Page 123 - Kurikulum Merdeka Pascasarjana 2021
P. 123

10.5.   Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)
                              1)   CPL Sikap:
                                  a.   bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap
                                       religius;
                                  b.   menjunjungtingginilaikemanusiaandalammenjalankantugasberdasarkan
                                       agama, moral, danetika;
                                  c.   berkontribusidalampeningkatanmutukehidupanbermasyarakat,
                                       berbangsa, bernegara, dankemajuanperadabanberdasarkanPancasila;
                                  d.   berperansebagaiwarganegara        yang     banggadancintatanah       air,
                                       memilikinasionalismeserta rasa tanggungjawabpadaNegaradanbangsa;
                                  e.   menghargaikeanekaragamanbudaya, pandangan, agama, dankepercayaan,
                                       sertapendapatatautemuanorisinal orang lain;
                                  f.   bekerjasamadanmemilikikepekaansocialsertakepedulianterhadapmasyara
                                       katdanlingkungan;
                                  g.   taathokumdandisiplindalamkehidupanbermasyarakatdanbernegara;
                                  h.   menginternalisasinilai, norma, danetikaakademik;
                                  i.   menunjukkansikapbertanggungjawabataspekerjaan                          di
                                       bidangkeahliannyasecaramandiri;
                                  j.   menginternalisasisemangatkemandirian, kejuangan, dankewirausahaan;
                                  k.   menunjukkan
                                       integritastinggidalamlingkupkehidupansocialdanprofessionaldenganmegedepank
                                       annilai-nilailuhurkeharmonisansesuaidenganfalsafah Tri Hita Karana.
                              2)   CPL Pengetahuan:
                                  a.   mampu  menjalin  hubungan  profesional  dan  interpersonal  secara
                                       konstruktif dan bertanggungjawab untuk membantu nyelesaikan persoalan
                                       pembelajaran PJOK;
                                  b.   menguasai konsep dasar teoretik dan memiliki kemampuan profesional di
                                       bidang PJOK;
                                  c.   memiliki kemampuan pedagogik terkait dengan  bidang  PJOK;
                                  d.   memiliki kemampuan memanfaatkan  Ilmu Pengetahuan dan Teknologi di
                                       bidang PJOK dalam penyelesaian masalah yang dihadapi;
                                  e.   menguasai  pengetahuan  tentang  peserta  didik,  teori  dan  metodologi
                                       pembelajaran, prinsip, prosedur dan pemanfaatan evaluasi PJOK;
                                  f.   terampil  memanfaatkan    perangkat  teknologi  informasi  dan  komunikasi
                                       untuk mendukung pembelajaran PJOK;
                                  g.   memiliki  kemampuan    logika  berpikir  ilmiah    dalam  mengkaji  fenomena
                                       PJOK secara teoretik maupun empirik;
                                  h.   mampu memberikan alternatif pemecahan masalah PJOK yang terjadi pada
                                       individu, kelompok, organisasi, dan masyarakat tanpa membedakan suku,
                                       agama, ras, tingkat usia, jenis kelamin, dan status sosial-ekonomi-budaya
                              3)   CPL Keterampilan Umum:
                                  a.   Mampu  mengembangkan  pemikiran  logis,  kritis,  sistematis,  dan  kreatif
                                       melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang
                                       ilmu  pengetahuan  dan  teknologi  yang  memperhatikan  dan  menerapkan
                                       nilai  humaniora  sesuai  dengan  bidang  keahliannya,  menyusun  konsepsi




                      Kurikulum Program Studi Pascasarjana-Undiksha                                                                                         119
   118   119   120   121   122   123   124   125   126   127   128