Doktoral Pendidikan Dasar Universitas Pendidikan Ganesha
Visi :
Menjadi Program Studi Unggul Menguasai Filosofi Keilmuan, Pengetahuan dan Keterampilan serta Mampu Mengembangkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Pendidikan Dasar Berlandaskan Falsafah Tri Hita Karana di Asia Tahun 2045
Misi :
- Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran tingkat doktor bidang studi pendidikan dasar yang berorientasi pada pendekatan terpadu dalam pengembangan disiplin ilmu bidang terkait, dan pengembangan kebijakan pembangunan pendidikan dasar dan pendidikan nasional secara komprehensif;
- Melaksanakan penelitian, pengembangan, dan kajian teoretis bidang studi pendidikan dasar, dan implementasi kebijakan pembangunan pendidikan dasar dan pendidikan nasional, baik pada tingkat lokal, regional, nasional, maupun internasional;
- Menyelenggarakan berbagai kegiatan pengabdian pada masyarakat melalui pelatihan, penataran, seminar, konferensi, dan lokakarya terkait dengan kebijakan pembangunan pendidikan dasar dan pendidikan nasional, pelaksanaan dan pengelolaan pendidikan dasar, serta dampak pembangunan pendidikan dasar di tingkat lokal, regional, maupun nasional, dan
- Membangun kerjasama dan networking dengan berbagai instansi terkait dengan peningkatan kualitas pendidikan dasar, baik tingkat regional, nasional, maupun internasional, khususnya dalam penyelenggaraan dan pengembangan program doktor pendidikan dasar.
Tujuan :
- Lulusan yang mampu mengembangkan teori/konsep/gagasan ilmiah bidang pendidikan dasar yang memiliki nilai kebaruan/novelty melalui pendekatan inter, multi, dan transdisiplin serta menerapkan nilai-nilai humaniora.
- Lulusan yang mampu mengkomunikasikan hasi-hasil kajian dan penelitian secara efektif dalam bentuk lisan dan tertulis di forum ilmiah dan atau jurnal untuk mendapat pengakuan secara nasional dan internasional.
- Lulusan yang mampu memecahkan masalah bidang pendidikan dasar melalui pendekatan penelitian inter, multi, dan transdisiplin untuk kemaslahatan umat manusia.
- Lulusan yang mampu mengembangkan inovasi, kebijakan, dan pengelolaan pendidikan dasar melalui pendekatan inter, multi, dan transdisiplin.
Kurikulum Program Studi
Praktisi (Guru, kepala Sekolah, Dosen, Widya Iswara) dan peneliti profesional yang mampu menemukan atau mengembangkan, mentransformasikan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni dalam bidang pendidikan dasar, serta berkarakter, kritis, inovatif, kreatif, komunikatif, dan kolaboratif.
CPL Sikap : | |
S1. |
Menunjukkan sikap dan perilaku ilmiah, edukatif, dan religius yang berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan masyarakat, berbangsa dan bernegara berdasarkan norma dan etika akademik berbasis pada nilai Tri Hita Karana. |
CPL Pengetahuan : | |
P1. |
Menguasai filosofi keilmuan pengetahuan, teknologi, dan atau seni yang memiliki nilai kebaruan/novelty dalam bidang keilmuan pendidikan dasar dan praktek profesionalnya melalui riset hingga menghasilkan karya kreatif, original, dan teruji. |
P2. |
Menguasai pengetahuan pemecahan masalah ilmu pengetahuan, teknologi, dan atau seni dalam bidang keilmuan pendidikan dasar melalui pendekatan interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin. |
P3. |
Menguasai pengetahuan prosedur ilmiah dalam pengelolaan dan pengembangan riset yang bermanfaat bagi kemaslahatan umat manusia, serta mampu mendapat pengakuan nasional dan internasional. |
CPL Keterampilan Umum : | |
KU1. |
Mampu mengintegrasikan kecakapan belajar dan berinovasi, penguasaan teknologi dan informasi, pengembangan karir, dan kecakapan hidup untuk menjadi pembelajar sepanjang hayat. |
