Profil lulusan Program Magister/S2 Pendidikan Dasar Universitas Pendidikan Ganesha adalah Praktisi dan peneliti yang mampu mengaplikasikan teori dan model pembelajaran secara professional dan mandiri serta berbasis IPTEK, guna memecahkan masalah pendidikan dasar.

CPL Sikap :

S1.

Menunjukkan sikap dan perilaku ilmiah, edukatif, dan religius yang berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan masyarakat, berbangsa dan bernegara berdasarkan norma dan etika akademik berbasis pada nilai Tri Hita Karana.

CPL Pengetahuan :

P1.

Menguasai filosofi keilmuan pengetahuan, teknologi, dan atau seni yang memiliki nilai kebaruan/novelty dalam bidang keilmuan pendidikan dasar dan praktek profesionalnya melalui riset hingga menghasilkan karya kreatif, original, dan teruji.

P2.

Menguasai pengetahuan pemecahan masalahan ilmu pengetahuan, teknologi, dan atau seni dalam bidang keilmuan pendidikan dasar melalui pendekatan interdisiplin dan multidisiplin.

P3.

Menguasai pengetahuan prosedur ilmiah dalam pengelolaan dan pengembangan riset yang bermanfaat bagi kemaslahatan umat manusia, serta mampu mendapat pengakuan nasional.

CPL Keterampilan Umum :

KU1.

Mampu mengintegrasikan kecakapan belajar dan berinovasi, penguasaan teknologi dan informasi, pengembangan karir, dan kecakapan hidup untuk menjadi pembelajar sepanjang hayat.

KU2.

Mampu mengembangkan dan mempublikasikan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dengan pendekatan interdisiplin atau multi disiplin, yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya.

CPL Keterampilan Khusus :

KK1.

Mampu mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni dalam pembelajaran yang inovatif dan kreatif bidang pendidikan dasar melalui pendekatan riset inter atau multidisipliner.

KK2.

Mampu mengkomunikasikan hasil riset dan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni dalam pembelajaran yang inovatif dan kreatif bidang pendidikan dasar melalui publikasi diterbitkan di jurnal nasional (minimal Sinta 2) atau diterima di jurnal internasional.

KK3.

Mampu memecahkan masalah pembelajaran dan pengelolaan pendidikan dasar melalui pendekatan inter atau multidisipliner.

KK4.

Mampu menemukan atau mengembangkan inovasi, kebijakan, dan pengelolaan pendidikan dasar melalui pendekatan inter atau multidisipliner.

NOMATA KULIAHSKSSEMESTER
A

Mata Kuliah Inti Keilmuan (MKIK)

a. Compulsory Courses

1.

Psikologi Perkembangan dan Pendidikan

2I
2.

Metodologi Penelitian Pendidikan

2I
3.

Aplikasi Statistika dalam Penelitian

2I
4.

Literasi Kelas Awal

2I
5.

Ilmu Pengetahuan Alam Pendidikan Dasar

2I
6.

Matematika Pendidikan Dasar

2I
7.

Ilmu Pengetahuan Sosial Pendidikan Dasar

2I
8.

Leadership berbasis Tri Hita Karana

3II
9.

PKn Pendidikan Dasar

2II
10.

Literasi Kebahasaan dan Sastra Indonesia Pendidikan Dasar

2II
11.

Inovasi Pembelajaran Pendidikan Dasar

2II
12.

Asesmen Pendidikan Dasar

2II
13.

Kajian Persekolahan dan Telaah Kurikulum

3II
14.

Studi Perbandingan Pendidikan Dasar

3III
15.

Tesis

8III / IV

b. Elective Courses

16.

Landasan dan Inovasi Pembelajaran Abad 21

3II
17.

Persfektif Global dan Problematika Pendidikan Dasar

Jumlah SKS

42
B

Mata Kuliah Aanvullen (MKAv)

1.

Asesmen dan Evaluasi Pembelajaran

2I
2.

Strategi dan Desain Pembelajaran

2I
3.

Telaah Kurikulum

2II
4.

Belajar dan Pembelajaran

2II
5.

Wawasan Kependidikan

2III
6.

Perkembangan Peserta Didik

2III
Jumlah SKS

12
Total numbers of credit hours for students with the same background of education

42
Total numbers of credit hours for students with the different background of education

54
NONAMA MATA KULIAHDESKRIPSI

1.

Psikologi Perkembangan dan Pendidikan

Mata kuliah ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan secara lebih mendalam terhadap teori-teori psikologi perkembangan anak, serta psikologi pendidikan seperti behaviouristik, konstruktivis, dan sosialkultur.

2.

