Page 165 - Kurikulum Merdeka Pascasarjana 2021
P. 165
5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan
kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap
masyarakat dan lingkungan;
7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang
keahliannya secara mandiri;
10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan
kewirausahaan
11. Mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk
mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik;
12. Menginternalisasi nilai-nilai Tri Hita Karana dalam kehidupan.
B CPL Pengetahuan (CPLP)
1. Menguasai teori-teori pendidikan, kurikulum, pembelajaran, dan
penilaian hasil belajar IPA (pedagogi dan andragogy);
2. Menguasai teori-teori IPA/fisika/kimia/ biologi;
3. Menguasai metodologi penelitian dalam rangka mengembangkan
pendidikan IPA berdasarkan isu terkini dan mengomunikasikan hasilnya;
4. Menguasai cara pembelajaran khusus (specific pedogagy) bidang
IPA/fisika/kimia/biologi.
C CPL Keterampilan Umum (CPLKU)
1. Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui
penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu
pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai
humaniora sesuai dengan bidang keahliannya, menyusun konsepsi
ilmiah dan hasil kajiannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah
dalam bentuk tesis yang dipublikasikan dalam jurnal ilmiah;
2. Melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahliannya
dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan
melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya;
3. Menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara
bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, melalui media
kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas;
4. Mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan
memosisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui
pendekatan inter atau multidisipliner;
Kurikulum Program Studi Pascasarjana-Undiksha 161