No.Profil LulusanDeskripsi Profil Lulusan
1.

Ahli Pendidikan dan Pengajaran IPA

Ahli pendidikan dan pengajaran yang mampu mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) di bidang pendidikan dan pengajaran IPA, melalui riset dan praktek keprofesionalannya.

2.

Peneliti Pendidikan IPA

Peneliti bidang pendidikan dan pembelajaran IPA jenjang ahli yang mampu memecahkan masalah-masalah pendidikan dan pengajaran IPA melalui penelitian ilmiah.

1. CPL Sikap (CPLS)
PO1

Menunjukkan sikap dan perilaku ilmiah, edukatif, dan religius, yang berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara berdasarkan norma dan etika akademik berbasis pada nilai-nilai Tri Hita Karana (THK).

2. CPL Pengetahuan (CPLP)
PO2

Menguasai konsep, teori, perspektif, dan praktik pendidikan dan pengajaran IPA.

PO3

Menguasai konsep, teori, dan metode penelitian di bidang pengelolaan pendidikan dan pengajaran IPA.

PO4

Menguasai konten IPA relevan dengan pendidikan dan pengajaran IPA.

3. CPL Keterampilan Umum (CPLKU)
PO5

Mampu mengintegrasikan kecakapan belajar dan berinovasi, penguasaan teknologi dan informasi, pengembangan karier, dan kecakapan hidup untuk menjadi pembelajar sepanjang hayat.

PO6

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang pendidikan IPA.

4. CPL Keterampilan Khusus (CPLKK)
PO7

Mampu menerapkan metode ilmiah dalam kegiatan penelitian, untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, praktik-praktik professional, dan kebijakan di bidang pendidikan dan pengajaran IPA.

PO8

Mampu berpikir logis, analitis, kritis, dan kreatif, dan mengambil keputusan dalam pemecahan masalah-masalah di bidang Pendidikan dan pengajaran IPA.

PO9

Mampu menerapkan kepemimpinan yang kreatif, inovatif, kolaboratif, adaptif dan demokratis dalam pengelolaan pendidikan dan pengajaran IPA.

SEMESTER I
NOMATA KULIAHSKSSEMESTER
1.

Filsafat Pendidikan

2I
2.

Psikologi Pendidikan

2I
3.

Pengembangan Kurikulum Pendidikan IPA

2I
4.

Metodologi Pembelajaran IPA

3I
5.

Kapita Selekta IPA I

3I
6.

Kapita Selekta IPA II

3I
Total SKS15
SEMESTER II
NOMATA KULIAHSKSSEMESTER
1.

Asesmen dan Evaluasi Hasil Belajar IPA

2II
2.

IPA Lanjut

3II
3.

Strategi dan Desain Pembelajaran IPA

3II
4.

Seminar Pendidikan IPA

2II
5.

Statistika Terapan dalam Pendidikan IPA

3II
6.

Pilihan dalam Prodi : *)

1. IPA Masa Depan

3III

2. Pembelajaran STEM (Science, Technology, Engineering, and Math)

3. Pengembangan Materi IPA

4. Literasi sains berbasis THK (Pilihan Lintas Prodi)

Total SKS16

*) Pilih salah satu

SEMESTER III
NOMATA KULIAHSKSSEMESTER
1.

Tesis

8III / IV
2.

Metodologi Penelitian Pendidikan IPA

3III
Total SKS11
MATRIKULASI
NOMATA KULIAHSKS
1.

Belajar dan Pembelajaran

3
2.

Teknik dan Pengelolaan Laboratorium IPA

3
3.

Telaah IPA Sekolah

3
4.

Media Pembelajaran IPA

3
Total SKS12
No.Nama Mata KuliahDeskripsi Umum Isi Mata Kuliah
1.

Filsafat Pendidikan

Mata kuliah ini berisi kajian tentang berbagai aliran filsafat pendidikan dan implikasinya dalam teori dan praktik pendidikan yang bertujuan untuk membangun sikap, pengetahuan, dan keterampilan mahasiswa dalam mengelola pembelajaran IPA dan penelitian di bidang pendidikan IPA.

2.

Psikologi Pendidikan

Mata kuliah ini berisikan kajian tentang berbagai aliran psikologi pendidikan dan implikasinya dalam teori dan praktik pendidikan yang bertujuan untuk membangun sikap, pengetahuan, dan keterampilan mahasiswa dalam mengelola pembelajaran IPA dan penelitian di bidang pendidikan IPA.