Metodologi Penelitian Pendidikan

Mata kuliah ini bertujuan untuk menyajikan falsafah, dasar metotodologis dan operasionalisasi penelitian dalam bidang pendidikan, yang difokuskan pada penelitian kuantitatif, dan kepustakaan. Topik perkuliahan dan tugas-tugas akan meliputi dasar logika penelitian ilmiah, formulasi permasalahan, peranan pengembangan kerangka teoretik, pemilihan variabel dan tata hubungannya, perumusan hipotesis dan pemilihan teknik analisis data yang tepat dalam lingkup pendidikan dasar.

3.

Aplikasi Statistika dalam Penelitian

Mata kuliah ini bertujuan untuk menyajikan teknik dasar dalam pengolahan dan penyajian data secara kuantitatif, distribusi data, pengujian prasyarat analisis, perhitungan regresi linier sederhana, korelasi linier sederhana, statistika inferensial, penaksiran parameter dan pengujian hipotesis dalam kegiatan penelitian yang dilakukan secara manual dan bantuan program aplikasi statistik, dalam lingkup pendidikan dasar.

4.

Literasi Kelas Awal

Tujuan mata kuliah ini adalah untuk memberikan berbagai konsep dan teori yang relevan tentang ketrampilan menulis dan memahami bacaan oleh peserta didik sesuai dengan perkembangan anak di kelas awal.

5.

Ilmu Pengetahuan Alam Pendidikan Dasar

Tujuan dari mata kuliah ini yaitu memberikan pengetahuan tentang ilmu pengetahuan alam secara terpadu serta mengaplikasikan tatacara mengajarkan IPA di jenjang Pendidikan dasar.

6.

Matematika Pendidikan Dasar

Tujuan dari mata kuliah ini adalah memberi wawasan, pengetahuan, dan kemampuan tentang teori matematika, serta bagaimana mengajarkan matematika pada tingkat Pendidikan dasar.

7.

Ilmu Pengetahuan Sosial Pendidikan Dasar

Tujuan dari mata kuliah ini adalah memberi wawasan, pengetahuan, dan kemampuan tentang teori IPS, serta bagaimana mengajarkan IPS pada tingkat pendidikan dasar.

8.

Leadership berbasis Tri Hita Karana

Tujuan matakuliah ini adalah mengkaji konsep-konsep kepemimpinan yang ada serta mengkombinasikan dengan nilai-nilai Tri Hita Karana sehingga dihasilkan konsep kepemimpinan yang akurat dalam bidang pendidikan dasar.

9.

PKn Pendidikan Dasar

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan gambaran teoritis tentang pendidikan kewarganegaraan, dan tatacara membentuk karakter bangsa khususnya pada tingkat pendidikan dasar.

10.

Literasi Kebahasaan dan Sastra Indonesia Pendidikan Dasar

Mata kuliah ini bertujuan memberikan pengetahuan bahasa dan Sastra Indonesia yang benar serta memberi tatacara pengajaran bahasa indonesia tingkat pendidikan dasar.

11.

Inovasi Pembelajaran Pendidikan Dasar

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengalaman dan meningkatkan wawasan terkait pengintegrasian berbagai model pendekatan dan strategi pembelajaran, baik yang bersifat korelated maupun integrated dalam konteks pendidikan dasar.

12.

Asesmen Pendidikan Dasar

Matakuliah ini bertujuan memberikan wawasan luas tentang asesmen pembelajaran termasuk di dalamnya memanfaatkan hasil asesmen dan evaluasi dalam bidang Pendidikan dasar. Ruang lingkup: konsep-konsep tes, pengukuran, penilaian, evaluasi, kaitan penilaian dengan pembelajaran, jenis-jenis penilaian, penilaian otentik termasuk di dalamnya penilaian dengan portofolio, penilaian untuk perbaikan pembelajaran, validitas, reliabilitas, cara mengembangkan tes, analisis butir, dan praktik analisis butir secara teoritik dan empirik dengan menggunakan program-program yang relevan, seperti: Iteman, Bigstep, dan SPSS.

13.

Kajian Persekolahan dan Telaah Kurikulum

Mata kuliah ini bertujuan memberikan pengetahuan dan pengalaman riil untuk melakukan kajian secara mendalam tentang praktek manajemen dan pembelajaran pada jenjang Pendidikan dasar, sehingga mereka mampu menjadi tenaga ahli Pendidikan dasar yang mandiri dan professional. Dan mampu memahami serta mengaplikasikan bagaimana merancang, mengembangkan suatu kurikulum.

14.

Studi Perbandingan Pendidikan Dasar

Matakuliah ini bertujuan untuk membahas isu-isu, termasuk model atau strategi pendidikan dasar di Indonesia, negara ASEAN, dan negara maju lain. Selain itu, diharapkan lulusan mampu berinovasi dalam pelaksanaan model atau strategi pendidikan dasar.

15.

