Page 69 - Kurikulum Merdeka Pascasarjana 2021
P. 69
3) CPL Keterampilan Umum:
a. Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif
dalam penerapan teknologi atau seni sesuai bidang keahliannya dengan
menghasilkan prototipe, karya desain, produk seni, atau inovasi
teknologi bernilai tambah, menyusun konsepsi ilmiah karyanya
berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis dan
mempublikasikan tulisan dalam jurnal keilmuan atau keahlian
terakreditasi;
b. Mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang
keahliannya dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri
yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya;
c. Mampu menyusun ide, pemikiran dan argumen teknis secara
bertanggung jawab dan berdasarkan pada etika akademik, serta
mengkomunikasikan melalui media kepada masyarakat akademik dan
masyarakat luas;
d. Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek
penelitiannya dan memosisikan ke dalam suatu skema penyelesaian
masalah yang lebih menyeluruh dan bersifat interdisplin atau multi
disiplin;
e. Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah
penerapaan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai
humaniora berdasarkan kajian ekperimental terhadap informasi dan
data;
f. Mampu mengelola, mengembangkan dan meningkatkan mutu kerja
sama baik di lembaganya maupun lembaga lain, dengan mengutamakan
mutu hasil dan ketepatan waktu menyelesaikan pekerjaan;
g. Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri;
h. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan
menemukan kembali data prototype, karya desain atau produk seni
dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi;
4) CPL Keterampilan Khsusus:
a. Memiliki pengetahuan pedagogik terkait dengan lingkup pembelajaran
dan pendidikan Bahasa Inggris
b. Mampu merancang, melaksanakan dan menilai proses pembelajaran
yang saintifik, inspiratif, inovatif, menantang, menyenangkan dan
memotivasi dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar, media
pembelajaran berbasis ipteks dan potensi lingkungan setempat sesuai
standar proses dan mutu pendidikan tinggi.
c. Mampu merencanakan dan mengelola sumber daya dalam
penyelenggaraan kelas, dan lembaga pendidikan yang menjadi tanggung
jawabnya, dan mengevaluasi aktivitasnya secara komprehensif.
d. Mampu melakukan riset tingkat madya dengan menggunakan
menggunakan logika berpikir ilmiah untuk memberikan alternative
pemecahan masalah Bahasa Inggris dan kependidikan Bahasa Inggris
e. Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi
Kurikulum Program Studi Pascasarjana-Undiksha 65