Page 176 - Kurikulum Merdeka Pascasarjana 2021
P. 176
pendidikan keilmuan, penguasaan kemampuan mendidik mencakup
kemampuan mengoperasikan fungsi pengetahuan ilmiah sebagai acuan
dalam mendeskripsikan, menjelaskan, memprediksikan dan mengontrol
gejala alam melalui kegiatan belajar – mengajar dan pembelajaran.
Operasionalisasi fungsi pengetahuan ilmiah dalam proses belajar – mengajar
diarahkan pada kemampuan untuk menggunakan teori keilmuan sebagai
acuan pemecahan masalah, membentuk kemampuan penalaran,
membentuk kemampuan berpikir antisipatif, dan membentuk persepsi
bahwa pengetahuan ilmiah merupakan produk pencarian kebenaran yang
dilaksanakan secara dinamis dan bukan sekadar “barang jadi” yang
dikonsumsi secara statis dengan jalan menghafal. Pembentukan
kemampuan mendidik dikembangkan berdasarkan pemahaman yang kuat
terhadap peserta didik dan pembelajarannya
3. Memiliki Keahlian Profesional dan Personal
Keahlian profesional dan personal lulusan diarahkan kepada penguasaan
berbagai disiplin ilmu yang diperlukan dalam dimensi profesionalisme dalam
bidang ilmu pendidikan yang menjadi bagian integral dari personal.
Penguasaan disiplin keilmuan dan pembelajaran ini ditebarkan pada
fungsinya sebagai acuan dalam pemecahan masalah dan landasan bagi
pengembangan keilmuan selanjutnya pada bidang studi tertentu.
Penguasaan teori keilmuan mencakup kemampuan dalam mengembangkan
instrumen untuk observasi atau kegiatan pengukuran. Penguasaan teori
keilmuan dalam suatu bidang tertentu diarahkan kepada pengembangan
cakrawala penelitian dan pengembangan yang dapat dilakukan dalam
bidang keilmuan tersebut. Butir tersebut memberi implikasi bahwa
keberhasilan pengajaran suatu mata kuliah ditentukan oleh seberapa jauh
materi perkuliahan tersebut memberi kontribusi bagi mahasiswa dalam
merumuskan masalah penelitiannya, mencari solusi yang dilandasi oleh tata
nilai etika professional, dan konteks sosial budaya tertentu. Penguasaan
teori keilmuan diarahkan kepada keseimbangan antara kemampuan secara
teknik (technical know how) dan kemampuan secara manajerial (managerial
know how).
01.6. Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)
1) CPL Sikap:
a. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap
religius.
b. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas
berdasarkan agama, moral, dan etika.
c. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat,
berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
d. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air,
memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan
bangsa.
Kurikulum Program Studi Pascasarjana-Undiksha 172