3.

Pengembangan Kurikulum Pendidikan IPA

Mata kuliah ini berisikan kajian tentang pengembangan kurikulum dan implikasinya dalam teori dan praktik pendidikan IPA yang bertujuan untuk membangun sikap, pengetahuan, dan keterampilan mahasiswa dalam mengelola pembelajaran IPA dan penelitian di bidang pendidikan IPA.

4.

Metodologi Pembelajaran IPA

Mata kuliah ini berisikan kajian tentang ilmu dan cara pembelajaran serta aplikasinya dalam pembelajaran IPA yang bertujuan untuk membangun sikap, pengetahuan, dan keterampilan mahasiswa dalam mengelola pembelajaran IPA dan penelitian di bidang pendidikan IPA.

5.

Asesmen dan Evaluasi Hasil Belajar IPA

Mata kuliah ini berisikan kajian tentang berbagai jenis, bentuk, dan instrumen asesmen dan cara evaluasi proses dan hasil belajar dan aplikasinya dalam pembelajaran IPA yang bertujuan untuk membangun sikap, pengetahuan, dan keterampilan mahasiswa dalam mengelola pembelajaran IPA dan penelitian di bidang pendidikan IPA.

6.

IPA Masa Depan

Mata kuliah ini berisikan kajian tentang perkembangan IPA prospektif pada masa depan yang berujuan untuk membangun sikap, pengetahuan, dan keterampilan mahasiswa dalam pengelolaan pembelajaran IPA dan penelitian di bidangan pendidikan IPA.

7.

Metodologi Penelitian Pendidikan IPA

Mata kuliah ini berisikan kajian tentang berbagai metode penelitian pendidikan IPA: kualitatif, kuantitatif, campuran (mix methods), dan R &D yang bertujuan untuk membangun sikap, pengetahuan, dan keterampilan mahasiswa dalam mengelola pembelajaran IPA dan penelitian di bidang pendidikan IPA.

8.

Statistika Terapan dalam Pendidikan IPA

Mata kuliah ini berisikan kajian tentang berbagai metode statistika yang digunakan dalam pendidikan IPA yang bertujuan untuk membangun sikap, pengetahuan, dan keterampilan mahasiswa dalam mengelola pembelajaran IPA dan penelitian di bidang pendidikan IPA.

9.

Kapita Selekta IPA I

Mata kuliah ini berisikan kajian tentang materi pilihan IPA SMP/MTs kelas VII dan VIII semester ganjil yang berujuan untuk membangun sikap, pengetahuan, dan keterampilan mahasiswa dalam pengelolaan pembelajaran IPA dan penelitian di bidangan pendidikan IPA.

10.

Kapita Selekta IPA II

Mata kuliah ini berisikan kajian tentang materi pilihan IPA SMP/MTs kelas VIII semester genal dan kelas IX yang berujuan untuk membangun sikap, pengetahuan, dan keterampilan mahasiswa dalam pengelolaan pembelajaran IPA dan penelitian di bidangan pendidikan IPA.

11.

IPA Lanjut

Mata kuliah ini berisikan kajian tentang materi IPA (Biologi, Fisika, Kimia) SMA/MA yang bertujuan untuk membangun sikap, pengetahuan, dan keterampilan mahasiswa dalam mengelola pembelajaran IPA.

12.

Strategi dan Desain Pembelajaran IPA

Mata kuliah ini berisikan kajian tentang rancangan strategi pembelajaran khusus untuk pembelajaran IPA yang bertujuan untuk membangun sikap, pengetahuan, dan keterampilan mahasiswa dalam mengelola pembelajaran IPA dan penelitian di bidang pendidikan IPA.

13.

Seminar Pendidikan IPA

Mata kuliah ini berisikan kajian tentang artikel jurnal yang relevan dengan referensi proposal tesis dengan tujuan untuk membangun sikap, pengetahuan, dan keterampilan mahasiswa dalam mengelola pembelajaran dan penelitan di bidang pendidikan IPA.

14.

Tesis

Mata kuliah ini berisikan kajian tentang pendidikan IPA yang dilakukan secara ilmiah melalui perencanaan, pelaksanaan, pelaporan, penyajian dan publikasi yang sistematis dengan tujuan untuk membangun sikap, pengetahuan, dan keterampilan mahasiswa dalam mengelola pembelajaran IPA.