Page 161 - Kurikulum Merdeka Pascasarjana 2021
P. 161
Pembelajaran Matematika, Akuisisi Pengetahuan Konseptual dalam Pendidikan Matematika
dan Implikasinya, Lingkungan Belajar Matematika dalam Permainan Anak-anak,
Pembelajaran Matematika sebagai Suatu Aktivitas yang Bermakna, Implikasi Sociocultural
Theory dalam Pembelajaran Matematika, Kontribusi Kontruktivis dalam Pembelajaran
Matematika, Mengkonstruksi Skemata dalam Pendidikan Matematika, Negosiasi Bermakna
dalam Proses Pembelajaran Matematika, dan Budaya dalam Pembelajaran Matematika
14. Kajian Geometri (3 SKS)
Mata kuliah ini membahas beberapa konsep lanjutan dalam Geometri sekaligus sebagai
pendalaman konsep yang telah diperoleh pada program sarjana. Matakuliah ini bertujuan
untuk memberikan latihan berpikir matematis dalam menyelesaikan suatu permasalahan
baik dalam matematika maupun dalam bidang ilmu lain sebagai penerapan konsep Geometri.
Kemampuan matematis yang dimaksud dalam hal ini adalah pemecahan masalah, penalaran,
komunikais, koneksi, dan representasi. Dengan demikian, mahasiswa mempunyai
pengetahuan yang solid dan keterampilan yang terasah dalam Geometri serta bisa
menerapakannya untuk menyelesaikan permasalahan terkait Geometri. Mata kuliah ini
membahas topik antara lain Fondasi Geometri dan Metode Aksiomatik, Geometri Euclid,
Simetri, Geometri Fraktal, dan Geometri Benda Padat
15. Kajian STEM (3 SKS)
Mata kuliah ini dimaksudkan untuk mengeksplorasi potensi-potensi Computational
Thinking (CT) dan Sciences, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) bagi
pembelajaran matematika dan selanjutnya mengembangkan perangkat pembelajaran
matematika berbasis CT dan STEM. Materi yang dibahas Constructionism Papert bagi
pembelajaran matematika, Computational Thinking (CT), Coding dalam Pembelajaran
Matematika, STEM movement, Metode-metode integrasi STEM, Pengembangan perangkat
belajar matematika berbasis CT dan STEM
16. Tesis (8 SKS)
Mata kuliah ini menekankan pada pengembangan kemampuan kritis dan kreatif mahasiswa
dalam memecahkan permasalahan pendidikan maupun pengajaran matematika melalui
penulisan proposal, pelaksananaan penelitian, dan penulisan laporan di bawah bimbingan 2
Kurikulum Program Studi Pascasarjana-Undiksha 157