Page 127 - Kurikulum Merdeka Pascasarjana 2021
P. 127

b)  Sistem Sosiokultural Perspektif THK                 IPS220318
                            c)  Manajemen Pendidikan berbasisTHK                    APD220314
                            d)  Etika Bisnis dan Profesi Perspektif THK             AKN220320
                            e)  Komputer Masyarakat                                 KOM220327
                            f)  THK based Business Ethics                           IMM220323
                            g)  Leadership berbasis THK                             PDS220318
                            h)  Asesmen Berbasis THK                                PEP220319
                            i)  Olahraga dalam Perspektif THK                       POR220314
                            j)  Sastra Nusantara Digital Berperspektif THK          BHS220314
                            k)  Technopreneur Teknologi Pembelajaran berbasis
                                                                                    TPD220314
                               THK
                            l)  Landasan  Pendidikan,  Pembelajaran,    Telaah
                                                                                    BKS220323
                               Kurikulum berbasis THK
                            m) Literasi Sains                                       IPA221316
                            n)  Kajian STEM berbasis THK                           MAT220316
                                                         Jumlah Sks                                11
                     **) Pilih salah satu atau tidak dipilih.


                      10.8.  Deskripsi Mata Kuliah:
                              1)   Filsafat Ilmu dan Pedagogi Olahraga
                                 Mata kuliah ini memberikan pemahaman dan penguasaan tentang filsafat
                                 ilmu  dan  pedagogi  olahraga.  Filsafat  ilmu  meliputi  hakikat  dan    proses
                                 berpikir  ilmiah  yang  mencakup:  a)  perkembangan  filsafat  dan  ilmu
                                 pengetahuan, b) pengertian, hubungan dan perbedaan antara pengetahuan,
                                 ilmu  pengetahuan,  filsafat  dan  filsafat  ilmu  pengetahuan,  c)  kedudukan
                                 filsafat  ilmu  pengetahuan  dalam  sistem  filsafat  dan  ruang  lingkupnya,  d)
                                 hakikat  ilmu  pengetahuann  (ontologi,  epistemologi,  dan  aksiologi),  e)
                                 dimensi  dan  struktur  ilmu  pengetahuan,  f)  metode  keilmuan  dan
                                 pengembangan  ilmu  pengetahuan,  terutama  dalam  kegiatan  penelitian
                                 keolahragaan. Sedangkan pedagogi olahraga meliputi ilmu mendidik, proses
                                 pembelajaran, perilaku guru dan murid, pembelajaran efektif, isu-isu terkait
                                 dengan guru dan pendidikan, serta kurikulum.

                             2)   Metode Penelitian PJOK dan Seminar Pra-Proposal Tesis
                                 Mahasiswa menguasai tentang pengertian, tujuan, manfaat, prinsip-prinsip
                                 dasar  penelitian,  bentuk  dan  jenis  penelitian  PJOK  (eksperimen,  PTK,
                                 korelasional,  studi  kasus,  expose  facto,  observasi,  survey,  dan  deskriptif),
                                 esensi permasalahan penelitian, perumusan masalah penelitian, rancangan
                                 penelitian (research design), populasi dan sampel, teknik pengumpulan data
                                 (test dan nontest tecniques), teknik analisis data (deskriptif, inferensial), hasil
                                 penelitian  dan  pembahasan,  implikasi  hasil  penelitian,  dan  penyusunan
                                 laporan dan penulisan artikel hasil penelitian PJOK.
                                 Pada  Seminar  Pra-Proposal  Tesis:  mahasiswa  mampu  menyusun  dan
                                 mempresentasikan  Pra-Proposal  Tesis  yang  didasari  oleh  penguasaan





                      Kurikulum Program Studi Pascasarjana-Undiksha                                                                                         123
   122   123   124   125   126   127   128   129   130   131   132