Page 90 - Kurikulum Merdeka Pascasarjana 2021
P. 90

07.7.  Penentuan  Mata Kuliah dan Beban Satuan Kredit
                              Analisis  pembentukan  mata  kuliah  dilakukan  dengan  mengkaji  keterkaitan
                              Capaian  Pembelajaran  Lulusan  dengan  Bahan  Kajian  secara  simultan.Hal  ini
                              dilakukan  dengan  menganalisis  kedekatanbahan  kajian  dengan  kemungkinan
                              efektivitas pencapaian kompetensi bila beberapa bahan kajian dipelajari dalam
                              satu  mata  kuliah,  serta  dengan  strategi  atau  pendekatan  pembelajaran  yang
                              tepat. Dengan demikian,perangkaian beberapa bahan kajian menjadi satu mata
                              kuliah didasarkan pada beberapa pertimbangan, yaitu: (a) adanya keterkaitan
                              yang erat antara bahan kajian yang bila dipelajari secara terintegrasi diperkirakan
                              akan  lebih  baik  hasilnya,  (b)  adanya  pertimbangan  konteks  keilmuan,  artinya
                              mahasiswa akan menguasai suatu makna keilmuan dalam konteks tertentu, dan
                              (c)  adanya  metode  pembelajaran  yang  tepat  yang  menjadikan  pencapaian
                              kompetensi lebih efektif dan efisien serta berdampak positif pada mahasiswa bila
                              suatu bahan kajian dipelajari secara komprehensif dan terintegrasi. Berdasarkan
                              hasil pengkajian diperoleh mata kuliah yang mengait dengan bahan kajian yang
                              membangun  4  (empat)  domain  capaian  pembelajaran,  yaitu  (1)  sikap,
                              (2)pengetahuan, (3) keterampilan umum, dan (4) keterampilan khusus seperti
                              tertera pada Tabel 3.

                     Tabel 3 Bahan Kajian, Bobot/Kedalaman dan Mata Kuliah
                             No.     Bahan Kajian     Kedalaman               Nama Mata Kuliah                Sks
                                                          (%)
                             1.    Mata Kuliah           14,63      Filsafat  Ilmu  Berwawasan  Ilmu-Ilmu      3
                                   Inti Keilmuan                    Sosial dan Humaniora
                                                                    Metodologi Penelitian dalam                3
                                                                    Pendidikan IPS
                             2.    Mata Kuliah           14,63      Pengembangan Desain, Media dan             3
                                   IPTEK                            Sumber Belajar IPS Berbasis ICT
                                   Pendukung                        Aplikasi Statistik dalam Pendidikan IPS    3

                             3.    Mata Kuliah           56,10      Teori, Model, Strategi, dan Pendekatan     3
                                   Penciri Prodi                    Pembelajaran IPS
                                                                    Pengembangan Kurikulum dan                 3
                                                                    Assesmen Pendidikan IPS
                                                                    Manusia, Ruang, dan Pengelolaan            3
                                                                    Sumberdaya
                                                                    Teori-Teori Sosial Budaya,                 3
                                                                    Demokratisasi dan Civil Society
                                                                    Sistem Sosiokultural Perspektif Tri Hita   3
                                                                    Karana
                                                                    Tesis                                      8

                             4.    Mata Kuliah           14,63      Edupreneur    bidang    IPS   Berbasis     3
                                   Pilihan                          Digitalisasi
                                  4.1. Dalam                        1.  Edupreneur  bidang  IPS  Berbasis
                                       prodi*)                         Digitalisasi




                       Kurikulum Program Studi Pascasarjana-Undiksha                                                                                         86
   85   86   87   88   89   90   91   92   93   94   95