Tesis

Tesis dilaksanakan dengan memanfaatkan metodologi kuantitatif maupun kualitatif dalam bidang Pendidikan dasar. Dengan demikian penulisan tesis mencakup: latar belakang masalah, perumusan masalah dan tujuan penelitian, kajian teoretis tentang konsep-konsep yang diteliti dan disertai kerangka berpikir peneliti itu sendiri. Metodologi penelitian dirinci sesuai dengan masalah dan tujuan penelitian. Terakhir peneliti menafsirkan dan menarik kesimpulan dari semua unsur tersebut dituliskannya dalam bentuk tesis yang dapat dipertanggungjawabkan secara akademik.

16.

Landasan dan Inovasi Pembelajaran Abad 21

Mata kuliah ini bertujuan memberikan wawasan dan pengetahuan tentang penerapan teori-teori pendidikan dalam pembelajaran abad 21 secara langsung, yang nantinya dapat diaplikasikan dalam pembelajaran sehingga pembelajaran bisa lebih bermakna sesuai dengan perkembangan sains dan teknologi.

17.

Persfektif Global dan Problematika Pendidikan Dasar

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pengalaman tentang bagaimana perkembangan dunia pendidikan, serta menangapi isu-isu terkait pendidikan dasar dari berbagai perspektif.

18.

Asesmen dan Evaluasi Pembelajaran

Mata kuliah ini mengkaji tentang asesmen dan evaluasi di sekolah dasar, muatan yang akan dibahas tentang: (1) konsep-konsep dasar asesmen dalam pendidikan, (2) taksonomi belajar dan penerapannya dalam penilaian belajar, (3) instrumen-instrumen yang sesuai dalam pembelajaran dan langkah-langkah mendesian instrumen penilaian belajar, (4) proses validasi instrumen penilaian belajar dan pelaporannya, (5) menganalisis dan melaporkan hasil penilaian pembelajaran (6) penggunaan instrumen penilaian pembelajaran dalam konteks pembelajaran di kelas. Selian konsep tentang materi yang dipelajari mahasiswa juga akan dibekali tentang keterampilan membuat dan mengimplemntasikan instrument di sekolah dasar.

19.

Strategi Pembelajaran

Mata kuliah ini mengkaji konsep tetang strategi dan desain pembelajaran yang bisa digunakan untuk membelajarakan siswa sekolah dasar. Muatan yang akan dipelajari adalah (1) hakikat pendekatan pembelajar, strategi/model pembelajaran, dan metode pembelajaran; (2) berbagai model pembelajaran ; (3) karakteristik, dimensi-dimensi disain dan prosedur penyusunan disain pembelajaran (berbasis KTSP dan kurikulum 2013); (4) penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Selain konsep, mata kuliah ini juga memberikan kesempatan mahasiswa untuk berlatih cara mengajar di sekolah dasar dengan menerapakn apa yang sudah dipelajari.

20.

Telaah Kurikulum

Mata kuliah Telaah Kurikulum ini memuat tentang: (1) filosofi kurikulum, (2) hakikat kurikulum, (3) prinsip-prinsip pengembangan kurikulum, (4) model-model pengembangan kurikulum, (5) penilaian berbasis kelas (asesmen otentik), (6) panduan penyusunan kurikulum 2013, (7) komponen-komponen kurikulum 2013, (8) standar kompetensi lulusan dan standar isi, (9) pengembangan silabus dan langkah-langkah pengembangan silabus, (10) penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), (11) Praktek penyusunan RPP lima bidang studi satuan pendidikan SD-MI.

21.

Belajar dan Pembelajaran

Mata kuliah membahas tentang: hakikat belajar, hakikat hasil belajar, faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar, teori-teori belajar, model- model pembelajaran, metode-metode pembelajaran, serta keterampilan-keterampilan pembelajaran/mengajar. Mata kuliah ini ditujukan untuk membentuk kompetensi personal, kompetensi sosial, dan kompetensi paedagogik calon guru.

22.

Wawasan Kependidikan

Mata Kuliah ini membahas tentang hakikat dan makna Ilmu Pendidikan, teori-teori pendidikan dalam kaitannya dengan pengembangan potensi manusia (peserta didik), asumsi programatik pendidikan (faktor-faktor yang terlibat dalam proses pendidikan peserta didik), sistem pendidikan Indonesia, dan kompetensi-sertifikasi-profesi guru.

23.

Perkembangan Peserta Didik

Mata kuliah ini membahas tentang: (1) Konsep dasar dan proses perkembangan peserta didik; (2) Karakteristik pertumbuhan dan perkembangan peserta didik usia kanak-kanak, remaja, dan dewasa; (3) Karakteristik perkembangan psikis, fisik, moral dan sosial peserta didik usia kanak-kanak, remaja, dan dewasa; (4) Aspek-aspek perbedaan individu, (5) Tugas-tugas perkembangan peserta didik usia kanak-kanak, remaja, dan dewasa, (6) Teori reward dan punishmen dalam perkembangan, dan (7) Teori-teori perkembangan.