Doktoral Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha
Visi :
Menjadi Program Studi Unggul Menguasai Filosofi Keilmuan, Pengetahuan dan Keterampilan serta Mampu Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Pendidikan Dasar Berlandaskan Falsafah Tri Hita Karana di Asia Tahun 2045
Misi :
- Membina pertumbuhan intelektual, kreatif, dan pribadi mahasiswa agar berpikir kritis, kreatif, dan berwawasan luas, menjadi kompeten dalam kehidupan mereka sendiri, komunitas mereka, dan dunia dengan menyediakan pendidikan berkualitas tinggi.
- Memberikan kesempatan kepada program studi untuk memberikan landasan bagi kemajuan ilmu pengetahuan tentang profesi di mana penelitian, kreativitas, inovasi, dan kewirausahaan dapat berkembang; dan menjamin bahwa setiap orang dapat mengembangkan potensi mereka secara penuh.
- Terlibat dalam kemitraan dan pengabdian masyarakat yang kompetitif, kolaboratif, akomodatif, dan inovatif yang berkontribusi pada pertumbuhan masyarakat dan memiliki pengaruh regional, nasional, dan global. Menghasilkan Lulusan Pendidikan Doktor yang mampu menunjukkan perilaku profesional, memajukan perdamaian dan kerukunan sosial serta menunjukkan komitmen terhadap pembangunan berkelanjutan untuk kemajuan masyarakat.
- Menghasilkan Lulusan Pendidikan Doktor yang menempuh pendidikan sepanjang hayat di lapangan, dan menghasilkan solusi inovatif dengan menggunakan penelitian, kewirausahaan, dan keterampilan pemecahan masalah yang kompleks.
Tujuan :
- Menghasilkan lulusan Pendidikan Doktor yang unggul secara intelektual, harmonis moral, diakui oleh organisasi lokal, regional dan global dengan berhasil menunjukkan profesi bidang utama atau disiplin terkait.
- Menghasilkan Lulusan Doktor Pendidikan yang mampu menunjukkan perilaku profesional, mendorong perdamaian dan kerukunan sosial serta menunjukkan komitmen terhadap pembangunan berkelanjutan untuk kemajuan masyarakat.
- Menghasilkan Lulusan Doktor Pendidikan yang menempuh pendidikan sepanjang hayat di lapangan, dan menghasilkan solusi inovatif dengan menggunakan penelitian, kewirausahaan, dan keterampilan pemecahan masalah yang kompleks.
Kurikulum Program Studi
No. | Profil Lulusan | Deskripsi |
---|---|---|
1 | Peneliti profesional yang memiliki etika moral, integritas, dan kemampuan memecahkan masalah pendidikan terkini dan kebijakan strategis | Peneliti profesional yang memiliki etika moral, integritas, dan kemampuan untuk memecahkan masalah pendidikan saat ini dan kebijakan strategis ditandai dengan karakteristik berikut:
|
2 | Pendidik yang memiliki etika moral yang sangat baik, integritas, dan menunjukkan keahlian dalam mata pelajaran yang mereka ajarkan dan menghabiskan waktu terus untuk mendapatkan pengetahuan baru di bidangnya | Pendidik yang memiliki etika moral yang sangat baik, integritas, dan menunjukkan keahlian dalam mata pelajaran yang mereka ajarkan dan menghabiskan waktu terus untuk mendapatkan pengetahuan baru di bidangnya, dicirikan oleh karakteristik berikut:
|
3 | Konsultan Pendidikan yang berempati dan bersosialisasi, terampil dalam mengidentifikasi masalah dan brainstorming solusi potensial, komprehensif dan integratif. Memiliki keterampilan komunikasi tertulis dan lisan yang sangat baik. | Konsultan Pendidikan yang berempati dan bersosialisasi, terampil dalam mengidentifikasi masalah dan brainstorming solusi potensial, komprehensif dan integratif; memiliki keterampilan komunikasi tertulis dan lisan yang sangat baik. dicirikan oleh ciri-ciri sebagai berikut:
|
1. Sikap | |
S1 | Menunjukkan sikap dan tindakan ilmiah, pendidikan, dan keagamaan yang berkontribusi pada peningkatan kualitas kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara berdasarkan norma dan etika akademik berdasarkan kearifan lokal Tri Hita Karana |
2. Pengetahuan | |
P1 | Menguasai dan mengkritisi falsafah ilmu dan pendidikan serta implementasi ilmu muatan pedagogik untuk mampu memecahkan masalah pendidikan saat ini secara harmonis |
P2 | Menguasai prinsip dan implementasi penelitian terkait isu terkini di bidang Sains dan Pendidikan |
3. Keterampilan Umum | |
KU1 | Mampu mengintegrasikan pembelajaran dan keterampilan inovasi, penguasaan teknologi dan informasi, pengembangan karir, dan kecakapan hidup untuk menjadi pembelajar sepanjang hayat. |
