Page 160 - Kurikulum Merdeka Pascasarjana 2021
P. 160
11. Kajian Matematika Sekolah (3 SKS)
Mata kuliah ini dimaksudkan untuk mendalami kemungkinan masalah-masalah krusial
dalam pembelajaran konsep-konsep matematika di sekolah sekolah: kelas VII sampai
dengan kelas XII, dan mengembangkan rancangan pembelajaran yang diorientasikan pada
penangulangan masalah-masalah krusial yang dimaksud. Bahan kajian pada mata kuliah ini
didasarkan pada masalah-masalah yang diprediksi menjadi hambatan bagi terjadinya
pemahaman yang benar terhadap konten matematika yang dibelajarkan pada jenjang
pendidikan sekolah menengah dari kelas VII sampai dengan kelas XII. Masalah-masalah
seperti ini dianggap krusial ketika paling sedikit 25% peserta didik mengalami permasalahan
dalam memahami konsep yang dibelajarkannya. Bahan kajian selanjutnya berupa
pengenalan soal-soal pemecahan masalah yang diorientasikan pada pengembangan soal-soal
matematika untuk olimpiade.
12. Evaluasi Pendidikan Matematika (3 SKS)
Mata kuliah ini dimaksudkan supaya mahasiswa memiliki wawasan penguasaan
pengetahuan dan keterampilan tentang konsep-konsep dasar asessmen pembelajaran
matematika dan pengembangannya serta mampu melaksanakan asesmen pembelajaran
matematika secara bermakna. Materi Perkuliahan meliputi: hakikat Evaluasi (penilaian,
pengukuran, dan tes); Classification of Assessment; Assessing to Support Mathematics
Learning, pengkonstruksian tes objektif berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill);
pengkonstruksian tes essay berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill); mengkonstruksi
tes kinerja; pengujian tes dikotomi dan nondikotomi; Metode dan prinsip-prinsip untuk
mengassessment pembelajaran matematika; assessment dalam RME; Kompetensi
matematika dan assessmentnya; Kemampuan pemecahan masalah dan assessmentnya; dan
Assessment of Mathematical Literacy
13. Pembelajaran Matematika Inovatif (3 SKS)
Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa memiliki wawasan tentang pengetahuan dan
keterampilan berkaitan dengan konsep-konsep dasar pembelajaran matematika serta mampu
merencanakan dan melaksanakan pembelajaran matematika secara bermakna. Materi
Perkuliahan meliputi: Hakikat Model Pembelajaran Matematika, Prinsip Belajar dan
Kurikulum Program Studi Pascasarjana-Undiksha 156