Page 157 - Kurikulum Merdeka Pascasarjana 2021
P. 157

Matematika dan Filsafat Matematika; Kritik terhadap Dominasi Paham Absolutisme pada
                     Filsafat  Matematika  ;  Rekonseptualisasi  Filsafat  Matematika;  Konstruktivisme  Sosial

                     Sebagai  Filsafat  Matematika;  Konstrukvisme  Sosial  dan  Pengetahuan  Subjektif;
                     Konstrukvisme Sosial dan  Persepktif Sosial.



                     2.  Metode Penelitian Pendidikan Matematika (3 SKS)
                     Mata  kuliah  ini  bertujuan  untuk  pendalaman  penelitian  pendidikan  matematika,

                     mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif, menyusun konsepsi ilmiah dan
                     hasil  kajian  berdasarkan  kaidah,  tata  cara,  dan  etika  ilmiah  dalam  bentuk  makalah  dan

                     praproposal tesis. Mata kuliah ini membahas penelitian pendidikan matematika, jenis-jenis
                     penelitian,  filsafat  penelitian,  perbedaan  penelitian  kuantitatif  dan  kualitatif,  metode

                     Penelitian  Kuantitatif,  penelitian  eksperimen,  dan  ex  post  pacto,  populasi  dan  sampel
                     penelitian, instrumen, teknik pengumpulan data, wawancara dalam penelitian pendidikan

                     matematika, penelitian kualitatif, gabungan penelitian kuantitatif dan kualitatif ,penelitian

                     studi kasus, penelitian pengembangan dan penelitian desain.


                     3.  Kajian Aljabar and Analisis (3 SKS)
                     Mata kuliah ini membahas beberapa konsep lanjutan dalam Aljabar Abstrak dan Analisis

                     Riil  sekaligus  sebagai  pendalaman  konsep  yang  telah  diperoleh  pada  program  sarjana.

                     Matakuliah ini bertujuan untuk memberikan latihan berpikir kreatif dalam menyelesaikan
                     suatu  permasalahan  baik  dalam  matematika  maupun  dalam  bidang  ilmu  lain  sebagai

                     penerapan konsep Aljabar Abstrak dan Analisis Riil. Proses pembelajaran matakuliah ini
                     dilakukan dengan pendekatan pembuktian dan penalaran sehingga mahasiswa memperoleh

                     pemahaman mendalam tentang konsep-konsep dalam Aljabar Abstrak dan Analisis Riil.
                     Dengan demikian, mahasiswa mempunyai pengetahuan yang solid dan keterampilan yang

                     terasah dalam kajian aljabar dan analisis serta bisa menerapakannya untuk menyelesaikan

                     permasalahan terkait aljabar dan analisis. Topik-topik yang dibahas adalah


                     4.  Kajian Bilangan dan Matematika Diskrit (3 SKS)
                     Memberikan  wahana  pendalaman  bagi  mahasiswa  mengenai  konsep  bilangan  dan

                     matematika  diskrit  yang  banyak  dibelajarkan  di  Sekolah.  Dengan  demikian,  mahasiswa
                     mempunyai  pengetahuan  dan  keterampilan  menyelesaikan  permasalahan-permasalahan






                      Kurikulum Program Studi Pascasarjana-Undiksha                                                                                         153
   152   153   154   155   156   157   158   159   160   161   162