Page 161 - Kurikulum Merdeka Pascasarjana 2021
P. 161

Pembelajaran Matematika, Akuisisi Pengetahuan Konseptual dalam Pendidikan Matematika
                     dan  Implikasinya,  Lingkungan  Belajar  Matematika  dalam  Permainan  Anak-anak,

                     Pembelajaran Matematika sebagai Suatu Aktivitas yang Bermakna, Implikasi Sociocultural
                     Theory  dalam  Pembelajaran  Matematika,  Kontribusi  Kontruktivis  dalam  Pembelajaran

                     Matematika, Mengkonstruksi Skemata dalam Pendidikan Matematika, Negosiasi Bermakna

                     dalam Proses Pembelajaran Matematika, dan Budaya dalam Pembelajaran Matematika


                     14.  Kajian Geometri (3 SKS)
                     Mata  kuliah  ini  membahas  beberapa  konsep  lanjutan  dalam  Geometri  sekaligus  sebagai

                     pendalaman konsep yang telah diperoleh pada program sarjana. Matakuliah ini bertujuan
                     untuk  memberikan  latihan  berpikir  matematis  dalam  menyelesaikan  suatu  permasalahan

                     baik dalam matematika maupun dalam bidang ilmu lain sebagai penerapan konsep Geometri.

                     Kemampuan matematis yang dimaksud dalam hal ini adalah pemecahan masalah, penalaran,
                     komunikais,  koneksi,  dan  representasi.  Dengan  demikian,  mahasiswa  mempunyai

                     pengetahuan  yang  solid  dan  keterampilan  yang  terasah  dalam  Geometri  serta  bisa

                     menerapakannya  untuk  menyelesaikan  permasalahan  terkait  Geometri.  Mata  kuliah  ini
                     membahas topik antara lain Fondasi Geometri dan Metode Aksiomatik, Geometri Euclid,

                     Simetri, Geometri Fraktal, dan Geometri Benda Padat


                     15.  Kajian STEM (3 SKS)
                     Mata  kuliah  ini  dimaksudkan  untuk  mengeksplorasi  potensi-potensi  Computational

                     Thinking  (CT)  dan  Sciences,  Technology,  Engineering,  and  Mathematics  (STEM)  bagi

                     pembelajaran  matematika  dan  selanjutnya  mengembangkan  perangkat  pembelajaran
                     matematika  berbasis  CT  dan  STEM.  Materi  yang  dibahas  Constructionism  Papert  bagi

                     pembelajaran  matematika,  Computational  Thinking  (CT),  Coding  dalam  Pembelajaran
                     Matematika, STEM movement, Metode-metode integrasi STEM, Pengembangan perangkat

                     belajar matematika berbasis CT dan STEM


                     16.  Tesis (8 SKS)

                     Mata kuliah ini menekankan pada pengembangan kemampuan kritis dan kreatif mahasiswa
                     dalam  memecahkan  permasalahan  pendidikan  maupun  pengajaran  matematika  melalui

                     penulisan proposal, pelaksananaan penelitian, dan penulisan laporan di bawah bimbingan 2





                      Kurikulum Program Studi Pascasarjana-Undiksha                                                                                         157
   156   157   158   159   160   161   162   163   164   165   166