Page 47 - BUKU PEDOMAN PENULISAN DISERTASI PASCASARJANA 2021
P. 47
Lampiran 3. Contoh Penulisan Abstrak
PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN GAYA
KOGNITIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMROGRAMAN
DENGAN MENGONTROL KECERDASAN LOGIKA
(Times New Roman ukuran 12, huruf kapital , bold, 1 spasi)
NI NENGAH BUDI RAHAYU
(Times New Roman ukuran 12, huruf kapital)
ABSTRAK
(Times New Roman ukuran 12, huruf kapital)
Penelitian ini bertujuan mengkaji pengaruh strategi pembelajaran dan dan
gaya kognitif terhadap kemampuan pemrograman dengan mengontrol
kecerdasan logika. Penelitian kuantitatif ini dilaksanakan pada mahasiswa
Jurusan Manajemen Informatika Universitas Pendidikan Ganesha
menggunakan metode eksperimen dengan desain treatment by level 2x2 dan
melibatkan 96 orang mahasiswa. Data dianalisis dengan analisis kovarian
(ANAKOVA) dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan
mengontol kecerdasan logika, kemampuan pemrograman mahasiswa yang
mengikuti strategi pembelajaran heuristik lebih tinggi daripada mahasiswa
yang mengikuti strategi pembelajaran algoritmik. Selanjutnya ditemukan
bahwa terdapat pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya
kognitif terhadap kemampuan pemrograman. Mahasiswa yang memiliki gaya
kognitif field independent lebih cocok dengan strategi pembelajaran
heuristik, sebaliknya pada mahasiswa yang memiliki gaya kognitif field
dependent lebih cocok dengan strategi pembelajaran algoritmik. Mengacu
pada temuan penelitian, direkomendasikan untuk menerapkan strategi
pembelajaran heuristik dalam pembelajaran pemrograman dengan
mempertimbangkan gaya kognitif.
(Times New Roman ukuran 11, 1 spasi, jumlah kata maksimal 150 kata)
Kata-kata kunci: kemampuan pemrograman, strategi heuristik, gaya
kognitif, kecerdasan logika
(Times New Roman ukuran 11. italic. bold. 1 spasi)
Pedoman Penulisam Disertasi 2021 | 37