Page 95 - Kurikulum Merdeka Pascasarjana 2021
P. 95

pengampu  mata  kuliah  dan  dosen  di  luar  pengampu  mata  kuliah  yang
                                 ditugaskan sebagai pembimbing seminar proposal.  Proposal yang dihasilkan
                                 lebih lanjut dikembangkan sebagai proposal untuk tesis.  Di samping itu, mata
                                 kuliah  ini  juga  i  memberi  bekal  keterampilan  kepada  mahasiswa  tentang
                                 langkah-langkah  penelitian  dan  mengaplikasikannya  dalam  bentuk
                                 pembuatan proposal dengan fokus kajian pendidikan IPS melalui pendekatan
                                 kualitatif. Di dalam mata kuliah ini, proposal tersebut  juga diseminarkan dan
                                 dibimbing oleh dosen pengampu mata kuliah dan dosen di luar pengampu
                                 mata  kuliah  yang  ditugaskan  sebagai  pembimbing  seminar  proposal.
                                 Proposal yang dihasilkan lebih lanjut dikembangkan sebagai proposal untuk
                                 tesis.  Mata kuliah ini juga membahas teknik penyusunan artikel ilmiah yang
                                 berpotensi  dipublikasikan  dalam  jurnal  ilmiah  terakreditasi  nasional  dan
                                 jurnal internasional.

                             3)   Aplikasi Statistik dalam Pendidikan IPS
                                 Mata  kuliah  ini  dimaksudkan  untuk  memberikan  keterampilan  kepada
                                 mahasiswa  tentang  statistik  untuk  penelitian  sosial  yang  kemudian
                                 digunakan dalam penelitian pendidikan IPS. Pengetahuan, pemahaman dan
                                 keterampilan aplikasi statistik ini sangat penting dijadikan dasar kemampuan
                                 dan  keterampilan  utama  bagi  mahasiswa  dalam  melakukan  penelitian  di
                                 bidang pendidikan IPS melalui pendekatan kuantitatif dengan menggunakan
                                 analisis statistik. Materi statistik difokuskan statistik infrensial yang aplikatif
                                 di bidang pendidikan IPS.

                             4)   Pengembangan Desain, Media dan Sumber Belajar IPS Berbasis ICT
                                 Mata  kuliah  ini  bertujuan  memberikan  keterampilan  kepada  mahasiswa
                                 untuk mengembangkan dan mengaplikasikan ICT dalam pembelajaran IPS.
                                 Pembelajaran  IPS  diharapkan  mampu  mengambil  manfaat  dari
                                 perkembangan teknologi dalam era Revolusi Industri 4.0 untuk kepentingan
                                 peningkatan  mutu  pembelajaran  IPS.  Materi  perkuliahan  difokuskan  pada
                                 aplikasi berbagai plafform teknologi online dalam mengembangkan desain,
                                 sumber/materi pembelajaran dan media pembelajaran sampai pada sistem
                                 penilaian  pembelajaran.  Muara  dari  mata  kuliah  ini  adalah  mahasiswa
                                 Pendidikan IPS yang berliterasi ICT.

                             5)   Teori, Model, Strategi, dan Pendekatan Pembelajaran IPS
                                 Mata  kuliah  ini  bertujuan  memberikan  pemahaman  dan  keterampilan
                                 kepada mahasiswa tentang berbagai teori tentang pembelajaran IPS yang
                                 dilanjutkan dengan pengembangan berbagai model-model dan desain serta
                                 pendekatan pembelajaran IPS yang inovatif, kontekstual dan bermakna bagi
                                 perkembangan  masyarakat  kekinian.Pemahaman  dan  keterampilan  dalam
                                 mata kuliah ini akan menjadi bekal bagi mahasiswa untuk  mengembangkan
                                 pembelajaran IPS baik pada tataran konseptual teoritik maupun praksis.

                             6)   Pengembangan Kurikulum dan Asesmen Pendidikan IPS




                       Kurikulum Program Studi Pascasarjana-Undiksha                                                                                         91
   90   91   92   93   94   95   96   97   98   99   100