Page 94 - Kurikulum Merdeka Pascasarjana 2021
P. 94
1. Tesis IPS220317 8 III-IV
2. Pilihan Lintas Prodi: *)
a) Landasan Ilmu Pendidikan dan Edupreneurship
ING220315
berperspektif THK
b) Sistem Sosiokultural Perspektif THK IPS220318
c) Manajemen Pendidikan berbasisTHK APD220314
d) Etika Bisnis dan Profesi Perspektif THK AKN220320
e) Komputer Masyarakat KOM220327
f) THK based Business Ethics IMM220323
g) Leadership berbasis THK PDS220318
h) Asesmen Berbasis THK PEP220319 3 III
i) Olahraga dalam Perspektif THK POR220314
j) Sastra Nusantara Digital Berperspektif THK BHS220314
k) Technopreneur Teknologi Pembelajaran berbasis TPD220314
THK
l) Landasan Pendidikan, Pembelajaran, Telaah
BKS220323
Kurikulum berbasis THK
m) Literasi Sains IPA221316
n) Kajian STEM berbasis THK MAT220316
Jumlah Sks 41
*) Pilih salah satu
Mata Kuliah Matrikulasi (MKM) **)
1. Landasan Pendidikan IPS220109 3 I
2. Pendidikan IPS IPS220110 3 I
3. Studi Masyarakat Indonesia dan Masyarakat Global IPS220216 3 II /
antara
07.10. Deskripsi Mata Kuliah:
1) Filsafat Pendidikan Berwawasan Ilmu-Ilmu Sosial
Matakuliah ini memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang
hakikat ilmu sebagai proses dan produk yang bersendikan pada ontologi,
epistimologi, dan aksiologi tanpa mengabaikan etika akademik dalam
konteks pengembangan ilmu-ilmu sosial. Kesemuanya ini tidak terlepas dari
kontribusinya terhadap penguatan keprofesionalan tenaga kependidikan
dalam bidang IPS.
2) Metodologi Penelitian dalam Pendidikan IPS
Mata kuliah ini memberi bekal keterampilan kepada mahasiswa tentang
langkah-langkah penelitian dan mengaplikasikannya dalam bentuk
pembuatan proposal dengan fokus kajian pendidikan IPS melalui pendekatan
kuantitatif dan kuantitatif. . Hasil dari mata kuliah ini adalah berupa proposal
penelitian pendidikan IPS dengan pendekatan kuantitatif. Di dalam mata
kuliah ini, proposal tersebut juga diseminarkan dan dibimbing oleh dosen
Kurikulum Program Studi Pascasarjana-Undiksha 90