Pandemi Covid-19 banyak membawa perubahan di berbagai sektor kehidupan. Perkembangan teknologi di era pandemic memberi sumbangsih yang sangat banyak dalam memenuhi kebutuhan kehidupan. Salah satu pernana teknologi yang sangat erat kaitannya saat pandemic adalah proses pendidikan.
Pendidikan adalah salah satu aspek yang sangat membutuhkan teknologi dalam penyampaiannya di era pandemic. Salah satu contoh pemanfaatan teknologi di era pandemic untuk pendidikan adalah Webinar. Webinar adalah suatu kegiatan sharing ilmu dari seorang narasumber kepada peserta narasumber tentang pengalaman/ kegiatan yang akan dilaksanakan oleh pemerintah, dan pemberian informasi tentang teknologi baru. Webinar di era pandemic dilaksanakan secara online via Zoom atau Google Meet.
Program Megister S2 Ilmu Komputer Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha melaksanakan kegiatan webinar 1 dengan peserta dari mahasiswa S2 Ilmu Komputer. Adapun tema yang diangkat adalah “Sharing Session Pengguna & Alumni: Peluang Pengembangan Riset Ilmu Komputer di Pemerintahan, Industri, dan dunia Pendidikan”. Kegiatan webinar ini bekerja sama dengan Dinas Kominfo Provinsi Bali serta dengan para alumni S2 Ilmu Komputer. Mengingakt kondisi saat ini masih berada di fase pasca pandemi maka kegiatan webinar dilaksanakan secara online via zoom.
Adapun pemaparan materi dari narasumber pada kegiatan webinar 1 ialah sebagai berikut: Naraseumber pertama dari Dinas Kominfo Provinsi Bali yang diwakilkan oleh bapak I Gusti Ngurah Puspa Udiyana, S.Kom., S.E.,M.Si, beliau memaparkan tentang program yang akan dikembangkan oleh Dinas Kominfo Provinsi Bali dalam menyongsong era Globalisasi dan melaksanakan program digitalisasi pada setiap sector pemerintahan di provinsi Bali.
Kemudian Narasumber 2 yang merupakan alumni dari S2 Ilmu Komputer adalah bapak I Putu Andika Subagia Putra, S.Pd.,M.Kom. Beliau saat ini menjabat sebagai CEO Ganesha Inovasi Teknologi. Adapun pemaparan materi yang disampaikan adalah tentang Immersive Teknologi dalam Industri Seni dan Budaya. Peranan immersive dalam perkembangan teknologi saat ini adalah sebagai sarana simulasi digital dalam menyelesaikan suatu permasalahan ekonomi, sosial budaya, pendidikan dan bencana alam.
Narasumber terakhir adalah bapak I Gede Bintang Arya Budaya, S.Kom., M.Kom. beliau merupakan Manager Inkubator Bisnis STIKOM Bali dan Co Founder/CFO Baswara Press and Research Consulting. Adapun materi yang disampaikan adalah Business Informatics : Ilmu Komputer Dalam Ranah Bisnis dari Produk Penelitian Hingga Potensi Hilirisasi. Dalam pemaparannya beliau menyampaikan bahwa hasil penelitian atau hasil produk penelitian yang dibuat oleh mahasiswa dapat dikembangkan dikembangkan dan digali potensinya untuk penelitan selanjutnya sehingga dapat tejadi proses hilirisasi dari peneitian sebelumnya. Dengan dilaksanakan kegiatan webinar 1, diharapkan mahasiswa S2 Ilmu Komputer dapat mendapatkan informasi dan pengetahuan tambahan tentang program-program yang dilaksanakan oleh pemerintah provinsi Bali khusunya dinas kominfo, serta mendapatkan pengetahuan tambahan tentang pengalaman dan teknologi baru dari para alumni S2 Ilmu Komputer.
Terlampir file presentasi dan foto-foto kegiatan.