KU2. |
Mampu mengembangkan dan mempublikasikan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dengan pendekatan interdisiplin atau multi disiplin, yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya melalui penelitian ilmiah berdasarkan peta jalan penelitian dengan pendekatan interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin. |
CPL Keterampilan Khusus : | |
KK1. |
Mampu mengembangkan teori/konsep/gagasan ilmiah bidang pendidikan dasar yang memiliki nilai kebaruan/novelty melalui pendekatan inter, multi, dan transdisiplin serta menerapkan nilai-nilai humaniora. |
KK2. |
Mampu mengkomunikasikan hasi-hasil kajian dan penelitian secara efektif dalam bentuk lisan dan tertulis di forum ilmiah dan atau jurnal untuk mendapat pengakuan secara nasional dan internasional. |
KK3. |
Mampu memecahkan masalah bidang pendidikan dasar melalui pendekatan penelitian inter, multi, dan transdisiplin untuk kemaslahatan umat manusia. |
KK4. |
Mampu mengembangkan inovasi, kebijakan, dan pengelolaan pendidikan dasar melalui pendekatan inter, multi, dan transdisiplin. |
Struktur Kurikulum Berdasarkan Kelompok Mata Kuliah
NO | MATA KULIAH | SKS | SEMESTER |
a. Compulsory Courses | |||
1. | Perspektif Pendidikan Dasar berbasis Tri Hita Karana | 2 | I |
2. | Aplikasi Statistik dalam Penelitian Lanjut | 3 | I |
3. | Metodologi Penelitian Pendidikan Lanjut | 3 | I |
4. | Pengembangan Pembelajaran IPA Pendidikan Dasar | 3 | I |
5. | Pengembangan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Pendidikan Dasar | 3 | I |
6. | Pengembangan Pembelajaran Matematika Pendidikan Dasar | 3 | II |
7. | Pengembangan Pembelajaran IPS Pendidikan Dasar | 3 | II |
8. | Pengembangan Pembelajaran PKn Pendidikan Dasar | 3 | II |
9. | Pengembangan Kurikulum Pendidikan Dasar | 2 | II |
10. | Analisis Kebijakan dan Strategi Pembangunan Pendidikan Dasar | 2 | II |
11. | Pengembangan Model Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Dasar | 3 | III |
12. | Etno Pedagogi Pendidikan Dasar | 3 | III |
13. | Disertasi | 12 | IV - VI |
b. Elective Courses | |||
14. | Pengembangan Literasi Dasar Abad 21 | 3 | II |
15. | Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Dasar Berbasis ICT | ||
Jumlah SKS | 48 |
Pengelola Program Studi
Dosen Pengajar
No. | Nama Dosen | Pengalaman Kerja Profesional |
1. | Prof. Dr. I Wayan Suastra, M.Pd. |
|
2. | Prof. Dr. Dewa Bagus Sanjaya, M.Si. |
|
3. | Prof. Dr. Ida Bagus Putu Arnyana, M.Si. |
|
4. | Prof. Dr. I Nyoman Sudiana, M.Pd. |
|
5. | Prof. Drs. Sariyasa, M.Sc., Ph.D. |
|
6. | Prof. Dr. I Made Ardana, M.Pd |
|
7. | Dr. Drs. I Wayan Kertih, M.Pd. |
|
8. | Prof. Dr. I Wayan Lasmawan |
|
9. | Dr. I Nengah Suastika, S.Pd., M.Pd. |
|
10. | Prof. Dr. Ni Ketut Suarni, M.S., Kons. |
|
11. | Dr. I Gede Margunayasa, S.Pd., M.Pd. |
|
12. | Prof. Dr. Nyoman Dantes |
|
13. | Prof. Dr. Ida Bagus Putrayasa, M.Pd. |
|
14. | Prof. Dr. Putu Budi Adnyana, M.Si. |
|
15. | Dr. Maria Goreti Rini Kristiantari, M.Pd. |
|
16. | Prof. Dr. Desak Putu Parmiti, M.S. |
|
17. | Dr. I Gede Astawan, S.Pd., M.Pd. |
|
18. | Dr. I Made Citra Wibawa, S.Pd., M.Pd. |
|
19. | Prof. Dr. I Wayan Widiana, S.Pd., M.Pd. |
|
No. | Nama Dosen | Jabatan |
1. | Prof. Yalvema Miaz, M.A., Ph.D. |
|
2. | Komang Muliantara, S.Pd., M.Pd. |
|
No. | Nama Dosen | Jabatan |
1. | Prof. Tatat Hartanti, M.Ed., Ph.D. |
|
2. | Prof. Dr. Suryanti, M.Pd. |
|
3. | Prof. Dr. pad. H. Wahyu Sopandi, M.A. |
|
4. | Prof. Dr. Tri Joko Raharjo |
|
Keunggulan
PENGUMUMAN TERKINI
KONTAK KAMI
- Jalan Udayana No.11 Singaraja