Page 90 - Kurikulum Merdeka Pascasarjana 2021
P. 90
07.7. Penentuan Mata Kuliah dan Beban Satuan Kredit
Analisis pembentukan mata kuliah dilakukan dengan mengkaji keterkaitan
Capaian Pembelajaran Lulusan dengan Bahan Kajian secara simultan.Hal ini
dilakukan dengan menganalisis kedekatanbahan kajian dengan kemungkinan
efektivitas pencapaian kompetensi bila beberapa bahan kajian dipelajari dalam
satu mata kuliah, serta dengan strategi atau pendekatan pembelajaran yang
tepat. Dengan demikian,perangkaian beberapa bahan kajian menjadi satu mata
kuliah didasarkan pada beberapa pertimbangan, yaitu: (a) adanya keterkaitan
yang erat antara bahan kajian yang bila dipelajari secara terintegrasi diperkirakan
akan lebih baik hasilnya, (b) adanya pertimbangan konteks keilmuan, artinya
mahasiswa akan menguasai suatu makna keilmuan dalam konteks tertentu, dan
(c) adanya metode pembelajaran yang tepat yang menjadikan pencapaian
kompetensi lebih efektif dan efisien serta berdampak positif pada mahasiswa bila
suatu bahan kajian dipelajari secara komprehensif dan terintegrasi. Berdasarkan
hasil pengkajian diperoleh mata kuliah yang mengait dengan bahan kajian yang
membangun 4 (empat) domain capaian pembelajaran, yaitu (1) sikap,
(2)pengetahuan, (3) keterampilan umum, dan (4) keterampilan khusus seperti
tertera pada Tabel 3.
Tabel 3 Bahan Kajian, Bobot/Kedalaman dan Mata Kuliah
No. Bahan Kajian Kedalaman Nama Mata Kuliah Sks
(%)
1. Mata Kuliah 14,63 Filsafat Ilmu Berwawasan Ilmu-Ilmu 3
Inti Keilmuan Sosial dan Humaniora
Metodologi Penelitian dalam 3
Pendidikan IPS
2. Mata Kuliah 14,63 Pengembangan Desain, Media dan 3
IPTEK Sumber Belajar IPS Berbasis ICT
Pendukung Aplikasi Statistik dalam Pendidikan IPS 3
3. Mata Kuliah 56,10 Teori, Model, Strategi, dan Pendekatan 3
Penciri Prodi Pembelajaran IPS
Pengembangan Kurikulum dan 3
Assesmen Pendidikan IPS
Manusia, Ruang, dan Pengelolaan 3
Sumberdaya
Teori-Teori Sosial Budaya, 3
Demokratisasi dan Civil Society
Sistem Sosiokultural Perspektif Tri Hita 3
Karana
Tesis 8
4. Mata Kuliah 14,63 Edupreneur bidang IPS Berbasis 3
Pilihan Digitalisasi
4.1. Dalam 1. Edupreneur bidang IPS Berbasis
prodi*) Digitalisasi
Kurikulum Program Studi Pascasarjana-Undiksha 86