Page 64 - Kurikulum Merdeka Pascasarjana 2021
P. 64
Mata kuliah ini bertujuan memfasilitasi mahasiswa dalam pengembangan
kompetensi kepribadian berbasis pemahaman dan penerapan konsep-
konsep dan prinsip-prinsip Penelitian Berbasis Desain (Design-Based
Research/DBR) dalam kajian teknologi pembelajaran. Topik-topik
perkuliahan mencakup: (1) Konsepsi penelitian berbasis desain; (2)
Karakteristik penelitian berbasis desain (pragmatis, membumi, intervensi,
iterative, kolaboratif, adaptif, berorientasi teori); (3) Proses penelitian
berbasis desain (Analisis dan Eksplorasi, Desain dan Konstruksi, Evaluasi dan
Refleksi, Interaksi dengan Praktik, Output Utama); (4) komparasi antara
penelitian empiris tradisional dengan penelitian berbasis desain; (5) Studi
kasus dalam ilmu teknologi pembelajaran; (6) desain fenomenologis dalam
ilmu teknologi pembelajaran; (7) desain etnografi dalam ilmu teknologi
pembelajaran.
10) TEKNOLOGI KINERJA (3 SKS)
Mata kuliah ini bertujuan memfasilitasi mahasiswa dalam pengembangan
kompetensi profesional berbasis pemahaman dan praktek tentang konsep
dan prinsip teknologi kinerja melalui analisis, pengembangan, penerapan dan
pengujian tentang pemberdayaan kinerja individu, kelompok kecil, dan
organisasi. Topik-topik perkuliahan mencakup: (1) pengertian, tujuan, dan
manfaat teknologi kinerja; (2) konsep dan prinsip pelatihan, pendampingan,
dan pengembangan; (3) konsep dan prinsip andragogi dan etika pelatih; (4)
jenis dan model diklat; (5) analisis kebutuhan diklat; (6) mendesain program
diklat; (7) pengembangan bahan ajar diklat; (8) pelaksanaan diklat; dan (9)
evaluasi program diklat.
11) TEORI DAN PRAKTIK MULTIMEDIA PEMBELAJARAN (3 SKS)
Mata kuliah ini bertujuan memfasilitasi mahasiswa dalam usaha
pengembangan kompetensi profesional berbasis pengalaman belajar
dengan mengaplikasikan teori dan praktik pembelajaran yang terpadu
melalui multimedia baik yang ada di sekolah maupun di pusat-pusat layanan
media komunikasi di masyarakat. Topik-topik perkuliahan mencakup: media
dan pembelajaran; prinsip-prinsip multimedia pembelajaran, tahap-tahap
pengembangan multimedia pembelajaran seperti: perancangan,
pengembangan, penerapan, pengelolaan, dan penilaian multimedia;
hubungan multimedia dan upaya peningkatan kualitas proses dan hasil
belajar; multimedia terpadu dengan e-learning, intranet, dan internet; serta
praktik penggunaan aplikasi multimedia pendukung pembelajaran, yang
sedang trends saat ini, seperti powtoon dan kahoot.
MATA KULIAH MATRIKULASI
12) Bahasa Inggris
Mata kuliah ini bertujuan memfasilitasi mahasiswa dalam pengembangan
kompetensi profesional berbasis pemahaman terhadap teks berbahasa
Kurikulum Program Studi Pascasarjana-Undiksha 60