Profil Lulusan | Deskripsi Profil Lulusan |
Praktisi pendidikan bahasa: guru, dosen, peneliti, widyaiswara, konsultan bidang pendidikan bahasa | Praktisi pendidikan bahasa yang mampu mengaplikasikan teori dan model pembelajaran secara profesional berbasis ilmu pengetahuan melalui pendekatan inter atau multidisipliner guna memecahkan masalah yang bermanfaat bagi bagi masyarakat dan mengembangkan keilmuan pendidikan bahasa. |
1. Sikap | |
PO1 | Menunjukkan sikap dan perilaku ilmiah, edukatif, dan religius, yang berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara berdasarkan norma dan etika akademik berbasis pada nilai THK |
2. Pengetahuan | |
PO2 | Menguasai konsep filsafat pendidikan (pedagogis) bahasa untuk meningkatkan mutu proses dan hasil pembelajaran bahasa |
PO3 | Menguasai pengetahuan konten pedagogis dalam bidang bahasa untuk menghasilkan inovasi guna memacahkan masalah pendidikan dan pembelajaran bahasa |
PO4 | Menguasai pengetahuan terkait etika ilmiah dalam melaksanakan dan mengomunikasikan pengetahuan dan penelitian dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi |
3. Keterampilan Umum | |
PO5 | Mampu mengintegrasikan kecakapan belajar dan berinovasi, penguasaan teknologi dan informasi, pengembangan karir, dan kecakapan hidup untuk menjadi pembelajar sepanjang hayat. |
PO6 | Mampu mengembangkan dan mempublikasikan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah dengan pendekatan interdisiplin atau multi disiplin, yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahlian bahasa dan pembelajarannya. |
4. Keterampilan Khusus | |
PO7 | Mampu memecahkan permasalahan bidang bahasa serta pembelajarannya melalui pendekatan interdisipliner atau multidisipliner |
PO8 | Mampu menganalisis bahasa dan pembelajarannya melalui riset inter atau multi disipliner sebagai wujud kemampuan beradaptasi dengan lingkungan untuk menghasilkan karya inovatif dan teruji |
Semester I | |||
NO | MATA KULIAH | SKS | SEMESTER |
1. | Etnopedagogik Berperspektif THK | 3 | I |
2. | Metode Pembelajaran Bahasa Berbasis ICT | 3 | I |
3. | Sosiopragmatik | 4 | I |
4. | Kurikulum dan Perancangan Pembelajaran Bahasa | 4 | I |
5. | Evaluasi Pembelajaran Bahasa | 3 | I |
Jumlah SKS | 17 |
Semester II | |||
NO | MATA KULIAH | SKS | SEMESTER |
1. | Filsafat Ilmu dan Filsafat Pendidikan | 3 | II |
2. | Metode Penelitian Bahasa, Sastra, dan Statistika | 3 | II |
3. | Sastra Nusantara Digital Berperspektif THK | 4 | II |
4. | Linguistik Pendidikan | 4 | II |
Jumlah SKS | 14 |
Semester III | |||
NO | MATA KULIAH | SKS | SEMESTER |
1. | Mata Kuliah Pilihan * | ||
a) Linguistik Mikro | 3 | III | |
b) Sastra Kontemporer | |||
c) Pembelajaran Bahasa Inovatif | |||
Jumlah SKS | 3 | ||
*) Pilih salah satu |
Semester IV | |||
NO | MATA KULIAH | SKS | SEMESTER |
1. | Tesis | 8 | IV |
Jumlah SKS | 8 |