berbagai permasalahan yang berkaitan dengan penulisan PTK.
Salah satu keberhasilan siswa di sekolah adalah dapat dilihat bagaimana prestasi siswa di dalam kelas.Jika guru menemukan sesuatu yang mempengaruhi siswa dan berlanjut, guru harus segera menemukan solusi untuk masalah tersebut. maka, salah satu cara untuk menemukan pemecahan masalah adalah dengan melakukan penelitian di kelas (PTK).
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah penelitian praktis yang dimaksudkan untuk memperbaiki pembelajaran di kelas. Penelitian ini merupakan salah satu upaya guru atau praktisi dalam bentuk berbagai kegiatan yang dilakukan untuk memperbaiki dana tau meningkatkan mutu pembelajaran di kelas. PTK dapat diartikan sebagai proses pengkajian masalah pembelajaran di dalam kelas melalui refleksi diri dalam upaya untuk memecahkan masalah tersebut dengan cara melakukan berbagai tindakan yang terencana dalam situasi nyata serta menganalisis setiap pengaruh dari perlakuan tersebut.
Kegiatan ini dilaksanakan di SMAN 1 Sawan untuk memberikan pemahaman kepada guru-guru tentang teknis penulisan PTK yang benar serta manfaatnya untuk kemajuan proses belajar mengajar di kelas yang berdampak pada hasil belajar siswa yang semakin meningkat.