Page 95 - Kurikulum Merdeka Pascasarjana 2021
P. 95
pengampu mata kuliah dan dosen di luar pengampu mata kuliah yang
ditugaskan sebagai pembimbing seminar proposal. Proposal yang dihasilkan
lebih lanjut dikembangkan sebagai proposal untuk tesis. Di samping itu, mata
kuliah ini juga i memberi bekal keterampilan kepada mahasiswa tentang
langkah-langkah penelitian dan mengaplikasikannya dalam bentuk
pembuatan proposal dengan fokus kajian pendidikan IPS melalui pendekatan
kualitatif. Di dalam mata kuliah ini, proposal tersebut juga diseminarkan dan
dibimbing oleh dosen pengampu mata kuliah dan dosen di luar pengampu
mata kuliah yang ditugaskan sebagai pembimbing seminar proposal.
Proposal yang dihasilkan lebih lanjut dikembangkan sebagai proposal untuk
tesis. Mata kuliah ini juga membahas teknik penyusunan artikel ilmiah yang
berpotensi dipublikasikan dalam jurnal ilmiah terakreditasi nasional dan
jurnal internasional.
3) Aplikasi Statistik dalam Pendidikan IPS
Mata kuliah ini dimaksudkan untuk memberikan keterampilan kepada
mahasiswa tentang statistik untuk penelitian sosial yang kemudian
digunakan dalam penelitian pendidikan IPS. Pengetahuan, pemahaman dan
keterampilan aplikasi statistik ini sangat penting dijadikan dasar kemampuan
dan keterampilan utama bagi mahasiswa dalam melakukan penelitian di
bidang pendidikan IPS melalui pendekatan kuantitatif dengan menggunakan
analisis statistik. Materi statistik difokuskan statistik infrensial yang aplikatif
di bidang pendidikan IPS.
4) Pengembangan Desain, Media dan Sumber Belajar IPS Berbasis ICT
Mata kuliah ini bertujuan memberikan keterampilan kepada mahasiswa
untuk mengembangkan dan mengaplikasikan ICT dalam pembelajaran IPS.
Pembelajaran IPS diharapkan mampu mengambil manfaat dari
perkembangan teknologi dalam era Revolusi Industri 4.0 untuk kepentingan
peningkatan mutu pembelajaran IPS. Materi perkuliahan difokuskan pada
aplikasi berbagai plafform teknologi online dalam mengembangkan desain,
sumber/materi pembelajaran dan media pembelajaran sampai pada sistem
penilaian pembelajaran. Muara dari mata kuliah ini adalah mahasiswa
Pendidikan IPS yang berliterasi ICT.
5) Teori, Model, Strategi, dan Pendekatan Pembelajaran IPS
Mata kuliah ini bertujuan memberikan pemahaman dan keterampilan
kepada mahasiswa tentang berbagai teori tentang pembelajaran IPS yang
dilanjutkan dengan pengembangan berbagai model-model dan desain serta
pendekatan pembelajaran IPS yang inovatif, kontekstual dan bermakna bagi
perkembangan masyarakat kekinian.Pemahaman dan keterampilan dalam
mata kuliah ini akan menjadi bekal bagi mahasiswa untuk mengembangkan
pembelajaran IPS baik pada tataran konseptual teoritik maupun praksis.
6) Pengembangan Kurikulum dan Asesmen Pendidikan IPS
Kurikulum Program Studi Pascasarjana-Undiksha 91