Page 160 - Kurikulum Merdeka Pascasarjana 2021
P. 160

11.  Kajian Matematika Sekolah (3 SKS)

                     Mata  kuliah  ini  dimaksudkan  untuk  mendalami  kemungkinan  masalah-masalah  krusial
                     dalam  pembelajaran  konsep-konsep  matematika    di  sekolah  sekolah:  kelas  VII  sampai

                     dengan kelas XII, dan mengembangkan rancangan pembelajaran yang diorientasikan pada

                     penangulangan masalah-masalah krusial yang dimaksud. Bahan kajian pada mata kuliah ini
                     didasarkan  pada  masalah-masalah  yang  diprediksi  menjadi  hambatan  bagi  terjadinya

                     pemahaman  yang  benar  terhadap  konten  matematika  yang  dibelajarkan  pada  jenjang
                     pendidikan sekolah menengah dari kelas VII sampai dengan kelas XII.  Masalah-masalah

                     seperti ini dianggap krusial ketika paling sedikit 25% peserta didik mengalami permasalahan
                     dalam  memahami  konsep  yang  dibelajarkannya.  Bahan  kajian  selanjutnya  berupa

                     pengenalan soal-soal pemecahan masalah yang diorientasikan pada pengembangan soal-soal

                     matematika untuk olimpiade.


                     12.  Evaluasi Pendidikan Matematika (3 SKS)

                     Mata  kuliah  ini  dimaksudkan  supaya  mahasiswa  memiliki  wawasan  penguasaan
                     pengetahuan  dan  keterampilan  tentang  konsep-konsep  dasar  asessmen  pembelajaran

                     matematika  dan  pengembangannya  serta    mampu  melaksanakan  asesmen  pembelajaran
                     matematika  secara  bermakna.  Materi  Perkuliahan  meliputi:  hakikat  Evaluasi  (penilaian,

                     pengukuran,  dan  tes);  Classification  of  Assessment;  Assessing  to  Support  Mathematics
                     Learning,  pengkonstruksian  tes  objektif  berbasis  HOTS  (Higher  Order  Thinking  Skill);

                     pengkonstruksian tes essay berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill); mengkonstruksi

                     tes  kinerja;  pengujian  tes  dikotomi  dan  nondikotomi;  Metode  dan  prinsip-prinsip  untuk
                     mengassessment  pembelajaran  matematika;  assessment  dalam  RME;  Kompetensi

                     matematika dan assessmentnya; Kemampuan pemecahan masalah dan assessmentnya;  dan
                     Assessment of Mathematical Literacy


                     13.  Pembelajaran Matematika Inovatif (3 SKS)

                     Mata  kuliah  ini  bertujuan  agar  mahasiswa  memiliki  wawasan  tentang  pengetahuan  dan

                     keterampilan berkaitan dengan konsep-konsep dasar pembelajaran matematika serta  mampu
                     merencanakan  dan  melaksanakan  pembelajaran  matematika  secara  bermakna.  Materi

                     Perkuliahan  meliputi:  Hakikat  Model  Pembelajaran  Matematika,  Prinsip  Belajar  dan





                      Kurikulum Program Studi Pascasarjana-Undiksha                                                                                         156
   155   156   157   158   159   160   161   162   163   164   165