Page 64 - Kurikulum Merdeka Pascasarjana 2021
P. 64

Mata  kuliah  ini  bertujuan  memfasilitasi  mahasiswa  dalam  pengembangan
                                 kompetensi  kepribadian  berbasis  pemahaman  dan  penerapan  konsep-
                                 konsep  dan  prinsip-prinsip  Penelitian  Berbasis  Desain  (Design-Based
                                 Research/DBR)  dalam  kajian  teknologi  pembelajaran.  Topik-topik
                                 perkuliahan  mencakup:  (1)  Konsepsi  penelitian  berbasis  desain;  (2)
                                 Karakteristik  penelitian  berbasis  desain  (pragmatis,  membumi,  intervensi,
                                 iterative,  kolaboratif,  adaptif,  berorientasi  teori);  (3)  Proses  penelitian
                                 berbasis desain (Analisis dan Eksplorasi, Desain dan Konstruksi, Evaluasi dan
                                 Refleksi, Interaksi dengan Praktik, Output Utama); (4) komparasi antara
                                 penelitian  empiris tradisional dengan penelitian berbasis  desain;  (5)  Studi
                                 kasus dalam ilmu teknologi pembelajaran; (6) desain fenomenologis dalam
                                 ilmu  teknologi  pembelajaran;  (7)  desain  etnografi  dalam  ilmu  teknologi
                                 pembelajaran.

                             10)   TEKNOLOGI KINERJA (3 SKS)
                                   Mata  kuliah  ini  bertujuan  memfasilitasi  mahasiswa  dalam  pengembangan
                                   kompetensi profesional berbasis pemahaman dan praktek tentang konsep
                                   dan prinsip teknologi kinerja melalui analisis, pengembangan, penerapan dan
                                   pengujian  tentang  pemberdayaan  kinerja  individu,  kelompok  kecil,  dan
                                   organisasi. Topik-topik perkuliahan mencakup: (1) pengertian, tujuan, dan
                                   manfaat teknologi kinerja; (2) konsep dan prinsip pelatihan, pendampingan,
                                   dan pengembangan; (3) konsep dan prinsip andragogi dan etika pelatih; (4)
                                   jenis dan model diklat; (5) analisis kebutuhan diklat; (6) mendesain program
                                   diklat; (7) pengembangan bahan ajar diklat; (8) pelaksanaan diklat; dan (9)
                                   evaluasi program diklat.

                             11)   TEORI DAN PRAKTIK MULTIMEDIA PEMBELAJARAN (3 SKS)
                                   Mata  kuliah  ini  bertujuan  memfasilitasi  mahasiswa  dalam  usaha
                                   pengembangan  kompetensi  profesional  berbasis  pengalaman  belajar
                                   dengan  mengaplikasikan  teori  dan  praktik  pembelajaran  yang  terpadu
                                   melalui multimedia baik yang ada di sekolah maupun di pusat-pusat layanan
                                   media komunikasi di masyarakat. Topik-topik perkuliahan mencakup: media
                                   dan  pembelajaran;  prinsip-prinsip  multimedia  pembelajaran,  tahap-tahap
                                   pengembangan      multimedia     pembelajaran     seperti:   perancangan,
                                   pengembangan,  penerapan,  pengelolaan,  dan  penilaian  multimedia;
                                   hubungan  multimedia  dan  upaya  peningkatan  kualitas  proses  dan  hasil
                                   belajar; multimedia terpadu dengan e-learning, intranet, dan internet; serta
                                   praktik  penggunaan  aplikasi  multimedia  pendukung  pembelajaran,  yang
                                   sedang trends saat ini, seperti powtoon dan kahoot.

                     MATA KULIAH MATRIKULASI

                             12)   Bahasa Inggris
                                   Mata  kuliah  ini  bertujuan  memfasilitasi  mahasiswa  dalam  pengembangan
                                   kompetensi  profesional  berbasis  pemahaman  terhadap  teks  berbahasa




                       Kurikulum Program Studi Pascasarjana-Undiksha                                                                                         60
   59   60   61   62   63   64   65   66   67   68   69