KU2 | Mampu menemukan atau mengembangkan teori/konsepsi/ide ilmiah baru dan berkontribusi pada pengembangan, pengamalan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan penerapan nilai-nilai humaniora pada bidang keahliannya melalui penelitian ilmiah berdasarkan roadmap penelitian dengan interdisipliner, multidisiplin, atau pendekatan lintas disiplin. |
4. Keterampilan Khusus | |
KK1 | Kemampuan untuk membuat rencana inovatif studi terkait dalam instruksi pendidikan di pendidikan tinggi, melakukan pengajaran dan pembelajaran yang efektif dan komunikasi di dalam dan di luar kelas. |
KK2 | Kemampuan mensintesis pengetahuan, ilmu pengetahuan, dan teknologi kontekstual yang diperlukan untuk memecahkan masalah di bidang ilmu pengetahuan dan pendidikan melalui penelitian dan kerja kolaboratif |
KK3 | Kemampuan untuk menunjukkan keterampilan kewirausahaan dan kepemimpinan |
KK4 | Kemampuan menggunakan implikasi perkembangan atau penerapan ilmu teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, prosedur, dan etika ilmiah untuk menghasilkan solusi, gagasan, kritik, menyusun deskripsi ilmiah tentang hasil studinya berupa tugas akhir atau disertasi. |
A. Mata Kuliah Inti Keilmuan Program Studi (MKIKPS) | |||
NO | NAMA MATA KULIAH | SKS | SEMESTER |
1. | Filsafat Ilmu dan Pendidikan | 2 | 1 |
2. | Pendidikan Humanis Berbasis Budaya THK | 3 | 1 |
3. | Statistik Lanjutan | 3 | 1 |
4. | Isu Isu Kritis dan Orientasi Baru Pedagogi | 3 | 2 |
5. | Metodologi Penelitian Pendidikan Lanjutan | 3 | 1 |
6. | Sosiologi dan Antropologi Pendidikan | 2 | 1 |
7. | Analisis Kurikulum | 3 | 2 |
8. | Analisis Kebijakan dan Evaluasi Program Pendidikan | 3 | 2 |
9. | Inovasi Model Pembelajaran dan Model Evaluasi | 3 | 2 |
10. | DISSERTATION | 12 | 4 |
Total Kredit MKIKPS | 37 |
B. Mata Kuliah Pilihan Program Studi (MKPPS) | |||
NO | NAMA MATA KULIAH | SKS | SEMESTER |
1. | Analisis perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran | 3 | 1 |
2. | Analisis Sistem Pendidikan Nusantara | 3 | 2 |
3. | Analisis Perbandingan Sistem Pendidikan di Beberapa Negara | 3 | 3 |
4. | Teori Tes Modern | 3 | 2 |
5. | Pengembangan Instrumen Baku | 3 | 2 |
6. | Pendalaman Penelitian di Bidang Evaluasi Pendidikan | 3 | 3 |
7. | Ekonomi Pendidikan | 3 | 2 |
8. | Management Strategik Dalam Pendidikan | 3 | 2 |
9. | Management Pengembangan Profesi dan Perilaku Tenaga Kependidikan | 3 | 3 |
10. | Analisis Kritis Problematik, Hipotetik, dan Metodologik Teknologi Pembelajaran | 3 | 1 |
11. | Perkembangan Teknologi Pengetahuan | 3 | |
12. | Sistem Informasi Managemen Pendidikan | 3 | 3 |
13. | Pengembangan Materi dan Model Pembelajaran | 3 | 1 |
14. | Pengembangan Model Evaluasi Pembelajaran | 3 | 2 |
15. | Analisis Kritis Pendidikan Terkini | 3 | 1 |
16. | Analisis Sistematik Teori, Model dan Teknik Konseling | 3 | 1 |
17. | Pengembangan Model Konseling Inovatif | 3 | 3 |
18. | Pembelajaran Inovatif | 3 | 2 |
19. | Management dan Pengembangan Profesi Pendidikan | 3 | |
20. | Demokrasi, HAM dan Multikulturalisme | 3 | 3 |
Total Kredit MKPPS | 9 |
C. Mata Kuliah Matrikulasi/ Aanvullen course (MKAv) *) | |||
NO | NAMA MATA KULIAH | SKS | SEMESTER |
1. | Psikologi Pendidikan | 3 | 1 |
2. | Model Pembelajaran | 3 | 1 |
3. | Management pembelajaran | 3 | 2 |
4. | Evaluasi Pembelajaran | 3 | 2 |
Total Kredit Mata Kuliah Matrikulasi (aanvullen courses) | 12 | ||
Jumlah total kredit jam untuk mahasiswa dengan latar belakang pendidikan yang sama (yang telah mengambil Mata Kuliah Pascasarjana dalam gelar Master) | 35 | ||
Jumlah total kredit jam untuk siswa dengan latar belakang pendidikan yang berbeda (yang belum mengambil mata kuliah dalam gelar Master) | 47 |
Mata kuliah prasyarat (aanvullen) hanya diambil oleh mahasiswa yang latar belakang pendidikannya tidak linier dengan program studi dan wajib diambil oleh seluruh mahasiswa sebanyak 12 sks dari jumlah sks yang diberikan. |
Dosen Pengajar
No. | Nama Dosen dan Keahlian |
1. | Dr. Robert Lemelson dari UCLA dengan topik Anthropological Approach to Neurodiversity in Education |
2. | Agaath Hoeksema dari Netherlands dengan topik Curriculum for students with Special Needs |
3. | Prof. Dr. Sudarwan Danim dari Universitas Bengkulu dengan topik Critical Pedagogy |
4. | Dr. Gumawang Jati dari Institut Teknologi Bandung dengan topik Cyber Pedagogy |
Keunggulan
PENGUMUMAN TERKINI
KONTAK KAMI
- Jalan Udayana No.11 Singaraja