Page 176 - Kurikulum Merdeka Pascasarjana 2021
P. 176

pendidikan  keilmuan,  penguasaan  kemampuan  mendidik  mencakup
                                 kemampuan  mengoperasikan  fungsi  pengetahuan  ilmiah  sebagai  acuan
                                 dalam  mendeskripsikan,  menjelaskan,  memprediksikan  dan  mengontrol
                                 gejala  alam  melalui  kegiatan  belajar  –  mengajar  dan  pembelajaran.
                                 Operasionalisasi fungsi pengetahuan ilmiah dalam proses belajar – mengajar
                                 diarahkan  pada  kemampuan  untuk  menggunakan  teori  keilmuan  sebagai
                                 acuan  pemecahan  masalah,  membentuk  kemampuan  penalaran,
                                 membentuk  kemampuan  berpikir  antisipatif,  dan  membentuk  persepsi
                                 bahwa pengetahuan ilmiah merupakan produk pencarian kebenaran yang
                                 dilaksanakan  secara  dinamis  dan  bukan  sekadar  “barang  jadi”  yang
                                 dikonsumsi  secara  statis  dengan  jalan  menghafal.  Pembentukan
                                 kemampuan mendidik dikembangkan berdasarkan pemahaman yang kuat
                                 terhadap peserta didik dan pembelajarannya
                              3.   Memiliki Keahlian Profesional dan Personal
                                 Keahlian  profesional  dan  personal  lulusan  diarahkan  kepada  penguasaan
                                 berbagai disiplin ilmu yang diperlukan dalam dimensi profesionalisme dalam
                                 bidang  ilmu  pendidikan  yang  menjadi  bagian  integral  dari  personal.
                                 Penguasaan  disiplin  keilmuan  dan  pembelajaran  ini  ditebarkan  pada
                                 fungsinya  sebagai  acuan  dalam  pemecahan  masalah  dan  landasan  bagi
                                 pengembangan  keilmuan  selanjutnya  pada  bidang  studi  tertentu.
                                 Penguasaan teori keilmuan mencakup kemampuan dalam mengembangkan
                                 instrumen  untuk  observasi  atau  kegiatan  pengukuran.  Penguasaan  teori
                                 keilmuan  dalam  suatu  bidang  tertentu  diarahkan  kepada  pengembangan
                                 cakrawala  penelitian  dan  pengembangan  yang  dapat  dilakukan  dalam
                                 bidang  keilmuan  tersebut.  Butir  tersebut  memberi  implikasi  bahwa
                                 keberhasilan pengajaran suatu mata kuliah ditentukan oleh seberapa jauh
                                 materi  perkuliahan  tersebut  memberi  kontribusi  bagi  mahasiswa  dalam
                                 merumuskan masalah penelitiannya, mencari solusi yang dilandasi oleh tata
                                 nilai  etika  professional,  dan  konteks  sosial  budaya  tertentu.  Penguasaan
                                 teori keilmuan diarahkan kepada keseimbangan antara kemampuan secara
                                 teknik (technical know how) dan kemampuan secara manajerial (managerial
                                 know how).

                      01.6.  Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)
                              1)   CPL Sikap:
                                 a.   Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap
                                      religius.
                                 b.   Menjunjung  tinggi  nilai  kemanusiaan  dalam  menjalankan  tugas
                                      berdasarkan agama, moral, dan etika.
                                 c.   Berkontribusi  dalam  peningkatan  mutu  kehidupan  bermasyarakat,
                                      berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
                                 d.   Berperan  sebagai  warga  negara  yang  bangga  dan  cinta  tanah  air,
                                      memiliki  nasionalisme  serta  rasa  tanggung  jawab  pada  negara  dan
                                      bangsa.






                      Kurikulum Program Studi Pascasarjana-Undiksha                                                                                         172
   171   172   173   174   175   176   177   178   179   180   181